Pengembangan Media Puzzle Huruf Abjad dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Siswa Sekolah Dasar

Zumrotus Sa’diyah, Suttrisno Suttrisno, Firda Zakiyatur Rofi’ah, Muntiin Muntiin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi temuan pada observasi yang telah dilakukan peneliti bahwa di kelas I Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Mojokampung Bojonegoro terdapat beberapa siswa belum mampu membaca dengan lancar, berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik mengembangan media Puzzle Huruf Abjad dalam meningkatkan kemampuan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan serta mengetahui kelayakan media puzzle huruf abjad dalam meningkatkan kemampuan membaca kelas I. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan uji validitas yang telah dilakukan oleh peneliti Uji validasi dari ahli materi memperoleh persentase 92%, validasi ahli media memperoleh persentase 84% yang berarti media yang dikembangkan sesuai dengan materi dan layak untuk digunakan. Selanjutnya uji coba media Puzzle Huruf Abjad di kelas I mendapatkan nilai rata-rata pre-test 54 dengan ketuntasan klasikal 20%, sedangkan post-test memperoleh rata-rata 75,5 dengan ketuntasan klasikal  80% hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media puzzle huruf abjad layak dan bisa digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan.

Abstract: This research was motivated by the findings from observations done by the researchers that there were several students who were not able to read fluently at Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah (Islamic Elementary School) Mojokampung Bojonegoro, Class One. Based on the problem, the researchers sought to develop Alphabets Puzzle media to improve students’ reading skills. This study aims to describe the development and determine the feasibility of alphabetic puzzle media in enhancing the first graders’ reading skills. This research employed the ADDIE research and development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Based on the validity test that has been carried out, the material expert validation test results obtained a percentage of 92%, followed by the media expert validation test results as much as 84%. It means that the media developed is in accordance with the material and is suitable for use. Furthermore, the implementation results of the learning media at Class I showcased an average pretest score of 54 with 20% classical completeness, while the post-test obtained an average of 75.5 with 80% classical completeness. This indicates that the development of alphabets puzzle media is considered feasible and can be used in learning to read.


Keywords


Kemampuan Membaca, Media Pembelajaran, Pengembangan, Puzzle Huruf Abjad

References


Abidin, Y. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=kKzxDwAAQBAJ&redir_esc=y

Bariroh, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrabble Dalam Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris Siswa Kelas VI MI Roudlotul Huda Ngasem Bojonegoro. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Harpiani, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Melalui Media Kartu Huruf. Shautut Tarbiyah, 27(2), 260–277. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/str.v27i2.3209

Husdarta, D. (2000). Belajar dan Pembelajaran (p. 2). p. 2.

Janawati., D. P. A. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 3 Ubud, Gianyar, Bali. Bali: Surya Dewata.

Lara Olyvia, Siti Rohana Hariana Intiana, S. I. (2022). Pengembangan Media Puzzle Syllables Letter Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Hadi Sakti. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(2), 1193–1203. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6838

Manu Wedham, I. W. B., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Puzzle Suku Kata Untuk Melatih Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas 1 Sdn 1 Jagaraga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 773–780. https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2843

Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Nari, N., Akmay, Y., & Sasmita, D. (2020). Penerapan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan membilang. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.26499

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Ramadhania, S., & Yamin, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 960–965. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3042

Ramaniyar, E. (2020). Sosiolinguistik dalam Pengajaran Bahasa di Sekolah Dasar kelas Rendah. Google Book. Retrieved from https://www.bing.com/ck/a?!&&p=3c21fae7bcf05d58JmltdHM9MTY3NjkzNzYwMCZpZ3VpZD0xOTIwOTY2OS0xYzBmLTY4MmQtM2VlMy04Nzg4MWQ1OTY5MDEmaW5zaWQ9NTE1Nw&ptn=3&hsh=3&fclid=19209669-1c0f-682d-3ee3-87881d596901&psq=Ramaniyar%2C+E.+(2020).+Sosiolinguistik_dalam_pengajar

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif (Vol. 17). Banjarmasin: UIN Antasari.

Rini, Windu Asmoro; Sukartaningsih, W. (2021). Pengembangan Media Puzzle Kata Bergambar Menggunakan Aplikasi Instagram Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Pada Keterampilan Membaca Permulaan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 2597–2609.

Ristiyani, M. (2020). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Media Puzzle Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan (Penelitian Pada Siswa Kelas 1 Dusun Pakis Kidul). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Rukuyat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. In Deepublish. Jogjakarta: Deepublish.

Simatupang. (2015). Pemodelan Sistem Badan Pusat Statistik (p. 48). p. 48. Klaten: Penerbit Kanida.

Subandiyah, H. (2013). Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Negeri Surabaya, 1–13.

Suprihatiningsih. (2016). Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1144004

Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303

Zahara, P., & Aulia, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Aplikasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12760–12768.

Zuhro, I. N., Sutomo, M., & Mashudi. (2021). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Transformatif. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 180–193. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3085




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v7i1.1162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zumrotus Sa’diyah, Suttrisno Suttrisno, Firda Zakiyatur Rofi’ah, Muntiin Muntiin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.