PENERAPAN BAHASA JAWA PADA ANAK USIA DINI

Destita Shari, Elisa Novie Azizah

Abstract


Bahasa memiliki berbagai ragam bentuk untuk digunakan dalam berkomunikasi yang kekhasan masing-masing dalam setiap wilayah. Salah satunya bahasa jawa yang digunakan pada bahasa sehari-hari di wilayah jawa timur dan jawa tengah. Pada bahasa jawa ini yang digunakan yakni bahasa krama. Implementasi bahasa krama yang digunakan kepada anak usia dini menemui permasalahan dikarenakan kurang adanya penerapan yang dilakukan di lingkungan, hal ini perlu adnya kajian yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan bahasa jawa khususnya bahasa krama yang dijadikan objek pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa bahasa jawa khususnya bahasa krama dapat diterapkan kepada anak usia dini dengan pembiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh anak dan lingkungan sekitar dalam berinteraksi.

Keywords


Javanese; Early Childhood;

Full Text:

PDF

References


Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18529

Dewi, N. K., & Apriliani, E. I. (2019). Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa pada Anak Usia Dini di PAUD Al-Falah Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 84. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.368

Dhieni, Nurbiana dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selata. Universitas Terbuka

Fardani, M. A., & Wiranti, D. A. (2019). Peran orang tua dalam pengembangan bahasa jawa krama anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial,” 0291, 117–122.

Fishman, J.A. 1972. Language and Nationalism. Massachusetts: Newbury House Publishers.

Hurlock, Elizabrth B. 1993. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga

Kurwidaria, F., & Rahadini, A. (n.d.). Penutur Multibahasa Serta Strategi Pemertahanannya. 78–82.

Masruroh, A., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Jawa Melalui Bermain Peran terhadap Perilaku Sopan Santun Anak. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(1), 21–30. https://doi.org/10.30653/001.202041.121

Purwadi, Purwadi, Bahasa, P., Fakultas, D., Universitas, S., & Yogyakarta, N. (n.d.). Etika Komunikasi dalam Budaya Jawa. 239–249.

Putrihapsari, R., & Dimyati, D. (2021). Penanaman Sikap Sopan Santun dalam Budaya Jawa pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1022

Salsabila, M., Rohinah, D., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2018). Implementasi Bahasa Jawa Krama dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 2550–1100. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/36

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sujiono, Yuliani N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT. Indeks




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by