IMPLEMENTASI PROGRAM ARABIC CLUB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.30736/ktb.v8i2.2137Keywords:
Arabic Program, Skill Communication, Institution of Islamic EducationAbstract
Bahasa dan manusia bagaikan dua sisi dari sebuah koin yang tak bisa dipisahkan. Tanpa bahasa, manusia tidak dapat mengembangkan budaya, berinovasi, atau membangun peradaban yang maju. Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan dan mengevaluasi keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Arab melalui program Arabic Club. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana peneliti berperan sebagai alat utama dalam menentukan fokus studi, memilih sumber data, mengumpulkan informasi, menilai kualitas data, menganalisis, menafsirkan, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab pada siswa, berkat peningkatan rasa percaya diri dan motivasi mereka untuk belajar di kelas formal setelah mengikuti program Arabic Club, 2) program ini diterapkan dengan prinsip mudah, menyenangkan, namun tetap efektif, 3) faktor pendukung antara lain karena motivasi internal sedangkan hambatan berasal lebih banyak dari faktor eksternal
Downloads
References
Ahmad, ‘Urgensi Transformasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah Di Indonesia: Menelisik Historisitas Dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa’, 2.2 (2022), 13–25
Aprizal, Ambo Pera, ‘Jurnal Pendidikan Guru Jurnal Pendidikan Guru’, 2.2 (2021), 87–93
Elis, Ratnawulan, and Rusdiana, ‘Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013’
Fuad, Faturahman, ‘Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab’, AL-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal), 4.2 (2019), 161–69 <https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al/article/view/760>
Hanyfah, Siti, ‘PENERAPAN METODE KUALITATIF DESKRIPTIF UNTUK APLIKASI PENGOLAHAN DATA PELANGGAN’, 2022, 339–44
Hidayati, Wiji, S Syaefudin, and Umi Muslimah, MANAJEMEN KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN (Konsep Dan Strategi Pengembangan), Semesta Aksara, 2021
Ihsan, ‘Program Arabic Club Dalam Meningkatkan Komunikasi Komunikasi-Produktif Bahasa Arab Santri MTs Qudsiyah Putri’, 12.1 (2020), 132–50
Khasanah, Nginayatul, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia)’, An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3.2 (2016), 39–54 <https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16>
Kurnianto, ‘Shaut Al- ‘ Arabiyah’, 10.1 (2022), 101–6
Mahmudi, Ihwan, Didin Ahmad Manca, and Amir Reza Kusuma, ‘Literature Review : Arabic Language Education in the Digital Age Literatur Review : Pendidikan Bahasa Arab Di Era Digital’, 2.2 (2022), 611–24
Munief, ‘Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)’, 2.9 (2021), 1563–71
Nur Nasution, Wahyudin, ‘Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan Dan Prosedur’, Ittihad, I (2017), 185–95
Sauri, Sofyan, ‘Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dan Lembaga Islam Di Indonesia’, 5.February (2020), 73–88
Yulia Syafrin, Muhiddinur Kamal, Arifmiboy, Arman Husni, ‘Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam’, 1.4 (2021), 448–60
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Rizki, Ali Imran Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.