MODEL PENDIDIKAN BERWAWASAN KEBANGSAAN BAGI ANAK USIA DINI SEBAGAI SARANA INTEGRASI BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v2i1.38Keywords:
Model Pendidikan, Wawasan Nusantara, Intregasi BangsaAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu hal terpenting dalam membangun masa depan seseorang, karena keberhasilan dalam PAUD akan berdampak pada kemajuan sebuah bangsa. Pada usia ini struktur dan fungsi otaknya sedang berkembang dan pengaruhnya bersifat menetap terhadap perkembangan perilaku dan kepribadian anak selanjutnya. Sehingga mereka sangat tepat jika dijadikan komunitas awal pembentukan karakter bangsa.
Pendidikan berwawasan kebangsaan pada Anak Usia Dini (AUD) diharapkan dapat mempersiapkan mereka menjadi seseorang yang mempunyai identitas baik didalam masyarakat lokal maupun global, dan mempunyai visi untuk membangun dunia bersama dalam budaya global. Salah satu cara agar anak dapat menerima materi pelajaran (untuk TK materi pelajaran menggunakan tema), adalah melalui permainan. Permainan tersebut diantaranya adalah permainan tradisional. Didalam permainan tradisional, kita dapat mengembangkan rasa kebersamaan, gotong royong, mengurangi rasa egois, dsb. Bermain pada anak mempunyai arti yang sanagt penting karena melalui bermain anak mengalami perkembangan dalam segala aspek kehidupannya, Namun, saat ini tantangannya adalah alat permainan dan tokoh-tokoh pahlawan dari negara  lain yang banyak mempengaruhi anak, menyikapi hal ini perlu adanya perubahan dengan cara menanamkan wawasan kebangsaan dalam kegiatan bermain dan alat permainan edukatif yang digunakan oleh anak usia dini, dan mencoba menghubungkan antara bentuk permainan atau kegiatan dengan aspek yg dikembangkan. model pendidikan berwawasan kebangsaan dalam pendidikan anak usia dini menggunakan pendekatan tematik, jadi melalui tema inilah berbagai macam potensi anak dapat di kembangkan, nilai-nilai kebangsaan yang ingin disosialisasikan dan ditransformasikan dalam kegiatan pembelajaran secara terpadu mengembangkan kemampuan, fisik motori, keterampilan (motorik halus), kognitif, sains, seni, bahasa dan pembiasaan, dengan menggunakan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dirancang dengan konsep belajar sambil bermainReferences
Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York, London: Longman.
Choirul Mahfud. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Convention on the Rights of the Child . 1990. Konvensi Hak-hak Anak. Unicef.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Kurikulum TK dan RA. Standar Kompetensi. Jakarta : Direktorat Pendidikan TK dan SD.
Ki Hadjar Dewantara. 2009. Pendidikan: Bagian Pertama. Yogyakarta : Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
L Andriani P dan Ariefa E. 2016. Model pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Lembaga Perlindungan Anak DIY. 2006. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Mayke Sugianto. 1995. Bermainan, Mainan, dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Noor M Bakry. 1994. Pancasila Yuridis Kenegaraan, Yogyakarta : Liberty.
Slamet Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing.
Sudono Anggani. 1992. Sumber Belajar dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta : Grasindo.
Suhady, Idup dan A.M. Sinaga. 2006. Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, Lembaga Administrasi Negara RI. Jakarta.
Sunarso dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta : UNY Press.
Yayasan Amal Bhakti Ibu. 2005. Anak Indonesia Membangun Budaya Damai. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.