PENGARUH PENDEKATAN EKSPLORASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.997Abstract
Kemampuan Kognitif merupakan suatu proses berfikir yaitu kemampuan dalam menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di lingkungannya. Pentingya mengembangkan kemampuan kognitif pada anak sejak usia dini karena kognitif ialah komponen utama yang akan menentukan keseluruhan aspek perkembangan pada anak. Pada usia 5-6 tahun kemampuan kognitif anak berada pada tahapan praoperasional. Meliputi kemampuan dalam berfikir logis dan simbolik. Berfikir logis meliputi mengklasifikasi benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran, mengurutkan benda benrdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar, berfikir simbolik mencakup menyebutkan lambang bilangan 1-20, menggunakan benda untuk berhitung, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatakan kemampuan kognitif pada anak yaitu pendekatan eksplorasi. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan eksplorasi terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Berlandaskan hasil perhitungan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 22 For Windows. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji t diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,002 <0,05, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan eksplorasi terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Linggo Sari Baganti Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2021/2022.
Â
Kata kunci:
Kognitif; Pendekatan Eksplorasi; Anak Usia 5-6 Tahun;
Â
References
Arisandhi, R. (2021). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Metode Karya Wisata Pada Taman Kanak-Kanak Al- Qur’an Al Mukhlisin. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(2), 73–80. https://doi.org/http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/download/20/20
Dista, F. N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Berpikir logis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Takrimah Tungkop Aceh Besar. AL-ATHFAL : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 217–236. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-07
Fatimah, E. R., & Istikomah. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali ). Jurnal Alayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–31. https://doi.org/https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2755515
Gusti, N., Made, A., Sanjaya, P., Agus, K., & Arya, B. (2021). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Exsplorasi Lingkungan Sekitar Terhadap Kemampuan Sains Anak Tk Asta Giri Desa Belatungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2020/2021. Nawa Sena: Jurnal PG-PAUD, 1(2), 21–30.
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735
Hedegaard, M., & Eriksen, E. Ø. (2020). Children’s Exploration and Cultural Formation. springer nature. http://www.springer.com/series/7601
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430
Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151–158. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdana Publishing.
Novitasari, W. (2016). Analisis kesultan belajar matematika anak usia 5-6 tahun. Jurnal Eksakta, 1, 19–25.
Nurlaela, E., & Atika, A. R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pada Kegiatan Eksplorasi Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 2714–4107. https://doi.org/https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/download/9475/pdf
Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). jakarta: Prenada Media Group
Susilawati, & Sumitra, A. (2021). Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 606–615. https://doi.org/http://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/5430
Suyadi, U. M. (2017). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yaswinda, Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Untuk Meningkatkan Kogntif Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, IV(1), 63–72. https://doi.org/http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3326
Zulfitri, Rahmatunnisa, S., & Khanza, M. (2021). Penggunaan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/9300/5537
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.