EFEKTIVITAS MEDIA WAYANG KARDUS TERHADAP PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK AWALIDIL JANNAH TIMBULUN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1090

Keywords:

Media, Wayang Kardus, Keterampilan Berbicara Anak,

Abstract

ABSTRAK Peneliti melakukan kegiatan penelitian ini bertujuan supaya melihat keefektifan dari wayang kardus sebagai media pembelajaran dalam melatih keterampilan anak dari segi berbicara di Taman Kanak-Kanak (TK) Awalidil Jannah Timbulun. Peneliti melakukan aktivitas penelitian ini menggunakan pendekkan kuantitatif, sementara untuk jenis penelitiannya ialah quasi eksperimen. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji validasi instrument dengan pakar ahli di bidang bahasa anak usia dini dan pengujian instrument penelitian agar diperoleh hasil yang valid dan reliable. Analisis data dalam kegiatan penelitian ini ialah uji hipotesis dan uji effect size, uji tersebut bertujuan untuk melihat seberapa pengaruhnya media wayang dalam membentuk keterampilan anak untuk berbicara. Namun sebelum itu, peneliti melakukan uji normalitas dan uji homogenitas agar mengetahui data yang peneliti peroleh dari responden berdistribusi normal dan mempunyai varian yang homogen. 0.009 merupakan hasil hipotesis yang peneliti peroleh dari kegiatan penelitian ini, sedangkan untuk uji effect size didapatkan hasil sebanyak 4.73. Maka dari itu, bisa disimpulkan bawah adanya perbedaan yang signifikan dalam penggunaan wayang sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini di lokasi peneliti melakukan kegiatan penelitian ini.

Author Biographies

Indah Milla Sari Putri, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa S1 PG-PAUD

Elise Muryanti, Universitas Negeri Padang

Dosen S2 PGPAUD

References

Alfatihaturrohmah, Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 101–109.

Azizah, N., & Kurniwati, Y. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau dari Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 50–57.

Bachri, B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosesnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Deprianti, D., Wigati, I., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Media Wayang terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini Kelompok B di Raudahtul Athfal Plus Fatahul Wardah Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1065–1074.

Dhieni, N. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Handayani, N. W. K., Wirya, N., & Ujianti, P. R. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Wayang Kertas untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2), 1–8.

Hurlock, E. H. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Izzati, L., & Yulsyofriend, Y. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481.

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Mulyasa, H. E. (2014). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muryanti, E. (2019). Bercerita Sebagai Pendekatan Humanistik dalam Stimulasi Bahasa Anak. E-Tech, 7(2), 1–10.

Nuriani, N. W., Lasmawan, I. W., & Sutama, I. M. (2014). Efektivitas Metode Bercerita dengan Alat Peraga Tiruan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Minat Belajar Anak di Kelompok B TK Barunawati Denpasar - Bali. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 14(1), 1–10.

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.

Oktavian, P. B. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B dengan Media Wayang di PAUD Karunia Ilahi Prabumulih. Sriwijaya University.

Putri, N. I., & Muryanti, E. (2021). Persepsi Guru dalam Mengembangkan Bahasa Anak melalui Bermain Peran di Lubuk Alai. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 240–253.

Rahmawati, F., Gunayasa, I. B. K., & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Induktif Kata Bergambar terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas III SDN Di Gugus IV Labuapi Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 35–43.

Shanie, A., & Fadhilah, C. N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 1–18.

Suryadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Triana, W. A., & Khotimah, N. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop Up terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 8(1), 1–6.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-01-24

How to Cite

Putri, I. M. S., & Muryanti, E. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA WAYANG KARDUS TERHADAP PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK AWALIDIL JANNAH TIMBULUN. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 498–515. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1090

Issue

Section

Articles