MENSTIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS JASMANI

Retno Dwi Astuti

Abstract


Perkembangan pada anak usia dini mencakup perkembangan fisik dan motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa dan seni. Masa Taman Kanak-kanak (TK) merupakan masa pertumbuhan yang paling hebat dan sekaligus paling sibuk. Pada masa ini anak sudah memiliki keterampilan dan kemampuan walaupun belum sempurna. Usia anak pada masa ini merupakan fase fundamental yang akan menentukan kehidupannya di masa datang. Oleh sebab itu, sebagai orang tua dan pendidik harus memahami perkembangan anak usia dini khususnya perkembangan fisik dan motorik. Perkembangan motorik sangat dipengaruhi oleh organ otak, melalui bermain terjadi stimulasi pertumbuhan otot-ototnya ketika anak melompat, melempar, atau berlari. Selain itu anak bermain dengan menggunakan seluruh emosi, perasaan, dan pikiranya. Pendidikan di TK dilaksanakan dengan prinsip “belajar melalui bermain, atau belajar seraya bermain”. Sesuai dengan perkembangan, oleh sebab itu diharapkan seorang pendidik yang kreatif dan inovatif agar anak bisa merasa senang, tenang, aman dan nyaman selama dalam proses belajar mengajar. Kompetensi dasar motorik anak TK yang diharapkan dapat dikembangkan saat anak memasuki TK adalah anak mampu; melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan persiapan untuk menulis, keseimbangan, kelincahan, dan melatih keberanian. Mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi dan menggunakan berbagai media/bahan menjadi suatu karya seni.

Keywords


Perkembangan Motorik; Keterampilan Gerak Dasar; Aktivitas Jasmani

References


Depdikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Fakhruddin, Asef Umar. 2010. Sukses Menjadi Guru TK-PAUD. Jogjakarta: Bening.

Samsudin.2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Fajar Interpratama..

Santrock, Jhon W. 2011. Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:PT Indeks.

Suryani, Reno. 2014. Kerajinan Kokoru untuk Anak. Yogyakarta: PT Pustaka Ekonomi.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Yuliana. 2014. Fun With Kokoru. Jakarta: Tiara Aksa




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v2i2.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by