Pengembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-kanak
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2226Keywords:
Pengembangan, Motorik Halus, Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang diberikan kepada anak melalui pemberian stimulasi untuk membantu mengembangkan aspek perkembangan dan potensi agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu aspek perkembangan yang perlu dikembangkan sejak usia dini adalah kemampuan motorik halus anak yaitu koordinasi antara gerakan mata dan tangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Telkom Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Cara pengumpulan data digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi data. Hasil kegiatan pengembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Telkom Padang sudah sesuai dengan perencanaan yang telah dirancang sebelumnya. Perencanaan pengembangan motorik halus anak dilakukan dengan pembuatan modul satu kali untuk kegiatan satu minggu sesuai dengan topik dan sub topik yang ada pada kurikulum merdeka, lalu modul tersebut diturunkan menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dalam pengembangan motorik halus anak seperti menggambar, mewarnai, menulis, menempel, menggunting dan lainnya dengan metode pembelajaran yang bervariasi. Evaluasi pengembangan motorik halus anak dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik penilaian yang disesuaikan dengan kurikulum merdeka seperti penilaian ceklis, foto berseri, catatan anekdot dan hasil karya. Hasil penelitian tentang kegiatan pengembangan motorik halus anak sudah sesuai dengan perencanaan yang telah dirancang sebelumnya.
References
Aina Kartika Rahayu, Jojor Renta Maranatha, and Risty Justicia. 2023. “Analisis Implementasi Penilaian Perkembangan Anak Pada Kurikulum Merdeka Di Tk X Kabupaten Kuningan.” PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum 1(3):197–209. doi: 10.59966/pandu.v1i3.558.
Damayanti, Eka, Andi Sitti Hartika, Herawati Herawati, Lisna Lisna, Raudhatul Jannah, and Syafira Indri Pratiwi. 2018. “Manajemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak Citra Samata Kabupaten Gowa.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 1(1):13. doi: 10.24252/nananeke.v1i1.6861.
Fadlullah. 2017. “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam.” Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam 6(2):308–20. doi: 10.29313/tjpi.v6i2.3195.
Fauziddin, Mohammad. 2017. “Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Jurnal CARE 5(1):1–10.
Fitri, Annisa. 2017. “Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah POTENSIA 2(1):1–13. doi: 10.33369/jip.2.1.
Guwa, Ursula, Elisabeth Tantiana Ngura, and Kontantinus Dua Dhiu. 2021. “Analisis Teknik Penilaian Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkk Satap St. Theresia Wolomeli Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada.” Jurnal Citra Pendidikan 1(3):2775–1589.
Hartinah, Ulfa, Farida Mayar, and Dadan Suryana. 2019. “Efektivitas Mencetak Percikan Daun Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Suayan.” Jurnal Usia Dini 4(2):55. doi: 10.24114/jud.v4i2.12093.
Hastuti, Isnaini Budi, Tri Asmawulan, and Qonitah Faizatul Fitriyah. 2022. “Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain Di PAUD Inklusi Saymara.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(6):6651–60. doi: 10.31004/obsesi.v6i6.2508.
Jatmiko, Agus Jatmiko, Eti Hadiati Hadiati, and Mia Oktavia Oktavia. 2020. “Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanan.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):83–97. doi: 10.24042/ajipaud.v3i1.6875.
Khairi, Husnuzziadatul. 2018. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0 - 6 Tahun.” Warna 2(2):15–28.
Mutia, and Mega Iswari. 2020. “Meningkatkan Motorik Halus Melalui Lego Dasar Bagi Anak Tunagrahita Kelas II Di SLB YPPLB Padang.” Ranah Research Jurnal Of Multidicsplinary Research And Development 2(2):73–80.
Nurmadiah, Nurmadiah. 2016. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol. 3.
Primayana, Kadek Hengki. 2020. “Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya 1:321–28.
Rahelly, Yetty. 2018. “Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 12(2):381–90. doi: 10.21009/jpud.122.21.
Safitri, Umi, Aunirrahman Aunurrahman, and Dian Miranda. 2019. “Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini Di Tk Lkia Ii Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa JPPK 8(9):2–3.
Saputra, Joko, and Silvina Noviyanti. 2022. “Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar.” Multimedia Interaktif Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi 01(1):11–33.
Sridayanty, P. A. 2020. “Pemanfaatan Bahan Sisa Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di TK Islam Khaira Ummah.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 6(1):39–48.
Tirtayati, Ni Putu Eka, Ni Ketut Suarni, and Mutiara Magta. 2014. “Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Bebas.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 2(1):4.
Ulkhatiati, Id’haTutfi. 2021. “Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Melalui Teknik Checklist Di Tk Aisyiyah 8 Melirang.” JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) 3(1):1. doi: 10.30587/jieec.v3i1.2215.
Zahro, Ifat Fatimah. 2015. “Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi 1(1):92–111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laura Sintia Bela, Asdi Wirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.