KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MENGHAFAL AL-QUR’AN SECARA DARING

Authors

  • Niharotussadiah Niharotussadiah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nancy Riana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.551

Keywords:

Parent and teacher collaboration, Early childhood, Memorizing the Qur'an Online,

Abstract

Proses pebelajaran pada anak usia dini mengalami perubahan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka kemudian dialihkan menjadi daring (dalam jaringan) sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, sehingga berdampak pada hasil pencapaian hafalan anak-anak dan menuntut keterlibatan orang tua dalam mendamping anak belajar menghafal Al-Qur’an di rumah yang mana orang tua memiliki keterbatasan kemampuan dan waktu. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana kolaborasi orang tua dan guru dalam mendampingi anak usia dini 5-6 tahun menghafal AlQur’an secara daring. Karena, peran orang tua saat ini bertambah untuk menjadi guru di rumah, akan tetapi peran guru tidak akan lepas untuk selalu membimbing proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an di rumah secara daring. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan triangulasi data yang diperoleh dari informan dan subjek penelitian. Analisis data dari pengambilan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa keberhasilan kolaborasi orang tua dan guru dalam mendampingi anak usia dini 5-6 tahun dalam menghafal Al-Qur’an secara daring yaitu dipengaruhi oleh faktor komunikasi antara orang tua dan guru secara intens dan partisipatif serta penggunaan media pembelajaran speaker Al-Qur’an untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi dan mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an di rumah, serta pemanfaatan teknologi whatssapp sebagai alat komunikasi antara orang tua, guru dan anak.

References

Ahmad, S. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaan (Ilyas (ed.); 2nd ed.). CV Jejak.

Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 33–42. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v14i1.19558

Faizin, S. (2020). Implementasi Physical Distancing : Pengelolaan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Melalui Pemanfaatan Perangkat Media Social. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 135. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.261

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Kemdikbud, pengelola web. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Maharani, D., Helmiah, F., Harahap, R. R., Fachri, B., Informatika, M., & Komputer, S. (2018). PELATIHAN KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN TAHFIDZ QUR ’ AN MENGGUNAKAN AL - QUR ’ AN DIGITAL TAJWID. 1(2).

Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188–198. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.15

Megawati, M., & Kahar, F. (2017). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dengan Guru terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Office, 3(1), 33. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3458

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72

Merdeka.com. (2021). Data Terkini Covid-19 di Indonesia Januari 2021. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/peristiwa/data-terkini-covid-19-di-indonesia-januari-2021.html

Munirwan, U. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 20–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Roesli, M., Syafi, A., & Amalia, A. (2018). Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, IX(2), 2549–4171.

Santrock. (2012). PERKEMBANGAN MASA HIDUP (S. Novietha (ed.); 13th ed.). Erlangga.

Sari Andika Diah, Rahmita Nurul, yulianingsih Ika, Tiara Astari Tarihoran, B. M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, “Dirumah Saja.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Wahyudi, A. (2020). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA SEBAGAI STRATEGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SAAT PANDEMI COVID-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(1), 71–83. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/jce.v3i2.121

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wendi, Z. (2017). TERNYATA MENDIDIK ANAK CARA RASULULLAH MUDAH DAN EFEKTIF (R. Randi (ed.); 3rd ed.). Kawan Pustaka.

Yuliani, S. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia dini (S. Bambang (ed.); Edisi Revi). PT Indeks.

Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1), 17–26. https://doi.org/10.19109/intizar.v26i1.5892

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-08-07

How to Cite

Niharotussadiah, N., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MENGHAFAL AL-QUR’AN SECARA DARING. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 224–239. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.551

Issue

Section

Articles