EFEKTIVITAS METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK IT AL-KAUTSAR KECAMATAN LUBUK BEGALUNG PADANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1094

Keywords:

metode bercerita, media boneka tangan, keterampilan berbicara anak,

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, keterampilan anak dalam berbicara masih rendah yaitu dengan metode bercerita. Anak belum mampu menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita, anak belum mampu mengulang kembali isi cerita dan anak tidak konsentrasi mendengarkan cerita. Kegiatan penelitian ini peneliti lakukan bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media boneka tangan efektif terhadap keterampilan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak (TK) IT Al-Kautsar Padang. Peneliti memakai pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini, sementara untuk jenis penelitiannya peneliti memakai jenis quasi eksperimen. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji validasi instrumendengan pakar ahli bidang bahasa anak usia dini dan pengujian instrument penelitianagar diperoleh hasil yang valid dan reliable. Pemberian skor ialah teknik penalian yang peneliti pakai dengan cara pemberian skor tersebut pada setiap pencapai anak yang sejalan dengan indikator dalam instrumen penelitian. Teknik analis yang peneliti pakai ialah uji hipotesis dan uji effect size, namun sebelum uji tersebut dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui data yang diperoleh dari subjek penelitian berdistribusi normal dan mempunyai varian yang homogen. 0.000 ialah nilai signifikan yang diperoleh dari uji hipotesis, sementara nilai 2.56 ialah nilai yang diperoleh dari uji effect size yang artinya adanya suatu pengaruh kuat. Maka dari itu, bisa diketahui bahwa pemakaian dari boneka tangan mempunyai efektif terhadap keterampilan anak dalam berbicara.

Author Biographies

Bunga Putri Arief, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa S1 PGPAUD

Elise Muryanti, Universitas Negeri Padang

Dosen S2 PGPAUD

References

Bachri, B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosesnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dahlia, & Suyadi. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013: Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Dhieni, N. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau untuk Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 152–163.

Evanofiana, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Bercerita melalui Permainan Boneka Jari di Taman Kanak-kanak Rahmah Abadi Padang. Universitas Negeri Padang.

Hurlock, E. H. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Musfiroh. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Grasindo.

Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Bermain dengan Media Hulahoop pada Anak Kelompok B PAUD Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 6–12.

Sari, E. L., & Solikin, A. (2017). Efektivitas Pelatihan Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Peserta Didik Ra Mawaddah Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 26–31.

Sayekti, T., & Lubis, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Boneka Tangan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 1(1), 385–389.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suryaningsih, C., Pawesti, G. D. A., & Imelisa, R. (2020). Bercerita dengan Boneka Kertas Dapat Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 8(1), 72–78.

Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-01-31

How to Cite

Arief, B. P., & Muryanti, E. (2023). EFEKTIVITAS METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK IT AL-KAUTSAR KECAMATAN LUBUK BEGALUNG PADANG. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 536–554. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1094

Issue

Section

Articles