ANALISIS PENGENALAN LITERASI DIGITAL BAGI ANAK USIA DINI PADA MASA NEW NORMAL
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.564Keywords:
Literasi Digital, Anak Usia Dini, Masa New Normal,Abstract
Penelitian ini berdasarkan pengamatan pada masa pandemi Covid-19 yang memperlihatkan bahwa sistem pembelajaran di Taman Kanak-Kanak berganti dari tatap muka menjadi sistem Belajar Dari Rumah yang mengakibatkan anak pada Taman Kanak-Kanak menggunakan teknologi digital sebagai sarana penunjang untuk belajar. Terlebih lagi saat ini merupakan era digitalisasi, semua serba digital dimana pengguna teknologi digital bukan hanya orang dewasa atau remaja saja, namun anak usia dini juga. Tujuan penelitian ini untuk memahami bagaimana pengenalan literasi digital pada anak-anak usia dini pada masa new normal.  Jenis penelitian yang dipakai adalah studi literatur melalui pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber primer dan sekunder berupa buku referensi, artikel jurnal dan hasil penelitian yang relevan dengan kajian penelitian. Setelah mengumpulkan dan mendapatkan data yang sesuai dengan kajian penelitian kemudian data dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini ialah pengenalan literasi digital bagi anak usia dini perlu dilakukan karena perkembangan teknologi semakin pesat dan tingkat penggunaan teknologi digital oleh anak usia dini semakin tinggi, perubahan metode belajar yang memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran anak usia dini, sehingga anak mau tidak mau harus bersentuhan dengan teknologi digital. Terdapat manfaat positif dari pengenalan literasi digital untuk diri anak dan perlunya keterampilan literasi digital untuk meminimalisir dampak buruk penggunaan teknologi digital oleh anak. Pengenalan literasi digital ini memerlukan kerjasama antara anak, orangtua dan guru dengan harapan anak kelak tumbuh menjadi generasi yang cakap akan teknologi digital dan dapat memanfaatkan teknologi digital dengan pola pikir yang positif dan kreatif.
References
Alia, T., & Irwansyah. (2018a). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1).
Alia, T., & Irwansyah, I. (2018b). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639
Anggeraini, Y. (2019). Literasi Digital: Dampak dan Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Anggrita, N. L. (2019). Edukasi Literasi Digital pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Perangkat Gawai Sehari-Hari.
APJII. (2020). Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020: Ada Kenaikan 25,5 Juta Pengguna Internet Baru di RIo Title. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI74November2020.pdf
Asari, A. (2014). Kesiapan Perpustakaan dalam Menerapkan Teknologi Informasi.
Chassiakos, R. Y. et al. (2016). Children and Adolescents and Digital Media. Pediatrics, 138.
Emarketer. (2014). 2 Billion Consumers Worldwide to Get Smart(phones) by 2016. https://www.emarketer.com/Article/2-Billion-Consumers-Worldwide-Smartphones-by-2016/1011694
Fatimah. (2020). Literasi Digital dan Hubungannya Terhadap Perilaku Anak Usia Dini di PAUD. Jurnal Ilmu Komunikasi., 9.
Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak di Era Digital bagi Orang Tua Milenial. Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan., 11.
Griffith, K. (2020). The “New Normal†After Corona Viruses. https://www.ksn.com/news/capitol-bureau/the-new-normal-after-coronavirus/
Harjono, H. (2019). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa.Title. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1).
Husnaini, N. (2018). Pengenalan Literasi juga Dapat Dikatakan Bersifat Holistic, karena Pengkondisian Lingkungan Kelas Maupun Lingkungan Sekolah yang Kaya akan Nuansa Literasi. Jurnal Pendidikan Anak, 7.
Khasanah, U., & Herina. (2020). Membangun Karakter Siswa melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Kurnia, N. (2017). Literasi Digital Keluarga: Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua terhadap Anak dalam Berinternet (Seri Literasi Digital).
Munawar, M., & dkk. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Muryanti, E. (2011). Bahasa inggris untuk anak usia dini. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Q8CH7S0AAAAJ&citation_for_view=Q8CH7S0AAAAJ:YsMSGLbcyi4C
Mustofa, & Budiwati. (2019). proses literasi digital terhadap anak: tantangan pendidikan di zaman now.
Nasrullah, R., Aditya, W., & Satya, T. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital Gerakan Literasi Nasional.
Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 8(1).
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini., 2.
Rachmat, I. F., & Hartati. (2020). Literasi Digital Orangtua Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda, 7(2).
Rahmah, A. (2015). Digital Literacy Learning System for Indonesian Citizen. In Procedia Computer Science, 72.
Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5.
Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. ISBN.978-602-50088-0-1.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini., 5.
Wulandari, P. Y. (2016). Anak Asuhan Gadget. https://www.liputan6.com/health/read/2460330/anak-asuhan-gadget
Yusuf. (2020). Proses Literasi Digital Bagi Anak (Peserta Didik). https://lpmp-sumut.kemdikbud.go.id/proses-literasi-digital-bagi-anak-peserta-didik-4/
Zaini, M., & Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.