JEJAK HISTORIS MADRASAH SERTA TANTANGANNYA DI INDONESIA

Authors

  • Achmad Faisol Haq IAI Uluwiyah Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v1i1.28

Abstract

The birth of madrassa (Islamic schools) is a response to Islamic education in dealing with the Dutch education policy, initially arriving in Indonesia to trade following the Indonesia’s abundant natural resources. Even, it was determined to take control of the Indonesia’s territory by propagating its teachings, popularly known as 3G namely, Glory, Gold, and Gospel. On account of this phenomenon, the madrassa appeared as Islamic educational institutions used as a means of transfering knowledge in addition to considerably having strateges, especially in shaping the soul of patriotism of the nation children.

Keywords: Madrassa, Islamic education, patriotism

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Achmad Faisol Haq, IAI Uluwiyah Mojokerto

Dosen

References

Steenbrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah, Jakarta: LP3ES, 1994.

Daulay, Haidar Putra Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2014.

Nizar, Samsul Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara, Cet. I, Jakarta: Kencana, 2013.

…………….Ordononsi Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional, (Surabaya: Imtiyas, 2011

Zuhairini dkk, Sejarah Pendidikan Islam Indonesia, (Jakarta: Departemen Agama RI, 1988.

Shaleh,Abdul Rahman Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa Visi, Misi dan Aksi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008.

Arif, Mahmud, Pendidikan Islam Tranfirmatif, Yogyakarya: LKIS, 2008.

Latif, Yudi Intelegensia Muslim dan Kuasa Genealogi Intelegensia Muslim Abad ke-20, Cet. I, Bandung: Mizan, 2005.

Nata, Abudin Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta, UIN Jakarta Press, 2003.

Departemen Agama RI, Menelusuri Pertumbuhan Madrasah di Indonesia, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Depag RI, 2001.

Muwardi Sutejo dkk, Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Dirjen Binbaga Islam dan Universitas Terbuka, 1992.

UUSPN No. 2 Tahun 1989, 34, lihat juga Depag RI, Himpunan Peraturan Perundang-undangan Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Dirjen Binbaga Islam, 1991/1992.

Surat Keputusan Mendikbud Nomor 0489/1992 tentang Sekolah Menengah Umum (SMU)

Depag RI, Panduan Kurikulum Madrasah Aliyah 1994, akarta: Depag RI, 1994.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, 197.

………….Kurikulum Hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung: Nuansa, 2003.

………….Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan

Kosim, Muhammad Sejarah Madrasah Perkembangan dan Pertumbuhan, Tadris, Vol 2 No 1, 2007.

Mahmud Arif, Pendidikan Islam Transformatif, Yogyakarta: LKiS, 2008.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: Rosda, 2005.

Muslimin, JM. “Tradisi Ilmiah Dalam Masyarakat Islam: Sejarah Institusi dan Tantangan Perubahanâ€, dalam Kusmana dan JM. Muslimin (ed.), Paradigma Baru Pendidikan: Restropeksi dan Proyeksi Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: IIESP, 2008.

Rahim, Husni Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Logos, 2004.

……………Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Ciputat: Logos, 2001.

PlumX Metrics

Published

2017-01-28

How to Cite

Haq, A. F. (2017). JEJAK HISTORIS MADRASAH SERTA TANTANGANNYA DI INDONESIA. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.30736/ktb.v1i1.28