STIMULASI LAGU DALAM PENGEMBANGAN SENI ANAK USIA DINI

Authors

  • Wicy Elvi Septiani Universitas Negeri Padang
  • Indra Yeni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.498

Keywords:

Song Stimulation, Art, Early Childhood,

Abstract

This research is motivated by the importance of providing song stimulation in the development of early childhood arts, while in reality the provision of song stimulation by teachers in schools still limited due to the limited production of children's thematic songs. So that it takes the teacher's ability to create simple songs according to the thematic needs of learning. This study aims to provide the elements of children's songs, namely melody, harmony, rhythm, lyrics, and tempo. Type of research used is literature study. Data were collected by reviewing and reviewing several relevant reading sources, such as scientific journals and related reference books. Furthermore, the elements that must be considered in early childhood songs are analyzed. From the research, the results show that the lyrical elements of children's songs must be positive and simple, the range and jump of the melody is right, the use of basic harmony starts and ends with level I chords, the use of a 1/4 or 1/8 rhythm, and the tempo according to the impression of the song to be shown. Thus the teacher can continue to provide song stimulation in the development of early childhood arts.

References

Alimuddin, Johar. 2015. Lagu Anak sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasarâ€, Vol. II No. 2 Juli 2015

Aminah, Siti. 2016. Pengaruh Musik Islami terhadap Perkembangan Bahasa Anak. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, Juli- Desember 2016

Fahri, M. Zainal. 2015. Rahasia Jago Gitar Otodidak Tanpa Guru. Jakarta: Lembar Pustaka Indonesia

Gunawan, Adi W. 2005. Apakah IQ Anak Bisa di-Tingkatkan?. ___: Gramedia Pustaka Utama

Gutama, Andika. 2020. Analisis Pola Ritme dan Bentuk Lagu Anak. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, Vol. 3 No. 1, Juni 2020

Hendro. 2008. Cara Praktis Berimprovisasi pada Keyboard. Jakarta: Puspa Swara

Iftitah, Selfi Lailiyatul. 2019. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pamekasan: Duta Media

Jamalus, dan Mahmud, A. T. ___. Musik 4. Jakarta: CV. Titik Terang

Kusumawati, Heni. 2013. Pendidikan Karakter melalui Lagu Anak-anak. Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, Vol. 11 No. 2, 2013

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Nuswantari, Wahyu, dan Tri Puji Astuti. 2015. Pengaruh Pemberian Lagu Anak- anak terhadap Perilaku Prososial Siswa Taman Kanak-kanak. Jurnal Empati, Vol 4 (4), 101-106

Paujiyanti, Fera. 2013. Jurus Rahasia Mendapatkan Nilai 100 Kelas 3. Jakarta: Lembar Pustaka Indonesia

Permana, Catur Surya, dan Ridwan Sigit. 2017. Model Penciptaan Karya Lagu Anak Populer yang Berangkat dari Nilai Tradisi. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, Vol. 2 No. 2, Oktober 2017

Pikal, Eliyas. 2018. Pesan Dakwah dalam Lirik Lagu Religi Maher Zain (Studi terhadap Lagu-lagu Maher Zain). Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Putra, Irdhan Epria Darma. 2013. Belajar Teori Musik Dasar melalui Media Powerpoint. Padang: Universitas Negeri Padang

Roffiq, dkk. 2017. Media Musik dan Lagu pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 2 No. 2 Bulan September 2017. Page 35- 40

Soeharto, M. 1986. Belajar Membuat Lagu. Jakarta: Gramedia

Sulastianto, Harry, dkk. ___. Seni Budaya untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Grafindo

Syahrel. 2004. Buku Ajar Ensambel. Padang: Universitas Negeri Padang

Wadiyo, dan Haryono, Slamet. 2016. Uji Coba Lagu Anak-anak Bertema Pendidikan. Resital, Vol. 17 No. 3, Desember 2016: 170-177

Wulandari, Rina. 2011. Pengembangan Lagu untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Dinamika Pendidikan, 18 (2), September 2011

Yeni, Indra. 2010. Pengantar Seni Musik untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press

Yeni, Indra. 2016. Teknik Iringan Lagu Anak: Penggunan Lagu sebagai Instrumen Ritmis. Jakarta: Kencana

Yeni, Indra, dan Irdhan Epria Dharma Putra. 2017. Pelatihan Mencipta Lagu Anak pada Guru PAUD di Kec. ABTB Kota Bukittinggi dan Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 3b Desember 2017

Yeni, Indra, Yulsyofriend, Desyandri, dan Vivi Anggraini. 2018. Stimulasi Emosi Anak melalui Kegiatan Menyanyi bagi Guru-guru PAUD di Kecamatan Ampek Angkek dan Canduang Kabupaten Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, Vol. 5, No. 2 (2018)

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-04-19

How to Cite

Septiani, W. E., & Yeni, I. (2021). STIMULASI LAGU DALAM PENGEMBANGAN SENI ANAK USIA DINI. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 96–106. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.498

Issue

Section

Articles