PERUBAHAN PERSEPSI POLA ASUH PESERTA SETELAH MENGIKUTI PROGRAM SEKOLAH IBU DAN CALON IBU KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Difi Dahliana
  • Ika Irayana

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.90

Keywords:

Changes in parenting, Parenting, Children

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah kota Banjarmasin untuk memperbaiki pola asuh terhadap anak di masyarakat adalah dengan mengadakan program parenting yang dinamai dengan Sekolah Ibu dan Calon Ibu.  Penulis tertarik untuk meneliti apakah setelah mengikuti Sekolah Ibu ada perubahan pola asuh yang lebih baik dari para pesertanya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket terbuka. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pola asuh dari otoriter menjadi demokratis setelah peserta mengikuti Sekolah Ibu dan Calon Ibu.

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak. 7, 16.

Anisa, S. (2005). Kontribusi Pola Asuh Orang tua terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005 (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Arifin, H. S., & dkk. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa UNTIRTA Terhadap Keberadaan PERDA Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, Vol. 21, 88–101.

Daulay, N. (2014). Pengantar Psikologi dan Pandangan Al-Qur’an tentang Psikologi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Een Novitasari. (2017). Hubungan Kualitas Program Parenting Dan Pola Asuh Orang Tua Dalam Keluarga: Studi Terhadap Orang Tua Peserta Program Parenting di Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung (Other, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/33524/10/S_PLS_1305633_Appendix.pdf

Ganevi, N. (2013). Pelaksanaan Program Parenting Bagi Orang Tua Dalam Menumbuhkan Perilaku Keluarga Ramah Anak (Studi Deskriptif di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Ikhlas Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol 9(2). Diambil dari https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/ view/5425

Komariah, Y. (2015). Efektivitas Program Pelatihan Parenting Skill terhadap Peningkatan Pemahaman Orang Tua tentang Pola Asuh. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sunan Ampel Surabaya, Vol 5, 66–91.

Kurniawan, H., & Hermawan, R. (2017). Program Parenting Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Aá¹£-á¹¢ibyÄn: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 29–39.

Nawafilaty, T. (2020). Pola Pengasuhan Alternative Dual Career Family Dalam Pemenuhan Kebutuhan Asih Anak. Journal of Childhood Education, 2(2). Diambil dari http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/62

Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137-142–142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93

Thoha, M. (2003). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Toha, C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 570-577–577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251

Ubaidillah, U. (2020). Pengembangan Minat Belajar Kognitif Pada Anak Usia Dini. Journal of Childhood Education, 2(2). Diambil dari http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/66

Yatim, D. I., & Irwanto. (1991). Kepribadian Keluarga dan Narkotika. Jakarta: Arcan.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-03-06

How to Cite

Dahliana, D., & Irayana, I. (2020). PERUBAHAN PERSEPSI POLA ASUH PESERTA SETELAH MENGIKUTI PROGRAM SEKOLAH IBU DAN CALON IBU KOTA BANJARMASIN. JCE (Journal of Childhood Education), 3(2), 96–110. https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.90