Hubungan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Authors

  • Sari Meylani Universitas Negeri Padang
  • Zulminiati Zulminiati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2127

Keywords:

insentives, kindergarten teacher performance, Anak Usia Dini

Abstract

Keberhasilan penyelanggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh kesiapan guru dalam mempersiapkan anak melalui kegaiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian insentif terhadap kinerja guru anak usia ini. Jenis Penelitian menggunakan metode kuantitatif pedekatan assosiatif kausal, populasi penelitian guru Taman Kanak-kanak Kecamatan Harau berjumlah 99 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proportional random sampling didapatkan sampel sebanyak 44 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, data dianalisis menggunakan SPSS dengan analisis deskriptif dan  analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara variabel insentif dengan kinerja guru dengan hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah hubungan insentif dengan kinerja guru Taman Kanak-kanak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota sebesar 26,6% dan sisanya 73,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian insentif dapat meningkatkan kinerja guru

References

Aszhari, C., & Zulminiati. (2023). Asesmen Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak Telkom Schools Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24824–24829. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10545%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10545/8454

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521

Irfan, E., & Dananjaya, I. (2023). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Insentif Terhadap Kinerja Guru SMA PNS di Kota Depok. DINASTI Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) , 5(1), 9–15. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Janah, R., Akbar, Z., & Yetti, E. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru PAUD di Kota Depok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 234. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.236

Jumiati, Syukri, M., & Yuniarni, D. (2022). Pengaruh pemberian insentif dan motivasi kerja terhadap kinerja guru taman kanak-kanak di Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(12), 3485–3497. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i12.60832

Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.

Mustika, Y. (2019). EKSISTENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI TK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 1–19.

Rahmi, F., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Taman Kanak Kanak di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2), 37. https://doi.org/10.24036/bmp.v8i2.105043

Rizki, A. N. (2023). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Insentif, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2977–2985. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6092

Sagala. (2010). Manajemen Sumber Daya. Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. PT Raja. Grafindo.

Wilanda, N. S., & Zulminiati, Z. (2022). Pengaruh Pendekatan Eksplorasi Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 356. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.997

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-08-26

How to Cite

Meylani, S., & Zulminiati , Z. (2024). Hubungan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. JCE (Journal of Childhood Education), 8(1), 85–92. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2127