UTAKSI: ULAR TANGGA DAN TEKA-TEKI SILANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AL-ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30736/ktb.v9i1.2378Keywords:
Utaksi, Pembelajaran Agama, Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran Al-Islam di sekolah sering kali mengalami kendala dalam menarik minat dan meningkatkan pemahaman siswa, terutama ketika metode yang digunakan kurang interaktif. Hal ini mendorong perlunya inovasi dalam media pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis proses pengembangan media pembelajaran UTAKSI, serta (2) mengukur efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan pendekatan model ADDIE, yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas X H di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran UTAKSI memperoleh tingkat kelayakan yang sangat tinggi, dengan persentase 95% dari ahli materi, 92% dari ahli bahasa, dan 90% dari ahli media. Selain itu, efektivitas media ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 57%, dengan tingkat ketuntasan meningkat dari 40% pada pretest menjadi 97% pada posttest. Temuan ini mengindikasikan bahwa UTAKSI merupakan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Al-Islam.
Downloads
References
Afrila, Diliza, ‘Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif’, (Jambi: Eureka Media Aksara, 2021)
Bahtiar, Anisa, and Raya Sulistyowati, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Digital Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep Pemasaran Online Kelas XI Bisnis Daring Dan Pemasaran SMK Negeri 4 Surabaya’, Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7.3 (2019), 618–24
Danuri, and Siti Maisaroh, Metodologi Penelitian, Samudra Biru, 2019 <http://repository.upy.ac.id/2283/1/METOPEN PENDIDIKAN-DANURI.pdf>
Doi, September, Taksonomi Hasil, Belajar Menurut, and Benyamin S Bloom, ‘J m m (Mudima)’, 2.9 (2022), 3507–14
Haryanto, Febu Dwi, and Cep Adiwiharja, ‘MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN’, I.2 (2015), 266–74
Hasan, Muhammad, S Pd, and M Pd, 'Media Pembelajaran', (Klaten: Tahta Media Group, 2021)
Kristanto, Andi, ‘Media Pembelajaran’, (Klaten: Penerbit Bintang Sutabaya, 2016)
Laila Nursafitri, Arif Mahya Fanny, M. Haris Hermanto, Ikhsan Irsyadi, Asfah Nur Halimah, and Syarifatul Hidayah, ‘Pengembangan Media Ular Tangga Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Lampung Timur’, Inventa, 7.1 (2023), 90–101 <https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7978>
Mahardika, Moch. Dimas Galuh, ‘Pendidikan Sejarah Indonesia’, Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4.1 (2021), 67–70
Matematika, Jurnal Pendidikan, ‘MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR SISWA KELAS IX DI SALAH SATU SMP NEGERI CIMAHI Tanaya Eka Putri 1 , Assyifa Fitria Nuraini 2 , Tatang Herman 3 , Aan Hasanah 4’, 8 (2024), 49–54
Mildawati, Titi, and Tasmin Tangngareng, ‘Vifada Journal of Education ISSN : 3021-713X Jenis-Jenis Pendidikan ( Formal , Nonformal Dan Informal ) Dalam Perspektif Islam’, 1.2 (2023), 1–28
Nugrahani, Rahina, ‘Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar’, Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36 No 1, 2007, pp. 35–44
Nurazizah, Siti, ‘Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, 3 (2024), 5666–70
Purnawan, Purnawan, and Dian Hidayati, ‘Pelatihan Dan Penerapan E-Learning Dan M-Learning Di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman’, Surya Abdimas, 5.1 (2021), 41–46 <https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.866>
Rizanta, Gilang Alfinandika, and Meilan Arsanti, ‘Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Masa Kini’, Prosiding Seminar Nasional Daring, 2 (2022), 560–68 <https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381>
Romelah, Romelah, and Nur Dzaedzatul H, ‘Pembelajaran Al Islam ( Akhlak ) Dengan Menggunakan Media Canva Di SMA Muhammadiyah 3 Jember’, 2 (2025)
Syawaluddin, Ahmad, 'Media Pembelajaran', (Makassar: Badan Penerbit UNM, 2022)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 nurbaiti jannati, M. Indra Saputra, Farida, Nirva Diana, Jalaluddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.