Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini melalui Kegiatan Sehari-hari
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2246Keywords:
Strategi Guru, Literasi Anak, Anak Usia DiniAbstract
litian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengembangkan kemampuan literasi anak usia dini melalui kegiatan sehari-hari. Literasi pada anak usia dini merupakan fondasi penting yang mendukung kemampuan berbahasa, berpikir kritis, dan keterampilan sosial. Strategi berbasis kegiatan sehari-hari, seperti membaca cerita, bernyanyi, permainan berbasis bahasa, serta penggunaan media digital secara bijak, terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan keterampilan literasi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi pada guru-guru TK Se Kecamatan Tuah Medani Pekanbaru sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam kegiatan literasi sehari-hari lebih antusias dan aktif, serta mengalami perkembangan signifikan dalam kosakata dan pemahaman bahasa. Dukungan orang tua juga memegang peran penting dalam memperkuat pengalaman literasi anak di rumah. Kesimpulannya, sinergi antara guru dan orang tua dalam menciptakan pengalaman literasi yang menyenangkan dan bermakna menjadi kunci untuk membangun kemampuan literasi yang kuat pada anak usia dini, sehingga mempersiapkan mereka untuk jenjang pendidikan berikutnya
References
Al Firah, & Ananda Hadi Elyas. (2024). Strategi Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca pada anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 111–117. https://doi.org/10.70340/japamas.v3i1.128
Amalia, D. (2023). Optimalisasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Gawai. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i1.743
Amri, N. A., Amri, N., Hajerah, & Usman. (2023). Pengembangan Media Busy Book Pada Aspek Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 406–411. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.838
Cahya, A. N., Hartono, S., Reni, R., Hasanah, N., Ajie, M. F., Dian, M., Rahman, F., Wati, E., Hidayat, A., Hidayah, N., Viana, O., Liya, R., & Rahmat, S. (2022). Penguatan Literasi Anak Di Desa Kuala Sempang Kabupaten Bintan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.421
Farhurohman, O. (2017). Pendidikan anak usia dini. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, 2(1), 27–36.
Firdausi, N. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Nuntoon Berbasis Artificial Intellengence untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Anak Anisa. Jurnal Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Kemampuan, M., Literasi, P., Usia, A., Basri, S., Alimuddin, N., & Nur, S. M. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dalam. Journal Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 2(1), 3–9. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v2i1.256
Mahardika, E. K., Nurmanita, T. S., & Anam, K. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Pengembangan Game Edukatif Usia Dini melalui. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 80–93. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.287
Mahdi, I., & Ridha, M. R. (2024). Implementasi Metode Talaqqi) Dalam Menghafal Qur’an Anak Usia Dini (Study Kasus Tahfizh Anak Usia Dini Al Kautsar Grabag). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 51–60.
Makay, D., June, K., Sulimaly, D., Salmon, N., Nahakleky, R., Leinussa, M., Teurupun, S., Kwuwulay, A., Relmasira, M., Rumtutuly, F., Lestari, L., & Sugiarto, S. (2023). Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak-Anak Desa Klis. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 315–321. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.120
Nur Maulida, D., Labiba Kusna, S., & Puspitasari, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Koper Literasi untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 568–579. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.330
Nur, T., & Ferdian, U. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02
Nurhayati, N., Windarsih, C. A., & Andrisyah, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bahasa Reseptif Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia Dini. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(4), 361–368.
Nyamik, N. R. S., & Wahyuningtyas, D. T. (2022). Inovasi E-Modul Berbasis Literasi Sains Dan Numerasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(2), 109–119. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i2.19020
Okmayura, F., Herlandy, P. B., Vitriani, V., Novalia, M., & Raja, W. N. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Mengenal Huruf Dan Literasi Berbasis Animasi Bagi Guru Tk Aisyiyah Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(2), 372–378. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i2.6099
Rahman, U. (2019). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4
Siti, C. (2024). Upaya Meningkatkan literasi Anak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Bercerita. Jurnal Al-Amar, 5(1), 7–12.
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609
Sukaris, Rahim, A. R., Ernawati, Ardiansyah, T. Y., & Pradini, N. P. L. (2023). Implementasi Program Kerja Calistung (Membaca, Menulis, berhitung) untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak desa kedungrukem. Journal of Community Service, 5(2), 137–142.
Susanto. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. (Bumi Aksara (ed.)).
Venty, V., Rakhmawati, E., Suyati, T., & Retnaningdyastuti, M. T. S. R. (2024). Program Kemitraan Masyarakat Sosialisasi Peran Orang Tua dalam Membangun Budaya Literasi Anak di Kelurahan Plalangan, Semarang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(4), 871–880.
Wahid, R., Purhasanah, S., & Asrina, N. J. (2023). Penggunaan Media Berbasis Teknologi Dalam Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini. Jurnal El-Audi, 4(2), 50–55. https://doi.org/10.56223/elaudi.v4i2.98
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Ismawati, Yenda Puspita, