EFEKTIVITAS METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK IT AL-KAUTSAR KECAMATAN LUBUK BEGALUNG PADANG
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1094Keywords:
metode bercerita, media boneka tangan, keterampilan berbicara anak,Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi, keterampilan anak dalam berbicara masih rendah yaitu dengan metode bercerita. Anak belum mampu menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita, anak belum mampu mengulang kembali isi cerita dan anak tidak konsentrasi mendengarkan cerita. Kegiatan penelitian ini peneliti lakukan bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media boneka tangan efektif terhadap keterampilan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak (TK) IT Al-Kautsar Padang. Peneliti memakai pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini, sementara untuk jenis penelitiannya peneliti memakai jenis quasi eksperimen. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji validasi instrumendengan pakar ahli bidang bahasa anak usia dini dan pengujian instrument penelitianagar diperoleh hasil yang valid dan reliable. Pemberian skor ialah teknik penalian yang peneliti pakai dengan cara pemberian skor tersebut pada setiap pencapai anak yang sejalan dengan indikator dalam instrumen penelitian. Teknik analis yang peneliti pakai ialah uji hipotesis dan uji effect size, namun sebelum uji tersebut dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui data yang diperoleh dari subjek penelitian berdistribusi normal dan mempunyai varian yang homogen. 0.000 ialah nilai signifikan yang diperoleh dari uji hipotesis, sementara nilai 2.56 ialah nilai yang diperoleh dari uji effect size yang artinya adanya suatu pengaruh kuat. Maka dari itu, bisa diketahui bahwa pemakaian dari boneka tangan mempunyai efektif terhadap keterampilan anak dalam berbicara.
References
Bachri, B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosesnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dahlia, & Suyadi. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013: Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Dhieni, N. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau untuk Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 152–163.
Evanofiana, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Bercerita melalui Permainan Boneka Jari di Taman Kanak-kanak Rahmah Abadi Padang. Universitas Negeri Padang.
Hurlock, E. H. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Katoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Musfiroh. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Grasindo.
Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Bermain dengan Media Hulahoop pada Anak Kelompok B PAUD Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 6–12.
Sari, E. L., & Solikin, A. (2017). Efektivitas Pelatihan Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Peserta Didik Ra Mawaddah Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 26–31.
Sayekti, T., & Lubis, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Boneka Tangan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 1(1), 385–389.
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Suryaningsih, C., Pawesti, G. D. A., & Imelisa, R. (2020). Bercerita dengan Boneka Kertas Dapat Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 8(1), 72–78.
Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.