PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19

Agus Priyanto, Izzati Izzati

Abstract


Peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 yaitu sebagai pengganti guru dalam membimbing anak selama proses pembelajaran jarak jauh. Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anaknya dan orang tua berperan menjaga dan memastikan anaknya untuk menerapkan lingkungan serta membimbing anak dalam mengerjakan tugas sekolah. Peran orang tua dalam pendidikan yaitu sebagai, pembimbing, fasilitator dan motivator. Penelitian ini menggunakan penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh manakah peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 di Nagari Lakitan Utara kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata keseluruhan  peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 di Nagari Lakitan menunjukan bahwa peran orang tua sangat mempengaruhi hasil belajar anak yang terlihat anak belajar dengan lebih teratur dan fokus dalam pembelajaran. Dan dengan adanya peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 dapat memberikan suatu motivasi untuk diri anak untuk meningkatkan kemampuan akademiknya, serta bagi orang tua sebagai evaluasi dalam menyediakan fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran anak dan meningkatkan kemampuan orang tua dalam membimbing serta sebagai motivator bagi anaknya dalam pembelajaran dari rumah.

Keywords


Peran orang tua; Pandemi; Pembelajaran;

Full Text:

PDF

References


Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4(1). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta.

Efendi, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilngan Untuk Anak Usia Dini Melalui Permainan Biji Sawit di Taman Kanak Qur’aniah Air Runding Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal IImiah Pesona PAUD, 5(2), 37–47. https://doi.org/10.24036/103720

Erica, D., Haryanto, Rahmawati, M., & Vidada, I. A. (2019). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 58–66. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3993

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Hand Games for Optimalize Cognitivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Fransiska. (2020). Peran Orang Tua dalam Kegiatan Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 16–27.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Juita, R. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Menakar Air di TK Aisyiyah Koto Kaciak Maninjau. Jurnal Pesona PAUD, 1(1).

Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020, (2020). http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-new/surat-edaran-mendikbud-nomor-4-tahun-2020

Kurniati, E., Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Dirumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145–3151. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/821

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain. Jurnal IImiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 2, 41–47.

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Rizkiyah, H. (2015). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) di Dusun Kalikajang Kelurahan Gebang Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 1–14.

Roshonah, A. F., Putri, S. A. D., & Yulianingsih, I. (2020). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7904

Saidah, U. H. (2016). Pengantar Pendidikan Telaah Pendidikan secara Global dan Nasional: Dilengkapi Rekonstruksi Mata Kuliah, RPS, dan SAP. Rajawali Press.

Slamet. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by