PENDEKATAN INTEGRATIF-INTERKONEKTIF DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI MADRASAH

Authors

  • Amalia UIN Sunan Kalijaga, Yogjakarta
  • Ghina Rahmah Maulida UIN Sunan Kalijaga, Yogjakarta
  • Dwi Ratnasari UIN Sunan Kalijaga, Yogjakarta
  • Laila Sukowati UIN Sunan Kalijaga, Yogjakarta
  • Syaiful Anam UIN Sunan Kalijaga, Yogjakarta

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v9i1.2380

Keywords:

implementasi, pendekatan Integratif Interkonektif, Kurikulum PAI, Madrasah

Abstract

Persoalan integrasi keilmuan harus direalisasikan dalam proses pembelajaran pada semua level tingkat pendidikan. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan redesain kurikulum. Dalam melakukan proyek desain kurikulum ini, paradigma keilmuan integratif-interkonektif menjadi satu pendekatan yang mutlak dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Hasil dari penelitian ini berargumen bahwa masih terdapat problematika pengembangan kurikulum PAI di madrasah, dalam implementasi pendekatan integratif-interkonektif. Namun demikian, hal ini tetap harus diagendakan mengingat tantangan PAI dengan perkembangan IPTEK masa kini dan masa depan perlu mendapat respon di dunia pendidikan. Dialog antara materi PAI, ilmu sosial, filsafat dan IPTEK, menjadi satu ikhtiar penting dalam rangka pengembangan kurikulum PAI lebih adaptif dan faktual di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Nurlaeli. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Madrasah dalam Menghadapi Era Milenial.” Wahana Karya Ilmiah 4, no. 2 (2020).

Abdullah, M. Amin. Islamic Studies di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Abdullah M.A. “Implementasi Pendekatan Integratif Interkonektif dalam Kajian Pendidikan Islam.” In Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2014.

Ashari, N. “Pengembangan Kurikulum PAI di Madrasah.” Edification 4, no. 1 (2021).

Aziz, R. “Implementasi Pengembangan Kurikulum. Inspiratif Pendidikan.” Inspiratif Pendidikan 7, no. 1 (2018). https://doi.org/doi:10.24252/ip..v7il.4932.

Bashori. “Paradigma Baru Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Hadhari).” Jurnal Penelitian 11, no. 1 (2017): 141. https://doi.org/doi:10.21043/jupe.vllil.2031.

Diu A. “Pemikiran M. Amin Abdullah tentang Pendidikan Islam dalam Pendekatan Integrasi-Interkoneksi.” Jurnal Ilmiah Al Jauhari 3, no. 1 (2018).

H., Haris Syuhud Mujahada. “Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Perspektif Integrasi Interkoneksi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2022).

Hidayat. “Pendekatan Integratif- Interkonektif : Tinjauan Paradigmatik dan Implementatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Ta’dib 19, no. 2 (2014).

I, Machali. “Pendekatan Integrasi-Interkoneksi dalam Kajian Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam.” Eltarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8, no. 1 (2015).

Irsad, M. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah.” AN-NUR : Jurnal Studi Islam 13, no. 2 (2021).

Kholili H. “Filsafat Ilmu dan Problem Metodologi Pendidikan Islam.” Jurnal At-Ta’dib 9, no. 2 (2014).

Kuntowijoyo. Islam Sebagai Ilmu : Epistimologi, Metodologi dan Etika. Yogyakarta: Teraju, 2004.

Mahrus. “Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2021). https://doi.org/doi:10.37286/ojs.y/il.93.

Marliana, Hasan S &. “Anatomi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” Al-Ibrah 2, no. 1 (2013).

Mifatahul Jannah, T. “Implementasi Teori Psikologi dalam Pengembangan Kurikulum PAI.” Al-Iltizam 7, no. 1 (2022).

Musmuallim. “Paradigma Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Integratif.” Insania 18, no. 2 (2013).

Ramadhan, Harimas, Deriwanto Deriwanto, dan Hendra Harmi. “Problematika Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” journal TA’LIMUNA 12, no. 2 (2023): 89–105. https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i2.1764.

Saefudin. “Dikotomi Keilmuan dan Reorientasi Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam. 1,.” In Proceeding of Annual Conference for Muslim Scholars, 2017.

Zainab, N. “Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Islam.” Fenomena 16, no. 2 (2017).

PlumX Metrics

Published

2025-03-14

How to Cite

Amalia, Maulida, G. R., Ratnasari, D., Sukowati, L., & Anam, S. (2025). PENDEKATAN INTEGRATIF-INTERKONEKTIF DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI MADRASAH. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1), 115–129. https://doi.org/10.30736/ktb.v9i1.2380