Efektivitas Kegiatan Kolase Serutan Pensil Terhadap Pengembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Ulul Ilmi Padang

Authors

  • Nabila Nur Anisa Universitas negeri padang
  • Yul Syofriend Universitas negeri padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1745

Keywords:

Motorik Halus, Kolase Serutan Pensil, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan motorik halus anak di TK masih kurang optimal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifitasan kegiatan kolase serutan pensil terhadap perkembangan motorik halus anak di TK Ulul Ilmi Padang.Metode pada penelitian ini yaitu penelitian quasi eksperimen.Sampel yang digunakan sebanyak 20 orang anak, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi.Melalui kegiatan kolase serutan pensil ini keterampilan motorik halus anak mengalami peningkatan.Hal ini terlihat dari hasil post-test anak, dimana nilai rata-rata anak pada post-test kelas eksperimen menggunakan kegiatan kolase serutan pensil lebih tinggi karena anak merasa tertarik dan menyukai kegiatan kolase serutan pensil ini dari post-test kelas kontrol dengan kegiatan meronce karena anak terlalu sering melakukan kegiatan meronce dalam kegiatan belajar.Selain itu pada pemerolehan hasil uji effect size didapat hasil 1.41.Dengan demikian kegiatan kolase serutan pensil efektif digunakan untuk mengembangkan motorik halus anak di TK Ulul Ilmi Padang.

Author Biography

Nabila Nur Anisa, Universitas negeri padang

  1. Nama : Nabila Nur Anisa
  2. Tempat Tanggal Lahir : Bengkulu, 24 Januari 2001
  3. Jenis Kelamin : Perempuan
  4. Alamat : Jln. Prof. Dr Hamka, No 13 Parupuk Tabing, Koto Tangah, PADANG 
  5. Kuliah : Universitas Negeri Padang  

References

Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213–227. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/3187

Dacholfany Ihsan, U. H. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam (Budiyadi (ed.); pertama). AMZAH. www.bumiaksara.com

Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Pertama (ed.)). Caramedia Communication.

Fazira sintia, Faulay indra musnar, & Marleni lusi. (2018). Pegaruh Kolase Terhadap Motorik Anak Usia Dini. On Early Chilhood, 1(1), 60–71.

Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Huda, H., Faeruz, R., & Hayati, M. (2019). Permainan Kolase Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Kelompok a Tk Muslimat Nu Banjarmasin. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 1–8. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13278

Hutami, E. P. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI TARI SIGER LAMPUNG. Tunas Cendikia, 3, 104–111.

Ismail, A. (2009). Education Games. Pro-U Media.

Nurfadilah, D. (2020). JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Loose Part Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kota Keywords : Fine Motor Skills , Collage Games , Kindergarten. Loose Part, 2, 224–230.

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam, 5, 106–117.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2).

Pura, D. N. . A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Santrock, J. W. (2007). Child Development Perkembangan Anak. Erlangga.

Suryana, D., & Vaneza, T. (2020). Pengaruh Kolase Kapas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak- Kanak Bunda Tunas Harapan Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 576. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/501/470

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada. Media Gruop.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Ke-1). Bumi Aksara.

Tadjuddin, N. (2014). Meneropong Perkembangan AUD Perspektif Al-Qur’an.

Wahyuni, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase. SENDIKA: Seminar Pendidikan, II, 256–258. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/sendika/article/view/3601

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-11

How to Cite

Anisa, N. N., & Syofriend, Y. (2023). Efektivitas Kegiatan Kolase Serutan Pensil Terhadap Pengembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Ulul Ilmi Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 101–109. https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1745