Penerapan Lagu Pantai Siring Kemuning untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Madura Pada Kelompok A Tk Ykk 1 Bangkalan

Authors

  • Fadillah Ratisya Putri Anjani Trunojoyo Madura University
  • Angga Fitriyono Trunojoyo Madura University
  • Dias Putri Yuniar Trunojoyo Madura University

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1484

Keywords:

Lagu Pantai Siring Kemuning, Kosakata, Bahasa Madura, Anak Usia Dini,

Abstract

Bahasa merupakan alat terpenting yang diandalkan seseorang dalam kehidupan sehari-hari, serta ketika berhadapan dan berinteraksi satu sama lain. Faktor yang diperlukan untuk menerima rangsangan bagi anak usia dini agar dapat berkembang secara optimal adalah perkembangan kosakata. Kondisi di lapangan, kosakata bahasa cenderung menurun. Tidak terkecuali dengan Bahasa lokal yaitu bahasa Madura. Lagu ataupun nyanyian merupakan suatu hal yang berkaitan dengan dunia anak dan hampir semua orang mampu bernyanyi sehingga hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk memperkaya penguasaan kosakata anak usia dini. Dalam penelitian ini lagu untuk diterapkan kepada anak adalah lagu Pantai Siring Kemuning yang memiliki dua bahasa dalam liriknya, yaitu bahasa Indonesia dan Madura. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Madura pada kelompok A di TK YKK 1 Bangkalan melalui penerapan lagu Pantai Siring Kemuning. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penerapan dan pengenalan lagu Pantai Siring Kemuning pada kelompok A di TK YKK 1 Bangkalan, diperoleh kosakata bahasa anak baik bahasa Indonesia dan bahasa Madura bertambah, perbendahraan kata anak pula meningkat setelah diterapkan lagu Pantai Siring Kemuning dengan baik, selain itu dapat memperkenalkan kearifan lokal wisata kepada anak-anak. Kosakata bahasa pada anak sangatlah penting dan tidak boleh dihilangkan, baik bahasa Indonesia dan bahasa daerah menjadi kearifan lokal negara dan daerah kita.

References

Alimuddin, J. (2015). Lagu Anak sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 2(2), 108–116.

Ardipal, A. A. (2015). Kembalikan Lagu Anak-anak Indonesia: Sebuah Analisis Struktur Musik. Panggung, 25(4), 343–355. https://doi.org/10.26742/panggung.v25i4.42

Fadlillah, M. (2014). Desain pembelajaran PAUD. Jogjakarta : Ar-Ruzz.

Hurlock, E. (2017). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Inten, D. N. (2018). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini melalui Puisi Lagu Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 45–52. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4437

Novitasari, U., & Amalia, N. (2018). Representasi Keterkaitan Lagu Anak Jaman Dahulu dengan Kehidupan Jaman Sekarang. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(1). https://doi.org/10.22515/bg.v3i1.1330

Nuraeni. (2020). Penguasaan kosakata pada anak usia 5-6 tahun di tk aisyiyah mamajang makassar skripsi. Skripsi.

Nurgiantoro, B. (2016). Sastra Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada Press.

Suyadi & Ulfah M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syamsuddin, M. (2019). History of Madura : Sejarah, Budaya, dan Ajaran Luhur Masyarakat Madura. Yogyakarta : Araska.

Tarigan, H., G. (2015). Pengajaran Kosakata. Bandung : Angkasa.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-10-02

How to Cite

Anjani, F. R. P., Fitriyono, A., & Yuniar, D. P. (2023). Penerapan Lagu Pantai Siring Kemuning untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Madura Pada Kelompok A Tk Ykk 1 Bangkalan. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 50–57. https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1484