PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI VEGETABLE PLANTING BOX UNTUK ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.628Keywords:
Pengembangan Produk, Vegetable Planting Box,Abstract
Pembelajaran secara daring yang dilakukan secara terus menerus membuat anak-anak cepat merasa bosan. Pengalihan aktivitas yang menyenangkan bagi anak adalah sebuah aktivitas yang memberikan kesempatan  kepada anak untuk bebas bereksplorasi. Salah satunya yaitu dengan mengajak anak menanam. Anak diajak kerjasama dimulai dari bagaimana cara menanam sayuran, cara merawat, hingga memanen. Tanpa disadari disitu kita sudah mengajarkan kepada anak tentang bagaimana menghargai proses. Media yang digunakan dalam kegiatan menanam ini adalah dengan menggunakan sebuah kotak yang isinya peralatan menanam beserta benih tanaman sayurnya yang dilengkapi dengan buku petunjuk menanam dan cara merawat tanamannya. Buku petunjuk isinya tentang bagaimana cara menanam, merawat, dan memanen. Media edukasi vegetable Planting box ini di rancang semenarik mungkin sehingga membuat anak menjadi semangat untuk menanam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) Borg dan Gall. Produk Produk Vegetable Planting Box nanti sebelum di uji coba akan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran anak usia dini. Hasil dari pengembangan produk berupa Vegetable Planting Box dari ahli media adalah 92% yang ada pada tingkat kualivikasi “sangat layakâ€, kemudian hasil validasi dari ahli materi adalah 80% pada tingkat kualivikasi “Layak†Dan yang terakhir hasil validasi dari ahli pembelajaran adalah 82% berada pada tingkat kualivikasi “Layakâ€. Kesimpulan dari pengembangan produk Vegetable Planting Box ini layak untuk digunakan anak dalam mengisi kegiatan disela-sela pembelajaran daring dirumah bersama orang tua. Produk ini memiliki banyak manfaat selain produk yang menarik dengan kemasan yang unik, Vegetable Planting Box ini juga bisa membuat anak untuk menghargai proses. Dimana ketika anak bisa melakukan kegiatan menanam dari mulai benih, merawat tanaman, hingga memanennya.References
Ahmad, S. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=FVHTdF4AAAAJ&citation_for_view=FVHTdF4AAAAJ:QUX0mv85b1cC
Fadlillah, M. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada Media.
Hartono. (2012). Paikem : pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan. Zanafa Publishing.
Hendro Wibowo. (2015). Panduan Terlengkap Hidroponik Bertanam Tanpa Media Tanah. Flash Books.
Herliana, E. (2014). 15 Sayuran Organik Dalam Pot. Penebar Swadaya.
Kebudayaan, M. P. dan. (2015). Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
Marliza. (2012). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PERMAINAN MELUKIS DENGAN KUAS TAMAN KANAK-KANAK PASAMAN BARAT. Pesona PAUD, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/1687
Masitoh, Laksmi Dewi. (2009). Strategi Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Islam Depag RI.
Melinda, P. (2020). Implementasi Kegiatan Bercocok Tanam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B Di Tk Dharma Bakti Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negri (Iain).
Muninggar Herdianing, A. S. (2013). Desain Sarana Berkebun Dan Bermain Untuk Anak Usia 4 – 6 Tahun Di Taman Kanak-kanak. Neliti.
Sutrisno dan Hary Soedarto Harjono. (2005). Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Depdiknas RI.
Syaiful Bahri, D. (2014). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.
Syamsu Roidah, I. (2014). PEMANFAATAN LAHAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM HIDROPONIK. Bonorowo, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.36563/bonorowo.v1i2.14
Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.