Penerapan Metode Pembiasaan untuk Mengenalkan Doa-Doa Harian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Adzkia II Padang

Authors

  • Tari Ramadhani Universitas Negeri Padang
  • Asdi Wirman Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2236

Keywords:

Daily Prayer Habits, Religious Values, Early childhood

Abstract

Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Adzkia II Padang melakukan penilaian pada pembiasaan perilaku berdoa pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembiasaan untuk mengenalkan doa-doa harian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Adzkia II Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. menggunakan teori Miles dan Huberman melalui empat analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun pemeriksaan keabsahan data dengan mentriangulasikan data yang sudah diperoleh. Penerapan pembiasaan doa-doa harian ini memiliki pencapaian untuk meningkatan nilai agama anak dengan untuk membangun nilai-nilai agama pada anak, yaitu dengan membiasakan membaca doa sehari-hari pada aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan anak baik sebelum melakukan kegiatan maupun setelah melakukan kegiatan. Dengan demikian perkembangan agama anak secara tidak langsung berkembang dan menjadikan anak terbiasa untuk berdoa dalam kehidupan sehari-hari.

References

Ahmad, A. (2022). Pengembangan Karakter Sopan Santun Peserta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 278–296.

Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70–84.

Dewi, Y. A. S. (2017). Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis/Suku Orangtua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Raudlatul Athfal Kabupaten Pasuruan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1).

Dini, J. (2022). Identifikasi nilai agama islam pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–433.

Dini, J. P. A. (2022). Implementasi pembelajaran Al-Qur’an terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471.

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227.

Hanum, L. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Pendidikan Agama Islam Guru Raudhatul Athfal. AUD Cendekia, 1(3), 188–199.

Hasanah, L., Maylani, W., Prastica, A., & Syaharani, T. A. (2024). Model Kurikulum Reggio Emilia dalam Membangun Pendidikan Kreatif dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 20655–20669.

Islamy, M. R. F. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Serial Film Nusa dan Rara dalam Pembentukan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3515–3523.

Nurazizah, L. (2023). Community Service Through the Practice of Daily Prayers in Learning Activities for Early Childhood at SDN 4 Kedokan Agung. Community: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 92–98.

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 57–87.

Rahmah, S. (2020). Pembentukan Karakter Religius Anak Usia Dini Pada Kegiatan Pembiasaan Keagamaan Di TK Bina Insan Mandiri School Purwokerto Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.

Rajagukguk, J. S. P., & Sugiono, L. (2020). Tinjauan Liturgis Unsur-Unsur Ibadah Pentakosta Terhadap Kedewasaan Rohani. Matheo: Jurnal Teologi/Kependetaan, 10(1), 37–51.

Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, N., & Mahardhani, A. J. (2023). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 89–96.

Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192–209.

Sari, O., & Lessy, Z. (2022). Nilai-Nilai Religiusitas Dan Ritual Dalam Siraman Pengantin Adat Jawa: Suatu Tinjauan Agama Dan Budaya. Al-Idaroh: Media Pemikiran Manajemen Dakwah, 2(2), 81–90.

Sukirman, S. (2021). Karya sastra media pendidikan karakter bagi peserta didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-15

How to Cite

Ramadhani, T., & Wirman, A. (2024). Penerapan Metode Pembiasaan untuk Mengenalkan Doa-Doa Harian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Adzkia II Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 159–167. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2236