Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Model Atik di TK Daarul Ma’aarif Pada Kelompok A

Authors

  • Hani Hadiyanti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.1769

Keywords:

Lambang Bilangan , Model ATIK, Taman Kanak-kanak

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A di TK Daarul Ma’aarif, hal ini dikarenakan pembelajaran yang guru berikan monoton sehingga hanya berpusat kepada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan model ATIK di TK Daarul Ma’aarif pada Kelompok A. Dengan menerapkan model pemebalajaran ATIK diharapkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A akan meningkat. Metode penelitian adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Adapun dalam metode ini terdiri dari empat tahapan yaitu : 1). Tahap perencanaan, 2). Tahap pelaksanaan, 3). Tahap pengamatan, dan 4), Tahap refleksi. Hasil penelitian ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil mengenal lambang bilangan dengan prosentase perolehan pada siklus I dengan perolehan skor rata – rata 70,00% dan pada siklus II dengan perolehan skor rata – rata 79,65%. Dengan menggunakan Model ATIK dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK Daarul Ma’aarif terbukti meningkat secara signifikan.

References

Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507

Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik†untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939–944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Asmawati, L. (2014). Perencanaan pembelajaran paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Cahyani, A. D. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 181. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070

DEPDIKNAS. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.

Hulukati, Z., & Watini, S. (2022). Implementasi Model “ASYIK†dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Kelompok B TK Negeri Pembina Mimika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3503–3509. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.866

Husnawati, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Keberanian Anak Usia 5-6 Tahun di RA Aisyah Afiqannisa Kota Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 915–919. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.504

Jacob, A. M., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak ADHD di TK Global Persada Mandiri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3281–3287. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.841

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Negoro, S., & Harahap, B. (1998). Enslikopedia Matematika. Ghalia Indonesia .

Ningsih, D. Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 646–651. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.477

Poerwardaminta, W. J. S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia Cetakan V. Jakarta: Dian Tujuhbelas.

Purwanti, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Untuk Mengembangkan Keterampilan Pra Menulis Dengan Media Pasir dan Tepung di Kelompok Bermain Ceria Pandaan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1673. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1673-1680.2022

Rahakbauw, H., & Watini, S. (2022). IMPLEMENTASI MODEL ATIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENYUSUN POLA ABCD-ABCD. Jurnal Buah Hati, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i1.1696

Rahmatullah, A., Widia, A. D., Azizah, N., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Loose Parts di TK Syarif Hidayatullah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2915–2921. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1966

RK, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467

Rodiah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 640–645. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.472

Sigit Purnama, Hardiyanti Pratiwi, & Prima Suci Rohmadheny. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak usia Dini (Rika Indrawati, Ed.). Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK USIA DINI MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA PLAYDOUGH. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dari berbagai aspeknya. Kencana Prenada Media Grup.

Syaodih, Er., & Agusti, M. (2021). Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini (2nd ed.). Universitas Terbuka.

Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1861-1872.2022

Ummah, K., & Mahdi, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Wordwall bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnai Pendidikan Tambusai. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9046

Wahyuningtyas, D. (2016). Pembelajaran Bilangan Untuk PGSD. Ediide Infografika.

Watini, S. (2018). HKI Model ATIK (Patent ECO00202059888).

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899

Yuniasih, D., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK dalam Meningkatkan Kemapuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Lego di RA AL Fikri Klari. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1651. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1651-1658.2022

Zega, K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Kristen). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v3i1.101

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-09-17

How to Cite

Hadiyanti, H., & Watini, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Model Atik di TK Daarul Ma’aarif Pada Kelompok A. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 27–38. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.1769

Most read articles by the same author(s)