Pengaruh Media Papan Geometri Terhadap Matematika Awal Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Al Azhar 32 Padang
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2232Keywords:
Early childhood, early mathematics, Geometry BoardAbstract
nelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan rendahnya kemampuan matematika awal anak mengenal bentuk geometri di Taman Kanak-kanak Islam Al Azhar 32 Padang. Hal ini terjadi karena kurang menariknya penggunaan media dalam penegenalan matematika awal anak, Sehingga anak mudah bosan ketika diajarkan mengenai bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi seberapa besar pengaruh media papan geometri terhadap matematika awal anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam Al Azhar 32 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaf dengan pendekatan eksperiemn dalam bentuk quasy eksperiemen. Menggunakan sampel penelitian di kelmpok A yang terdiri dari 10 anak di kelas eksperimen dan 10 anak di kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, untuk menguji perbedaan kemampuan matematika awal anak sesudah dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data penelitian, rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 18,7 dan 18,7 untuk kelompok kontrol, sedangkan rata-rata post-test untuk kelompok eksperimen adalah 24,7 dan 20,2 untuk kelas kontrol. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan media papan geometri dan kelas kontrol dengan menggunakan media balok adalah homogen. Hasil penelitian dapat dikatakan signifikan karena penggunaan media papan geometri memiliki keunggulan dalam mengembangkan kemampuan matematika awal anak. Keunggulan dari penggunaan media papan geometri dalam penelitian ini dapat dilakukan anak saat penggunaannya seperti mengenal bentuk, mengenal warna, membedakan ukuran dan mengurutkan berdasarkan besar-kecil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media papan geometri terhadap kemampuan matematika awal anak di Taman Kanak-kanak Islam Al Azhar 32 Padang.
References
Aisyah Izza. (2021). Pengaruh Media Tanggram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Arifuddin.Opan (2021).Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ernitasari, E. P., & Rakimahwati, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Balok terhadap Pengenalan Konsep Matematika Berbasis Seriasi pada Anak Usia 5-6 Talhun. Aud: Journal on Early Childhood, 5(2), 221–227. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.363
Fitrianingtyas, Anjar. (2021). Konsep Dasar Matematika Anak Usia Dini. Surakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Gunarti, Winda dkk.(2017). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan Mixed Method). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Khadijah & nurul Amelia.(2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada media group
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Ordering, M., Paud, D. I., & Ulul, I. T. (2014). Meningkatkan kemampuan matematika dengan menggunakan teknik mengurutkan (seriasi) dan membandingkan (ordering) di paud it ulul albaab kota bengkulu.
Sadikin, Ali. (2019). “Penanaman Nilai Nilai Kebangsaan pada Generasi muda di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sapen Yogyakarta,.” Jurnal Serambi Akademica, 7.1 (2019), 1–8, 7(1), 1–8.
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.
Sudaryono.(2017). Metode Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo
Suyadi, U. M. (2017).Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syafdaningsih. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Ulya, A. C., & Zulminiati, Z. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Kemampuan Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 80–92. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2151
Utoyo, Setiyo. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo : Ideas Publishing.
Utsmani, M. M., & Faizah, N. A. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di KB Hidayatul Mubtadi’in Rembang. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 65. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/654
Wilanda, N. S., & Zulminiati, Z. (2022). Pengaruh Pendekatan Eksplorasi Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 356. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.997
Yuliarni Nuraini Sujiono. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usial Dini. Jakarta: Indeks.
Z. Zulminiati. (2018). Program Stimulasi Sensori Perabaan Melalui Media Tiga Dimensi (Balok) untuk Anak Todler.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Zulminiati, Z., Salamah, U., & Roza, D. (2023). Preliminary Research Media Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 666–676. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.318
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Egidia Puty Meiriza, Zulminiati Zulminiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.