Analisis Metode Aritmatika Menggunakan Media Jari untuk Mengembangkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelompok B di TK Al Multazam Surabaya

Authors

  • Indri Dwi Isnaini STKIP Bina Insan Mandiri
  • Endah Nikmahtus Sholikhah TK Al Multazam

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1773

Keywords:

Kemampuan Penjumlahan, Media Jari, Metode aritmatika,

Abstract

Aspek kognitif anak usia dini dapat dilihat dari kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan serta menghitung pada batas tertentu bahkan mengenal pertambahan dan pengurangan secara sederhana oleh karna itu kemampuan dasar matematika perlu dirangsang dan dikembangkan sejak dini. Penelitihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun kelompok B melalui media jari di Tk Al-Multazam. Penelitian yang akan dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengamati orang-orang dalam lingkungannya, berinteraksi dengan mereka, berusaha memahami bahasa dan tafsiran mereka tentang dunia sekitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penjumlahan anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Multazam mengalami peningkatan setelah menggunakan media jari. Dalam peningkatan kemampuan penjumlahan ini terlihat dari aspek belajar dan memecahkan masalah, berfikir logis serta berfikir simbolik yang dimiliki anak.

References

Ahdin, N. (2021). Penerapan Metode Aritmatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di RA Al-Hidayah Tahun Ajaran 2020/2021. Semarang: Skripsi, IAIN Walisongo.

Al Adawiyah, N. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Aritmatika Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B di RA Rahmatul Huda Kota Tangerang. Jakarta: Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fita, A. (2021). Penggunaan Media Sempoa Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al-Jaronah Bukit Kemuning Lampung Utara. Lampung: Disertasi, UIN Raden Intan Lampung.

Hamalik, O. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud RI.

Mardiana, D. (2017). Mengembangkan Kemampuan Aritmatika Siswa Paud Melalui Permainan Tikar Bilangan. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 109–115.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mukti, A. (2021). Implementasi Penggunaan Sempoa dalam Pembelajaran Pengenalan Berhitung di Taman Kanak-kanak Darul Ulum Jambesari Lengkong Mumbulsari Jember. Jember: LP2M IAIN Jember.

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162.

Septiyawili, B. Y. (2016). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kecepatan Berhitung Perkalian Bilangan 6 Sampai 10 Untuk Siswa SD Kelas 3 Di SD Blunyahan1 Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Singarimbun, M., & Efendi, S. (2014). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Sinta, L. (2021). Pengaruh Disposisi Matematis dan Self Concept terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Islam Wajak. Malang: Skripsi, Universitas Islam Malang.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, E., Setiasih, O., Romadona, N. F., & Handayani, H. (2018). Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Proyek Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 29–36.

Wijayanto, G. A. (2021). Etnomatematika Pada Penjualan Buah di Lapak Rambipuji Jember. Jember: Skripsi, Universitas Muhammadiyah Jember.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-23

How to Cite

Isnaini, I. D., & Sholikhah, E. N. (2023). Analisis Metode Aritmatika Menggunakan Media Jari untuk Mengembangkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelompok B di TK Al Multazam Surabaya. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 128–137. https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1773