PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PENDIDIKAN AKIDAH

Authors

  • Achmad Fawwas Gibran 085175096991
  • Santi Lisnawati Universitas Ibnu Khaldun
  • Akhmad Alim Universitas Ibnu Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v9i1.2336

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Faith Education, Implementation

Abstract

Pendidikan akidah memiliki peranan yang krusial dalam mencetak insan kamil. Namun, pendidikan akidah menjumpai beberapa permasalahan berupa sifat materi akidah yang abstrak, metode pembelajaran yang monoton, serta rendahnya motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis bagaimana implementasi pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pendidikan akidah sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Data kualitatif dikumpulkan kemudian direduksi lalu disajikan dalam bentuk narasi kemudian disimpulkan sebagai jawaban dari masalah yang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat memberikan kontribusi signifikan serta menjadi solusi permasalahan pendidikan akidah. Prinsip-prinsip CTL memungkinkan pendidik untuk membuat hubungan bermakna antar materi pembelajaran dengan pengalaman nyata peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abikusna, Agus, ‘Pembelajaran Akidah Akhlak Secara Kontekstual Di Madrasah Tsanawiyah’, Al-Tarbiyah: Jurlan Pendidikan, 29.1 (2019), 45–60 <https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/ath.v%vi%i.5034 PEMBELAJARAN>

Aderus, Andi, and Muammar Bakry, Aqidah Aswaja Ahlussunnah Wal Jama’ah, ed. by Asiqah Usman (Makassar: UIM Algazali University Press, 2018) <http://www.jstor.org/stable/resrep19672>

Al-Bana, Hasan, ‘Al-’Aqaid Lil Al-Imam Asy-Syahid Hasan Al-Bana’ (Al-Iskandariyah: Dar Ad-Da’wah)

Al-Faruqi, Isma’il Raji, Tauhid (Bandung: Penerbut Pustaka, 1988)

Al-Qahtani, Sa’id, Aqidah Al-Muslim Fi Dhaui Al-Kitab Wa As-Sunnah (Riyad: Mathba’ah Safir)

Al-Qardhawi, Yusuf, Hakikat At-Tauhid (Kairo: Maktabah Wahbah, 2010)

An-Nahlawi, Abdurrahman, Ushul At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Bait Wa Al-Madrasah Wa Al-Mujtama’ (Dar Al-Fikr, 2007)

As-sanusi, Muhammad bin Yusuf, Syarh Al-Aqidah Al-Wustha (Damaskus: Dar At-taqwa, 2019)

———, Syarhu Al-’Aqidah Al-Kubra Al-Musamma ’Umdata Ahli At-Taufiq Wa At-Tasdid (Damaskus: Dar At-taqwa, 2019)

Asapari, Mugni, Desain Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kontekstual Model Pengembangan Borg & Gall (Teori, Konsep, Teknik Dan Implementasinya), ed. by Ahmad Faqihi (Mataram: Sanabil, 2020)

Astuti, Juni, Mona Novita, and M. Syukri Ismail, ‘Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learning Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo’, Journal Educative : Journal of Educational Studies, 5.1 (2020), 16 <https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630>

Butar-Butar, Najaruddin, Nurmawati Nurmawati, and Rusydi Ananda, ‘Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Capaian Hasil Belajar’, Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9.2 (2023), 792 <https://doi.org/10.29210/1202323179>

Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2000)

Ibnu Mandzur, Muhammad, Lisan Al-Arab (Beirut: Dar Shadir)

Jhonson, Elaine B, Contextual Teaching and Learning What It Is and Why It’s Here to Stay (California: Sage Publication, 2002)

Langgulung, Hassan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad Ke 21 (Jakarta: Pustaka Al Husna, 1988)

Maisaroh, Siti, Mutiah, and Nurriyani Siagian, ‘Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1.3 (2020), 283–92 <https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i3.92>

Musthafa, Ibrahim, Ahmad Ziyat, Hamid Abdul Qadri, and Muhammad An-Najjar, Al-Mu’jam Al-Wasith (Dar Ad-Da’wah, 1431)

Nusroh, Siti, and Eva Luthfi Fakhru Ahsani Ahsani, ‘Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya’, BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 5.4 (2020), 71–90 <https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.891>

Salim, Mohammad Syam’un, ‘Khabar Sadiq; Sebuah Metode Transmisi Ilmu Pengetahuan Dalam Islam’, Kalimah, 12.1 (2014), 91 <https://doi.org/10.21111/klm.v12i1.220>

Saputri, Agusthin Lismalyani Mawar, Ayu Azzahra, Dina Pitrianna, Aria Nur Farida Muslicha, and Yuli Puji Astutik, ‘Pengembangan Modul Digital Berbasis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTsN Berau’, Edunomika, 08.01 (2024), 1–10

Tamam, Abas Mansur, Islamic Worldview Paradigma Intelektual Muslim (Jakarta: Spirit media Press, 2017)

Usman, Mohammad, Wasik, A Zainuddin, and Abdul Malik Karim, ‘Fitrah Manusia Dalam Pandangan Islam (Sebuah Kajian Konseptual Berbasis Al-Qur’an Dan Al-Hadits)’, Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 8.2 (2022), 284–98 <https://doi.org/https://doi.org/10.36420/ju.v8i2.5812>

UU Sidiknas, ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’ (Indonesia, 2003) <https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48>

Wahyudi, Dedi, and Nelly Agustin, ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9.1 (2018), 37 <https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2605>

Wahyudi, Winarto Eka, ‘MENGURAI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AKIDAH (Integrasi Cooperative Learning Dengan Epistimologi Abid Al-Jabiri)’, Kuttab, 1.September (2017), 145–57

Yunus, A, and E Kosmajadi, Filsafat Pendidikan Islam (Majalengka: Unit Penerbitan Unversitas Majalengka, 2015)

Zainiyati, Husniyatus Salamah, Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori Dan Praktek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam) (Surabaya: IAIN Press Sunan Ampel, 2010) <https://core.ac.uk>

PlumX Metrics

Published

2025-03-11

How to Cite

Gibran, A. F., Lisnawati, S., & Alim, A. (2025). PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PENDIDIKAN AKIDAH. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1), 28–40. https://doi.org/10.30736/ktb.v9i1.2336