DAMPAK METODE LADDREL DRILL TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI

Dwi Imam Efendi

Abstract


Aktivitas fisik dalam Pendidikan dapat diartikan sebagai fondasi untuk perkembangan belajar anak. Pendidik sebagai perantara dalam pembelajaran melakukan rannsangan pada anak dengan berkomunikasi, memotivasi berdasarkan ekspresi yang dikeluarkan tubuh. Metode yang digunakan merupakan eksperimen yang melibatkan peserta didik sebanyak 40 anak yang dipilih secara acak. Instrument penelitian ini disusun dengan reliabilitas sebesar 0.862. analisis data yang dilakukan menggunakan Anova. Pembahasaan dalam penelitian ini menampakkan perbedaan yang signifikan berdasarkan factor permainan tradisional bentengan. Ada pengaruh interaksi yang signifikan antara permainan tradisional dengan kecerdasan kinestetik


Keywords


Permainan tradisional; Bentengan; kecerdasan kinestetik;

Full Text:

PDF

References


Al-Qatawneh, S. S., Alsalhi, N. R., Eltahir, M. E., & Siddig, O. A. (2021). The representation of multiple intelligences in an intermediate Arabic-language textbook, and teachers’ awareness of them in Jordanian schools. Heliyon, 7(5), e07004.

ALharthi, M. J. (2021). An Exploratory Study on the Awareness of Early Childhood Professionals Regarding the Concepts of Digital Intelligence. Academic Journal of Research and Scientific Publishing| Vol, 2(21).

Babajide, V. F. T., & Akin-Oluyomi, O. T. (n.d.). THE EFFECT OF MULTIPLE INTELLIGENCES TEACHING APPROACH ON THE ACHIEVEMENT OF PHYSICS STUDENTS IN SENIOR SECONDARY SCHOOLS IN LAGOS STATE. JOURNAL OF PEDAGOGICAL THOUGHT, 55.

Bolt, M. L. (2021). Teaching Music to Special Needs Students Using Multiple Intelligence Theory.

Durand, R. B. C., Díaz, N. del C. G., & Sotomayor, D. Á. C. (2021). Cost-effective Evaluation of an Educational Intervention based on Multiple Intelligences Versus Traditional Care to Improve Exclusive Breastfeeding in Mothers’ Clubs in Peru. Investigación y Educación En Enfermería, 39(2).

Efendi, D. I. (2020). PENERAPAN KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KEOMPOK B RA ISLAMIYAH. GCEJ (Golden Childhood Education Journal), 1(1), 23–29.

Efendi, D. I., & Azizah, E. N. (2020). PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB PUTRA BANGSA. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 14–23.

Ekayati, I. A. S., Agustina, D. T., & Purnama, A. (2021). UJI KELAYAKAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 4-5 TAHUN DI ERA PANDEMI COVID 19. Prosiding SNasPPM, 5(2), 154–158.

Escuza Mesías, C. D., Flores Morales, J. A., Huamani, L. N., & Núñez Lira, L. A. (2021). Body kinesthetic activity in basic level children’s learning.

Findasari, N., & Efendi, D. I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP UP DALAM MENSTIMULUSI MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CAHAYA MANDIRI DESA PAKIS KECAMATAN GRABAGAN KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 6(1), 38–42.

Hakim, A., Darsinah, D., Yuwono, H., & Katoningsih, S. (2021). Improving The Visual-Spatial Intelligence of Kindergarten Children Through Puzzle.

Hani, L. A. (2018). and Scientific Research. College of Basic Education Department of English The Performance of Iraqi ….

Krobo, A. (2021). SMALL EFFORT, BIG RESULTS: THROWING AND CATCHING ACTIVITIES USING PLASTIC BALL TO FOSTER CHILD’S KINESTHETIC ABILITY. Journal of Early Childhood Education (JECE), 3(1), 11–21.

Mabrouk, M. H. (n.d.). There is more to Learning than Sitting… There is wriggling and giggling!

Nasamu, R. A. (2021). Influence of Teaching Styles and Learning Styles on Pupils’ Academic Performance in Numeracy in Ilorin Kwara State. Kwara State University (Nigeria).

Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37.

Nurmayasari, N., & Ekayati, I. A. S. (2021). DESIGN PENGEMBANGAN MEDIA UNTUK MENGASAH KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 6(1), 402–406.

Predikasari, P., & Ekayati, I. S. A. (2021). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN TEKSTUR ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 6(1), 667–670.

Ramadhani, S. (2021). PENGARUH MODELVISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPENKELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 63–68.

ROBERTS, A. M., STERNBERG, R. J., RUNCO, M. A., ACAR, S., WARD, T. B., KOLOMYTS, Y., & KAUFMAN, J. C. (2021). 7 Creativity and Cognition, Divergent Thinking, and Intelligence. Creativity: An Introduction, 102.

Valli, B. (2021). An Analytical Study of the Curriculum of Upper Primary Education in Gujarat: Peace Education Perspective. Maharaja Sayajirao University of Baroda (India).




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by