Penerapan Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam Mengembangkan Karakter Mandiri, Disiplin dan Tanggungjawab Anak Usia Dini Di TK Insan Profesi Baubau
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-09
Aisyah, A. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 77–84. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.528
Bachri, S., & Suharnan, S. (2014). Kecerdasan Emosi, Persepsi terhadap Pendidikan Karakter Cinta Damai dan Penyesuaian Diri Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 52–64. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.369
Budiarti, E. (2023). Stimulating Children in Enhancing Spirituality through the Exemplary Story of Ants. 6(1), 69–76. https://doi.org/10.47076/jkpis.v6i1.181
Budiarti, E., Jacob, A. M., Afriliyana, D., Hasibuan, S., & Yani, F. I. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Pelajar Pacasila melalui Metode Bernyanyi di TK Muslimat Nu 1 Khodijah Pakis Malang. 6, 2946–2950.
Faujiah, A., Tafsir, A., & Sumadi, S. (2018). Pengembangan Karakter Anak di Indonesia Heritage Foundation (IHF) Depok. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 163. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.294
Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513
Henricus Suparlan. (2015). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25 (1), 57–74.
Hidayati, I., Lubis, M. S., & Qalbi, Z. (2021). Studi Etnografi Proses Pendidikan Saluang. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2).
Hill, M. G. (2007). Introduction to Character Education and Effektive Principles. Companish.
Ismadi, H. D. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kebudayaan. Gading Prima.
Kemendikbudristek. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Lestari, P. I., & Prima, E. (2019). Peran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.396
Linkona, T. (2013). Education for character: mendidik untuk membentuk karakter, bagaimana sekolah dapat mengajarkan sikap hormat dan tanggungjawab. Bumi Aksara.
Maslan, M. (2019). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kelas Terhadap Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1226. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7884
Megawangi, R. (2016). Pendidikan Karakter: Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa (Cetakan ke 5 (ed.)). Indonesia Heritage Foundation.
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285
Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Rosda karya.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Peraturan Presiden. (2017). Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER. Journal of Chemical Information and Modeling, 7.
Rubiyanto, N., & Haryanto, D. (2010). Strategi Pmebelajaran Holistik di Sekolah. Prestasi Pustaka.
Sugiono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Alfabeta.
Suparlan, & Sutama. (2020). Arah Politik Pendidikan Islam Di Masa Disrupsi. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(3), 257–272.
Sutiono. (2010). Pendidikan Seni Sebagai Basis Pendidikan Karakter Multikulturalis. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 29.
Widayati, T. (2013). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Character Development of the Early Aged Children. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDN, 8(2), 85–93.
Yuliana, N., R, M. D., & Fahri, M. (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 15–24. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15872
DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JCE indexed by