Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Model Atik di TK Daarul Ma’aarif Pada Kelompok A
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.1769Keywords:
Lambang Bilangan , Model ATIK, Taman Kanak-kanakAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A di TK Daarul Ma’aarif, hal ini dikarenakan pembelajaran yang guru berikan monoton sehingga hanya berpusat kepada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan model ATIK di TK Daarul Ma’aarif pada Kelompok A. Dengan menerapkan model pemebalajaran ATIK diharapkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A akan meningkat. Metode penelitian adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Adapun dalam metode ini terdiri dari empat tahapan yaitu : 1). Tahap perencanaan, 2). Tahap pelaksanaan, 3). Tahap pengamatan, dan 4), Tahap refleksi. Hasil penelitian ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil mengenal lambang bilangan dengan prosentase perolehan pada siklus I dengan perolehan skor rata – rata 70,00% dan pada siklus II dengan perolehan skor rata – rata 79,65%. Dengan menggunakan Model ATIK dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK Daarul Ma’aarif terbukti meningkat secara signifikan.
References
Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507
Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik†untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939–944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Asmawati, L. (2014). Perencanaan pembelajaran paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Cahyani, A. D. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 181. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070
DEPDIKNAS. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.
Hulukati, Z., & Watini, S. (2022). Implementasi Model “ASYIK†dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Kelompok B TK Negeri Pembina Mimika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3503–3509. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.866
Husnawati, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Keberanian Anak Usia 5-6 Tahun di RA Aisyah Afiqannisa Kota Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 915–919. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.504
Jacob, A. M., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak ADHD di TK Global Persada Mandiri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3281–3287. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.841
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Negoro, S., & Harahap, B. (1998). Enslikopedia Matematika. Ghalia Indonesia .
Ningsih, D. Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 646–651. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.477
Poerwardaminta, W. J. S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia Cetakan V. Jakarta: Dian Tujuhbelas.
Purwanti, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Untuk Mengembangkan Keterampilan Pra Menulis Dengan Media Pasir dan Tepung di Kelompok Bermain Ceria Pandaan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1673. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1673-1680.2022
Rahakbauw, H., & Watini, S. (2022). IMPLEMENTASI MODEL ATIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENYUSUN POLA ABCD-ABCD. Jurnal Buah Hati, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i1.1696
Rahmatullah, A., Widia, A. D., Azizah, N., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Loose Parts di TK Syarif Hidayatullah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2915–2921. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1966
RK, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467
Rodiah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 640–645. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.472
Sigit Purnama, Hardiyanti Pratiwi, & Prima Suci Rohmadheny. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak usia Dini (Rika Indrawati, Ed.). Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK USIA DINI MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA PLAYDOUGH. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dari berbagai aspeknya. Kencana Prenada Media Grup.
Syaodih, Er., & Agusti, M. (2021). Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini (2nd ed.). Universitas Terbuka.
Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1861-1872.2022
Ummah, K., & Mahdi, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Wordwall bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnai Pendidikan Tambusai. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9046
Wahyuningtyas, D. (2016). Pembelajaran Bilangan Untuk PGSD. Ediide Infografika.
Watini, S. (2018). HKI Model ATIK (Patent ECO00202059888).
Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899
Yuniasih, D., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK dalam Meningkatkan Kemapuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Lego di RA AL Fikri Klari. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1651. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1651-1658.2022
Zega, K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Kristen). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.59177/veritas.v3i1.101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JCE (Journal of Childhood Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.