MINIMALIST PARENTING: POLA PENGASUHAN UNTUK ORANGTUA GENERASI MILENIAL

Anisa Yunita Sari, Naili Sa`ida

Abstract


Penerapan pembelajaran yang terintegrasi dengan parenting tidak hanya didelegasikan pada pihak sekolah namun kehadiran  orangtua memiliki peran utama.Tujuan dari penelitain ini adalah untuk mengetahui penerapan parenting para orangtua generasi milenial dengan perkembangan teknologi informasi yang masif. Kemudahan akses pada era digital sebagai solusi sekaligus tantangan terhadap kelebihan informasi digital.Penelitian ini menggunkan metode literature review. Hasil dari penelitian memberikan informasi bahwa tekhnologi digital sebagai sarana pemerolehan informasi yang paling diminati para orangtua milenial. Penerapan parenting pada era digital membuat para orangtua impulsif terhadap penawaran program belajar online dan kesulitan untuk menentukan informasi yang paling tepat dan kredibel dengan banyaknya informasi yang bertebaran di dunia digital. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan minimalist parenting menjadi solusi untuk orangtua generasi milenial karena berfokus pada hubungan keluarga yang sehat dan fokus terhadap sesuatu yang penting untuk anak. Penerapan parenting tidak dapat digeneralis karena setiap anak memiliki tingkat perkembangan dan kebutuhan yang sangat  individualias.

Keywords


Minimalist parenting; Orangtua; Generasi Milenial;

Full Text:

PDF

References


Afrilia, A. M. (2017). Penggunaan New Media Di Kalangan Ibu Muda Sebagai Media Parenting Masa Kini. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 1(1), 31–42.

Cooper, H. M. (1988). The integrative research review: a systematic aproach.

Diskominfo. (2018). Website Portal Resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kabupaten Badung. Dinas Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Bandung. https://diskominfo.badungkab.go.id/artikel/17916-pengertian-literasi-media

Flannigan, C., & Dietze, B. (2018). Children, Outdoor Play, and Loose Parts. Journal of Childhood Studies, 42(4), 53–60. https://doi.org/10.18357/jcs.v42i4.18103

Gaol, L. A. L., Mutiara, A. B., Saraswati, N. L., Rahmadini, R., & Hilmah, M. A. (2017). The relationship between social comparison and depressive symptoms among Indonesian Instagram users. Universitas Indonesia International Psychology Symposium for Undergraduate Research, 139(September), 130–137. https://doi.org/10.2991/uipsur-17.2018.19

Gardner, H. (1983). Frames of Mind. basic bookls.

Hopper, E. (2020). Maslow ’ s Hierarchy of Needs Maslow ’ s Hierarchy of Needs. Business, April, 3–5. file:///C:/Users/ADMIN/OneDrive/Documents/02LITERATUR/22mac/Maslow’s Hierarchy.pdf

IDN. (2020). Indonesia Millennial Report. IDN Research Institute, 01, 61. https://www.idntimes.com/indonesiamillennialreport2019

Iprice. (2021). Top 10 Parenting Blogs di Indonesia Versi iprice Group. https://iprice.co.id/trend/insights/top-10-parenting-blogs-di-indonesia-versi-iprice-group/

Jennings, nancy A. (2021). The Marketing of Children’s Toys: Critical Perspectives on Children’s ... - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=NrAmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA65&dq=minimalist+parenting&ots=JtyDLo8rcf&sig=yyjkRTV_SXxy0uTXsIXZ8WPY-CQ&redir_esc=y#v=onepage&q=minimalist parenting&f=false

Koh, C., & Dornfest, A. (2013). author of The Daring Book for Girls. bibliomotion.

KOMINFO. (2020). Status Literasi Digital Indonesia 2020: Hasil Survei di 34 Provinsi. November, 1–90.

Livington, G. (2018). More than a million Millennials are becoming moms each year | Pew Research Center. Paw Reseach Center. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2018/05/04/more-than-a-million-millennials-are-becoming-moms-each-year/

Microsoft. (2020). Civility, Safety & Interaction Online. February, 1–50.

Rahmawati, N. R., Septiana, N. Z., & Masitoh, F. (2019). Pola Pengasuhan Orangtua Milenial. International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy Faculty of Education and Teacher Training, 4.

Sari, A. Y., & Arumsari, A. D. (2019). Metode Eksperimen Media Air untuk Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi, 5(1–12).

Sari, A. Y., & Rofiyarti, F. (2017). Penerapan Disiplin Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter terhadap Anak Usia Dini. Pedagogi, 3(3c), 227–239.

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://litbang.kemdikbud.go.id

Vogel, E. A., Rose, J. P., Roberts, L. R., & Eckles, K. (2014). Social comparison, social media, and self-esteem. Psychology of Popular Media Culture, 3(4), 206–222. https://doi.org/10.1037/ppm0000047

We Are Social & Hootsuite. (2020). Indonesia Digital report 2020. Global Digital Insights, 247. https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital-overview




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by