Analisis Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara dalam Tinjauan Alquran

Authors

  • Sholikah Sholikah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Muhammad Aziz Institut Agama Islam Al-Hikmah Tuban

DOI:

https://doi.org/10.30736/adk.v18i1.1464

Keywords:

Ki Hajar Dewantara, Pendidikan Multikultual, Alquran, Musyawarah, Persaudaraan, dan Toleransi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis pemikiran pendidikan multikultural Ki Hajar Dewantara dalam tinjauan Alquran. Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan seseorang dalam mengembangkan dirinya menjadi insan yang sempurna, sementara keragaman masyarakat menuntut agar pendidikan mampu menyesuaikan dengan kultur yang ada sehingga memerlukan penegasan tentang pendidikan yang multikultural, hal ini juga menjadi salah satu konsen dari pemikiran Ki Hajar Dewantara. Gagasan pendidikan multikultural tersebut dielaborasi lebih lanjut dengan beberapa konsep yang terdapat pada Alquran. Penelitian ini termasuk kategori deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan kepustakaan, dengan pendekatan kajian tokoh, guna mendalami dan menganalisa gagasan Ki Hajar Dewantara, khususnya tentang pendidikan multikultural. Pengumpulan datanya dengan studi dokumentasi dan kepustakaan, sedangkan untuk analisanya mengunakan analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, menunjukkan bahwa pendidikan multikultural adalah Pendidikan yang menitikberatkan pada penegasan, pengesahan, penanaman kesadaran, pengembangan akhlak setiap warga Negara agar memiliki adab, persaudaraan, tolong-menolong, serta menumbuhkan sikap toleransi dalam hidup berdemokrasi (musyawarah dan dialog). Pendidikan multikutural dalam pandangan Ki Hajar Dewantara merupakan pendidikan yang sangat menjunjung tinggi berbagai budaya yang terdapat di nusantara. Kedua, berbagai asas-asas pendidikan multikultur yang menjadi isi atau materi pendidikan Ki Hajar Dewantara tersebut diatas juga selaras dengan berbagai nilai yang terdapat dalam Alquran, diantaranya: QS. Ali Imron ayat 64 tentang prinsip musyawarah dan demokrasi, QS Al-Nisa ayat 131 tentang persaudaraan, QS. Al-Baqoroh ayat 256 tentang kebebasan memeluk agama, QS al-Maidah ayat 69 tentang pengakuan agama lain selain Islam, dan QS Al-Hujurat ayat 13 tentang humanis dan toleransi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, Muhammad Syukri. Konsep Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara dalam Perspektif Islam, Salatiga: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2019. From: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5342/1/Skripsi%20%20Syukri%2011114051%20%28Autosaved%29.pdf

Abdullah, Amin. Pendidikan Agama Era Multikultural Multireligius, Jakarta: PSAP, 2011.

Arif, Mukhrizal. dkk., Pendidikan Postmodernisme: Telaah Kritis Pemikiran Tokoh Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Agama: Membangun Multikulturalisme Indonesia, dalam Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 2005.

Aziz, Muhammad; SHOLIKAH, Sholikah. Metode istinbat Hukum Zakat Profesi Perspektif Yusuf Al- Qardawi dan Implikasinya melawan pengembangan Objek Zakat Di Indonesia. Jurnal ULUL ALBAB Studi Islam, [ Sl.], v.16, n. 1, hal. 89 - 116, sep. 2015. ISSN 2442-5249. Tersedia di: < http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ululalbab/article/view/3039 >. Tanggal diakses: 13 Desember 2019. doi : http://dx.doi.org/10.18860/ua.v16i1.3039 . _

Aziz, Muhammad. (2018). Perspektif Maqashid Al- Syariah dalam Penyelenggaraan jaminan Produk Halal di Indonesia Pasca Berlakunya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang jaminan Produk Halal. Al Hikmah: Jurnal studi Keislaman, 7 (2), 78-94. https://doi.org/10.36835/hjsk.v7i2.3284

Aziz, Muhammad, Ahmad Rofiq, and Abdul Ghofur. “Regulasi Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal Di Indonesia Perspektif Statute Approachâ€. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1 (September 1, 2019): 151-170. Accessed May 21, 2020. http://islamica.uinsby.ac.id/index.php/islamica/article/view/577

Aziz, Muhammad, Maftuh Maftuh, Bayu Mujrimin, Moh. Agus Sifa', Sandro Wahyu Permadi. Providing Incentive Guarantees and Privileges for Health Services in the Implementation of Legal Protection for Health Workers During the Covid-19 Pandemic, De Jure: Jurnal Hukum dan Syar'iah, Vol 14, No 1 (2022), 111-124. Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, https://doi.org/10.18860/j-fsh.v14i1.15280.

Aziz, M. (2021). SIGNIFIKANSI PERANGKAT IJTIHAD DALAM KAJIAN UṢHŪL FIQH. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 123-140. https://doi.org/10.36835/hjsk.v11i2.3658.

