ANALISIS PENERAPAN METODE LOOSE PART UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Authors

  • Indri Dwi Isnaini STKIP Bina Insan Mandiri
  • Mira Pradipta Ariyanti STKIP Bina Insan Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.892

Abstract

Metode Loose Part merupakan metode pembelajaran efektif yang mampu meningkatkan kreativitas anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kreativitas anak dengan menggunakan metode Loose Partdiharapkan anak mampu berimajinasi dan percaya diri dalam pembelajaran. Anak yang percaya diri dalam berimajinasi merupakan anak yang kreatif. Metode penelitian ini merupakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan tiga tahap pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta Teknik pengumpulan data dilakukan secara trigulasi data (gabungan).Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Loose Part anak menjadi lebih percaya diri dalam mengkreasikan imajinasinya. Menggunakan metode Loose Part  ini anak tidak merasabahwa anak sedang belajar. Kesimpulannya metode pembelajaran Loose Part ini cocok digunakan untuk mengembangkan kreatifitas anak usia dini, karena aktivitasnya menyenangkan seperti bermain dan tidak ada tekanan untuk berkreasi.

References

Fakhriyani, Diana Vidya, (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.Didaktika: Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains. 4(2). 193-200

Hadiyanti, Siti Maryam,dkk. (2021) Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini.AGAPEDIA: Jurnal PAUD. 5(2). 237-245

Manispa.(2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Elex Media Komputindo.

Mohammad Jauhar. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Masganti, Dkk. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing, h. 24

Ngalimun,& dkk. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Aswaja Pressindo.

Nurjanah, N. E. (2021). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(1), 19–31.

Siskawati, & Herawati. (2021). Efektivitas Media Loose Parts di PAUD Kelompok A Pada Masa Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 15(1), 41–47.

Sit, Masganti, dkk. (2016)Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Rajawali Pirs.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.h,124

Sutrisno.(2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta: GP Press

Wiyani, Novan. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media,.h,16

Yunitasari, R., & U Hanifah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid 19. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-07-04

How to Cite

Isnaini, I. D., & Ariyanti, M. P. (2022). ANALISIS PENERAPAN METODE LOOSE PART UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 113–122. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.892

Issue

Section

Articles