PENGARUH PENDEKATAN EKSPLORASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Novia Sri Wilanda Universitas Negeri Padang
  • Zulminiati Zulminiati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.997

Abstract

Kemampuan Kognitif merupakan suatu proses berfikir yaitu kemampuan dalam menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di lingkungannya. Pentingya mengembangkan kemampuan kognitif pada anak sejak usia dini karena kognitif ialah komponen utama yang akan menentukan keseluruhan aspek perkembangan pada anak. Pada usia 5-6 tahun kemampuan kognitif anak berada pada tahapan praoperasional. Meliputi kemampuan dalam berfikir logis dan simbolik. Berfikir logis meliputi mengklasifikasi benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran, mengurutkan benda benrdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar, berfikir simbolik mencakup menyebutkan lambang bilangan 1-20, menggunakan benda untuk berhitung, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatakan kemampuan kognitif pada anak yaitu pendekatan eksplorasi. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan eksplorasi terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Berlandaskan hasil perhitungan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 22 For Windows. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji t diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,002 <0,05, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan eksplorasi terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Linggo Sari Baganti Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2021/2022.

 

Kata kunci:

Kognitif; Pendekatan Eksplorasi; Anak Usia 5-6 Tahun;

 

References

Arisandhi, R. (2021). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Metode Karya Wisata Pada Taman Kanak-Kanak Al- Qur’an Al Mukhlisin. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(2), 73–80. https://doi.org/http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/download/20/20

Dista, F. N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Berpikir logis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Takrimah Tungkop Aceh Besar. AL-ATHFAL : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 217–236. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-07

Fatimah, E. R., & Istikomah. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali ). Jurnal Alayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–31. https://doi.org/https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2755515

Gusti, N., Made, A., Sanjaya, P., Agus, K., & Arya, B. (2021). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Exsplorasi Lingkungan Sekitar Terhadap Kemampuan Sains Anak Tk Asta Giri Desa Belatungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2020/2021. Nawa Sena: Jurnal PG-PAUD, 1(2), 21–30.

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735

Hedegaard, M., & Eriksen, E. Ø. (2020). Children’s Exploration and Cultural Formation. springer nature. http://www.springer.com/series/7601

Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151–158. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdana Publishing.

Novitasari, W. (2016). Analisis kesultan belajar matematika anak usia 5-6 tahun. Jurnal Eksakta, 1, 19–25.

Nurlaela, E., & Atika, A. R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pada Kegiatan Eksplorasi Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 2714–4107. https://doi.org/https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/download/9475/pdf

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). jakarta: Prenada Media Group

Susilawati, & Sumitra, A. (2021). Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 606–615. https://doi.org/http://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/5430

Suyadi, U. M. (2017). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yaswinda, Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Media Video Tutorial Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Untuk Meningkatkan Kogntif Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, IV(1), 63–72. https://doi.org/http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3326

Zulfitri, Rahmatunnisa, S., & Khanza, M. (2021). Penggunaan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/9300/5537

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-11-02

How to Cite

Wilanda, N. S., & Zulminiati, Z. (2022). PENGARUH PENDEKATAN EKSPLORASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 356–370. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.997

Issue

Section

Articles