Aziz, Muhammad, Abdul Ghofur dan Niswatin Nurul Hidayati, Regulation on the Implementation of Halal Product Assurance in Indonesia: Statute Approaches Study, Ulul Albab: Jurnal Studi dan Penelitian Hukum Islam, LPPM UNISSULA, Vol. 4, No. 1, 2021.

Basri, Hasan. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Daradjat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. 4; Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Hidayah, R. N. Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara, Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 9(2), 2015.

Ibrahim. Rustam. Pendidikan Multikultural; Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam, Addin, Vol. 7. Februari 2013.

Ilyas, Usman., Wa Ode Murima La Ode Alumu, Integralisasi Budaya dalam Sistem Pendidikan Nasional, Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman Vol. 11 No. 2, 2019 ISSN: 1907-2740, E-ISSN: 2613-9367, h. 173-184. From: http://journal.iain-ternate.ac.id/index.php/foramadiahi/issue/view/41

Madani, Abdul Hai. “Freedom and Its Concept in Islam.†International Conference on Humanities, Historical and Sosial Sciences 17,2 Singapore, 2011.

Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Maksum, Ali. Pluralisme dan Multikulturalisme. Malang: Aditya Media Publishing, 2012.

Mustafida, Fita., dan Yaqub Cikusin, Pembelajaran Nilai Multikultural dalam Budaya Madrasah di MIN 1 Kota Malang, Jurnal Pendidikan Multikultural, Vol. 3, No. 1, 2019, h. 21-36. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/2550-6708-2-PB.pdf

Muthoifin, Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara, Intizar: Vol. 21, No 2, 2015. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/314-Article%20Text-609-1-10-20151020.pdf

Naim, Ngainun. dan Achmad Sauqi, Pendidikan Mulltikultural: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Nata, Abuddin. Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2005.

Nurbaiti, Pemaksaan Dalam Pendidikan dan Prestasi Belajar, HIKMAH, Vol. XV, No. 1, 2019, h. 25-50. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/124-207-1-SM%20(1).pdf

Nurjanah, Ida. Pendidikan Multikultural dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia (telaah atas Pemikiran Ki Hajar Dewantara), Al-Ikhtibar: Vol. 5, 2018. h. 582-583. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/496-Article%20Text-5512-1-10-20200804.pdf

Riyanto, Wahyu Hidayat. dan Achmad Mohyi, Metodologi Penelitian Ekonomi, Malang: UM Malang Press, 2020.

Ruslan, Idrus. Etika Islam dan Semangat Pluralisme Agama di Era Global, Al-Adyan, Vol.5, No.1, 2010, h. 1-16. From: https://media.neliti.com/media/publications/58146-ID-none.pdf.

Sholikah, Fatah Syukur, Mahfud Junaedi, Islamic Higher Education Branding in The Coastal Area Perspective of Hermawan Kartajaya’s PDB Triangle Theory. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 16, No. 1. 2021.

Sholikah Sholikah, Fatah Syukur, Mahfud Junaedi, Islamic Education Marketing Discourse From Maslahah Perspective. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 14, No. 02. 2021.

Sholikah, Nurotun Mumtahanah, KONSTRIBUSI KEBANGSAAN KIAI HASYIM ASY’ARI: Membangun Relasi Harmonis Islam dan Indonesia. Akademika: Jurnal Keislaman. Vol. 15, No. 01. 2021.

Sholikah; Syukur, Fatah; Junaedi, Mahfud; Aziz, Muhammad, Pendidikan dalam Al-Qur’an Perspektif Abdurrahman Saleh Abdullah dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman. Vol. 10, No. 1. 2020.

Tokoh Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Potret Pendidikan Agustus 12, 2019, h. 164. From: https://potretpendidikan.com/tokoh-pendidikan-ki-hadjar-dewantara/

Utami. P. N., Konsep Pendidikan Karakter menurut Ki Hajar Dewantara Doctoral disertation, IAIN Salatiga, 2017.

Wardah, Emawati. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Media Imprint Kawan Pustaka, 2017.

We’u, G., Urgensi Pendidikan Multikultural: sebuah Jawaban atas Problematika Pluralitas. JIPD: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 4 (2), 2020.

Wulandari, Taat. Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY Press, 2020.

Yanuarti, Eka., Devi Purnama Sari HS, Analisis Perbandingan Pendidikan Multikultural (Indonesia, Amerika, Kanada, Inggris), At-Ta’lim, Vol. 19, No. 1, 2020. h. 46-65. From: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/2202/2754

Yusuf, Achmad. Strategi Pembentukan Karakter Inklusif-Pluralis melalui Keteladanan Multikultural Kiai di Pesantren Ngalah Pasuruan, Jurnal Pendidikan Multikultural, Vol. 3, No. 1, 2019, h. 1-20. From: file:///C:/Users/Asus/Downloads/2549-6707-1-PB.pdf

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-06-30

How to Cite

Sholikah, S., & Aziz, M. (2024). Analisis Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara dalam Tinjauan Alquran. Akademika, 18(1). https://doi.org/10.30736/adk.v18i1.1464

Issue

Section

Articles