DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTORIK HALUS AUD PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK MELATI

Nuraini Nuraini, Dadan Suryana

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana dampak pembelajaran daring terhadap motorik halus anak usia dini, pada masa pandemi Covid-19 Di TK Melati Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dampak pembelajaran daring terhadap motorik halus anak usia dini, pada masa pandemi Covid-19 Di TK Melati Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, guru, wali murid dan siswa TK Melati Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dampak pembelajaran daring terhadap motorik halus anak usia dini, pada masa pandemi covid-19 di TK Melati Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman termasuk dalam kategori mampu dan cukup mampu. Dampak lainnya sistem pembelajaran daring (online) terhadap pembelajaran daring terhadap motorik halus anak usia dini adalah adanya beberapa orang tua yang kurang mendukung atau tidak berpartisipasi dalam sistem pembelajaran dan kendalanya ada orang tua siswa di rumah nya tidak memiliki hp Android, terpaksa guru-guru kunjungi rumah-rumah orang tua murid yang tidak memiliki hp android.

Keywords


Motorik Halus Anak; Pandemi Covid-19;

Full Text:

PDF

References


Afrianita, W. (2015). Penerapan Pembelajaran Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Rao Pasaman. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 4(1).

Andriani, N. L. M. D. (2021). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Media Audio Visual pada Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3).

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat COVID-19. Bidang Kesejahteraan Sosial Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategi, 12(1), 1–7. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf%0A%0A

Arum, A. E., & Susilaningsih, A. (2020). Pegamatan Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar. Prosiding Seminar Nasional, 438–444. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/578/496

Bao, W. (2020). COVID-19 and Online Teaching in Higher Education: A case Study of Peking University. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perang Orang tua dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. Journal of Islamic Elementary Education, 2(1). https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/premiere/article/view/84

Drago, W. A., & Wagner, R. J. (2004). Vark Preffered Learning Styles and Online Education. Management Research News, 27(7), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/0140917041078211

Forkosh-Baruch, A., & Hershkovitz, A. (2014). Teacher-Student Relationship in the Facebook-Area (In P: Isai). IGI Global.

Holimi, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring di PAUD Baiturrahman di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1).

Ismafuri, A. R. (2016). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B1 TK PKK 51 Terong, Dlingo, Bantul, DIY Skripsi (Vol. 4, Issue 4).

Isti, Y. A., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang tua Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Kurniasih, S. (2021). Pengembangan Motorik Halus Anak melalui Gerak dan Lagu dalam Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19. Indonesia Journal of Islamic Goolden Ag Edu Cation (IJIGAEd), 1(2), 32–43. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/view/3434

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Grup dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemik COVID-19. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 97. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Lolita, I. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–13.

Mahbub, M., Purnamawati, D., Maslamah, Sopakua, & Fauziddin, M. (2020). Educational data mining with clustering technique on the distribution of civil servant teachers in Indonesia. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 2097–2103. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201171

Milawati, T. (2009). Peran Pendidik Anak Usia Dini Dalam Mendukung Perkembangan Bahasa Anak. Universitas Negeri Malang.

Moorhouse, B. L. (2020). Adaptations to Face-to-Face Initial Teacher Education Course “Forced” Online Due to the COVID-19 Pandemice. Journal Education for Teaching: International Research and Pedagogy, 609–611. https://doi.org/https://doi.org/10/1080/02607476.2020.1755205

Nariasih, N. W. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Noviawati, & Mutiarany. (2016). Upaya Mengembangkan Motorik Halus (Menempel Gambar Dengan Tepat) Melalui Metode Demonstrasi Dikombinasikan Dengan Metode Proyek Menggunakan Teknik Mozaik Bahan Dasar Beras dan Biji-Bijian pada Kelompok B di TK Taruna Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 11(2).

Oktarina, A., & Fatonah, S. (2021). Pegamatan Tentang Pembelajaran dan Penilaian Pada Anak Usia Dini di Era Pandemi Covid-19. Cakrawala: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1).

Permendikbud. (2021). Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD. https://www.statmat.net/permendikbud-146-tahun-2014/

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C., Hasibuan, & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rachmi, M. A., Eko, B. F., & Fathin, F. A. A. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Morik Hasul Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penjaskesrek, 8(1).

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School 7, 7(2).

Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terdapat Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(20).

Savina, S., & Nur, N. (2021). Dampak Pembelajaran Daring pada Kinerja Guru. Junal Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 3.

Sujarwo, & Widi, S. P. (2015). Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan, Jasamani Indonesia, 11(2), 96–100. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/8185/6856

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

Suwangsih, A., Rohman, C., & Farida, I. (2020). Tantangan Pembelajaran jarak jauh Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Raudlatul Athfal. Indonesian Journal Of Islamic Early Childhood Education, 5(2).

Trismadewi, K. (2021). Tantangan Pembelajaran Daring pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003: Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Wahyudi, I. N., & Nurjaman, I. (2018). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 12. https://doi.org/10.31000/ceria.v7i1.560




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by