Pengaruh Media Papan Geometri Terhadap Matematika Awal Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Al Azhar 32 Padang

Authors

  • Egidia Puty Meiriza Universitas Negeri Padang
  • Zulminiati Zulminiati universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2232

Keywords:

Early childhood, early mathematics, Geometry Board

Abstract

nelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan rendahnya kemampuan matematika awal anak mengenal bentuk geometri di Taman Kanak-kanak Islam Al Azhar 32 Padang. Hal ini terjadi karena kurang menariknya penggunaan media dalam penegenalan matematika awal anak, Sehingga anak mudah bosan ketika diajarkan mengenai bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi seberapa besar pengaruh media papan geometri terhadap matematika awal anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam Al Azhar 32 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaf dengan pendekatan eksperiemn dalam bentuk quasy eksperiemen.  Menggunakan sampel penelitian di kelmpok A yang terdiri dari 10 anak di kelas eksperimen dan 10 anak di kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, untuk menguji perbedaan kemampuan matematika awal anak sesudah dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data penelitian, rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 18,7 dan 18,7 untuk kelompok kontrol, sedangkan rata-rata post-test untuk kelompok eksperimen adalah 24,7 dan 20,2 untuk kelas kontrol. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan media papan geometri dan kelas kontrol dengan menggunakan media balok adalah homogen. Hasil penelitian dapat dikatakan signifikan karena penggunaan media papan geometri memiliki keunggulan dalam mengembangkan kemampuan matematika awal anak. Keunggulan dari penggunaan media papan geometri dalam penelitian ini dapat dilakukan anak saat penggunaannya seperti mengenal bentuk, mengenal warna, membedakan ukuran dan mengurutkan berdasarkan besar-kecil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media papan geometri terhadap kemampuan matematika awal anak di Taman Kanak-kanak Islam Al Azhar 32 Padang.

References

Aisyah Izza. (2021). Pengaruh Media Tanggram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Arifuddin.Opan (2021).Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ernitasari, E. P., & Rakimahwati, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Balok terhadap Pengenalan Konsep Matematika Berbasis Seriasi pada Anak Usia 5-6 Talhun. Aud: Journal on Early Childhood, 5(2), 221–227. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.363

Fitrianingtyas, Anjar. (2021). Konsep Dasar Matematika Anak Usia Dini. Surakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Gunarti, Winda dkk.(2017). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan Mixed Method). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Khadijah & nurul Amelia.(2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada media group

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Ordering, M., Paud, D. I., & Ulul, I. T. (2014). Meningkatkan kemampuan matematika dengan menggunakan teknik mengurutkan (seriasi) dan membandingkan (ordering) di paud it ulul albaab kota bengkulu.

Sadikin, Ali. (2019). “Penanaman Nilai Nilai Kebangsaan pada Generasi muda di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sapen Yogyakarta,.” Jurnal Serambi Akademica, 7.1 (2019), 1–8, 7(1), 1–8.

Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.

Sudaryono.(2017). Metode Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo

Suyadi, U. M. (2017).Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syafdaningsih. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Ulya, A. C., & Zulminiati, Z. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Kemampuan Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 80–92. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2151

Utoyo, Setiyo. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo : Ideas Publishing.

Utsmani, M. M., & Faizah, N. A. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di KB Hidayatul Mubtadi’in Rembang. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 65. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/654

Wilanda, N. S., & Zulminiati, Z. (2022). Pengaruh Pendekatan Eksplorasi Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 356. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.997

Yuliarni Nuraini Sujiono. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usial Dini. Jakarta: Indeks.

Z. Zulminiati. (2018). Program Stimulasi Sensori Perabaan Melalui Media Tiga Dimensi (Balok) untuk Anak Todler.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Zulminiati, Z., Salamah, U., & Roza, D. (2023). Preliminary Research Media Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 666–676. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.318

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-16

How to Cite

Meiriza, E. P., & Zulminiati , Z. (2024). Pengaruh Media Papan Geometri Terhadap Matematika Awal Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Al Azhar 32 Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 187–196. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2232