EFEKTIVITAS MEDIA WAYANG KARDUS TERHADAP PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK AWALIDIL JANNAH TIMBULUN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfatihaturrohmah, Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 101–109.
Azizah, N., & Kurniwati, Y. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau dari Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 50–57.
Bachri, B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosesnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Deprianti, D., Wigati, I., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Media Wayang terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini Kelompok B di Raudahtul Athfal Plus Fatahul Wardah Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1065–1074.
Dhieni, N. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Handayani, N. W. K., Wirya, N., & Ujianti, P. R. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Wayang Kertas untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2), 1–8.
Hurlock, E. H. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Izzati, L., & Yulsyofriend, Y. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481.
Katoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Mulyasa, H. E. (2014). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muryanti, E. (2019). Bercerita Sebagai Pendekatan Humanistik dalam Stimulasi Bahasa Anak. E-Tech, 7(2), 1–10.
Nuriani, N. W., Lasmawan, I. W., & Sutama, I. M. (2014). Efektivitas Metode Bercerita dengan Alat Peraga Tiruan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Minat Belajar Anak di Kelompok B TK Barunawati Denpasar - Bali. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 14(1), 1–10.
Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.
Oktavian, P. B. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B dengan Media Wayang di PAUD Karunia Ilahi Prabumulih. Sriwijaya University.
Putri, N. I., & Muryanti, E. (2021). Persepsi Guru dalam Mengembangkan Bahasa Anak melalui Bermain Peran di Lubuk Alai. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 240–253.
Rahmawati, F., Gunayasa, I. B. K., & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Induktif Kata Bergambar terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas III SDN Di Gugus IV Labuapi Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 35–43.
Shanie, A., & Fadhilah, C. N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 1–18.
Suryadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Triana, W. A., & Khotimah, N. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop Up terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 8(1), 1–6.
DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1090
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JCE indexed by