ANALISIS PENGENALAN LITERASI DIGITAL BAGI ANAK USIA DINI PADA MASA NEW NORMAL

Authors

  • Desi Nur Safitri Universitas Negeri Padang
  • Elise Muryanti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.564

Keywords:

Literasi Digital, Anak Usia Dini, Masa New Normal,

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pengamatan pada masa pandemi Covid-19 yang memperlihatkan bahwa sistem pembelajaran di Taman Kanak-Kanak berganti dari tatap muka menjadi sistem Belajar Dari Rumah yang mengakibatkan anak pada Taman Kanak-Kanak menggunakan teknologi digital sebagai sarana penunjang untuk belajar. Terlebih lagi saat ini merupakan era digitalisasi, semua serba digital dimana pengguna teknologi digital bukan hanya orang dewasa atau remaja saja, namun anak usia dini juga. Tujuan penelitian ini untuk memahami bagaimana pengenalan literasi digital pada anak-anak usia dini pada masa new normal.  Jenis penelitian yang dipakai adalah studi literatur melalui pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber primer dan sekunder berupa buku referensi, artikel jurnal dan hasil penelitian yang relevan dengan kajian penelitian. Setelah mengumpulkan dan mendapatkan data yang sesuai dengan kajian penelitian kemudian data dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini ialah pengenalan literasi digital bagi anak usia dini perlu dilakukan karena perkembangan teknologi semakin pesat dan tingkat penggunaan teknologi digital oleh anak usia dini semakin tinggi, perubahan metode belajar yang memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran anak usia dini, sehingga anak mau tidak mau harus bersentuhan dengan teknologi digital. Terdapat manfaat positif dari pengenalan literasi digital untuk diri anak dan perlunya keterampilan literasi digital untuk meminimalisir dampak buruk penggunaan teknologi digital oleh anak. Pengenalan literasi digital ini memerlukan kerjasama antara  anak, orangtua dan guru dengan harapan anak kelak tumbuh menjadi generasi yang cakap akan teknologi digital dan dapat memanfaatkan teknologi digital dengan pola pikir yang positif dan kreatif.

References

Alia, T., & Irwansyah. (2018a). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1).

Alia, T., & Irwansyah, I. (2018b). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Anggeraini, Y. (2019). Literasi Digital: Dampak dan Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Anggrita, N. L. (2019). Edukasi Literasi Digital pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Perangkat Gawai Sehari-Hari.

APJII. (2020). Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020: Ada Kenaikan 25,5 Juta Pengguna Internet Baru di RIo Title. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI74November2020.pdf

Asari, A. (2014). Kesiapan Perpustakaan dalam Menerapkan Teknologi Informasi.

Chassiakos, R. Y. et al. (2016). Children and Adolescents and Digital Media. Pediatrics, 138.

Emarketer. (2014). 2 Billion Consumers Worldwide to Get Smart(phones) by 2016. https://www.emarketer.com/Article/2-Billion-Consumers-Worldwide-Smartphones-by-2016/1011694

Fatimah. (2020). Literasi Digital dan Hubungannya Terhadap Perilaku Anak Usia Dini di PAUD. Jurnal Ilmu Komunikasi., 9.

Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak di Era Digital bagi Orang Tua Milenial. Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan., 11.

Griffith, K. (2020). The “New Normal†After Corona Viruses. https://www.ksn.com/news/capitol-bureau/the-new-normal-after-coronavirus/

Harjono, H. (2019). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa.Title. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1).

Husnaini, N. (2018). Pengenalan Literasi juga Dapat Dikatakan Bersifat Holistic, karena Pengkondisian Lingkungan Kelas Maupun Lingkungan Sekolah yang Kaya akan Nuansa Literasi. Jurnal Pendidikan Anak, 7.

Khasanah, U., & Herina. (2020). Membangun Karakter Siswa melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Kurnia, N. (2017). Literasi Digital Keluarga: Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua terhadap Anak dalam Berinternet (Seri Literasi Digital).

Munawar, M., & dkk. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Muryanti, E. (2011). Bahasa inggris untuk anak usia dini. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Q8CH7S0AAAAJ&citation_for_view=Q8CH7S0AAAAJ:YsMSGLbcyi4C

Mustofa, & Budiwati. (2019). proses literasi digital terhadap anak: tantangan pendidikan di zaman now.

Nasrullah, R., Aditya, W., & Satya, T. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital Gerakan Literasi Nasional.

Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 8(1).

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini., 2.

Rachmat, I. F., & Hartati. (2020). Literasi Digital Orangtua Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda, 7(2).

Rahmah, A. (2015). Digital Literacy Learning System for Indonesian Citizen. In Procedia Computer Science, 72.

Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. ISBN.978-602-50088-0-1.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini., 5.

Wulandari, P. Y. (2016). Anak Asuhan Gadget. https://www.liputan6.com/health/read/2460330/anak-asuhan-gadget

Yusuf. (2020). Proses Literasi Digital Bagi Anak (Peserta Didik). https://lpmp-sumut.kemdikbud.go.id/proses-literasi-digital-bagi-anak-peserta-didik-4/

Zaini, M., & Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-10-18

How to Cite

Safitri, D. N., & Muryanti, E. (2021). ANALISIS PENGENALAN LITERASI DIGITAL BAGI ANAK USIA DINI PADA MASA NEW NORMAL. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 303–319. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.564