EFEKTIVITAS MEDIA WAYANG KARDUS TERHADAP PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK AWALIDIL JANNAH TIMBULUN
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1090Keywords:
Media, Wayang Kardus, Keterampilan Berbicara Anak,Abstract
ABSTRAK Peneliti melakukan kegiatan penelitian ini bertujuan supaya melihat keefektifan dari wayang kardus sebagai media pembelajaran dalam melatih keterampilan anak dari segi berbicara di Taman Kanak-Kanak (TK) Awalidil Jannah Timbulun. Peneliti melakukan aktivitas penelitian ini menggunakan pendekkan kuantitatif, sementara untuk jenis penelitiannya ialah quasi eksperimen. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji validasi instrument dengan pakar ahli di bidang bahasa anak usia dini dan pengujian instrument penelitian agar diperoleh hasil yang valid dan reliable. Analisis data dalam kegiatan penelitian ini ialah uji hipotesis dan uji effect size, uji tersebut bertujuan untuk melihat seberapa pengaruhnya media wayang dalam membentuk keterampilan anak untuk berbicara. Namun sebelum itu, peneliti melakukan uji normalitas dan uji homogenitas agar mengetahui data yang peneliti peroleh dari responden berdistribusi normal dan mempunyai varian yang homogen. 0.009 merupakan hasil hipotesis yang peneliti peroleh dari kegiatan penelitian ini, sedangkan untuk uji effect size didapatkan hasil sebanyak 4.73. Maka dari itu, bisa disimpulkan bawah adanya perbedaan yang signifikan dalam penggunaan wayang sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini di lokasi peneliti melakukan kegiatan penelitian ini.References
Alfatihaturrohmah, Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 101–109.
Azizah, N., & Kurniwati, Y. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau dari Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 50–57.
Bachri, B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosesnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Deprianti, D., Wigati, I., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Media Wayang terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini Kelompok B di Raudahtul Athfal Plus Fatahul Wardah Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1065–1074.
Dhieni, N. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Handayani, N. W. K., Wirya, N., & Ujianti, P. R. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Wayang Kertas untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2), 1–8.
Hurlock, E. H. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Izzati, L., & Yulsyofriend, Y. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481.
Katoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Mulyasa, H. E. (2014). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muryanti, E. (2019). Bercerita Sebagai Pendekatan Humanistik dalam Stimulasi Bahasa Anak. E-Tech, 7(2), 1–10.
Nuriani, N. W., Lasmawan, I. W., & Sutama, I. M. (2014). Efektivitas Metode Bercerita dengan Alat Peraga Tiruan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Minat Belajar Anak di Kelompok B TK Barunawati Denpasar - Bali. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 14(1), 1–10.
Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.
Oktavian, P. B. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B dengan Media Wayang di PAUD Karunia Ilahi Prabumulih. Sriwijaya University.
Putri, N. I., & Muryanti, E. (2021). Persepsi Guru dalam Mengembangkan Bahasa Anak melalui Bermain Peran di Lubuk Alai. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 240–253.
Rahmawati, F., Gunayasa, I. B. K., & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Induktif Kata Bergambar terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas III SDN Di Gugus IV Labuapi Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 35–43.
Shanie, A., & Fadhilah, C. N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 1–18.
Suryadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Triana, W. A., & Khotimah, N. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop Up terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 8(1), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.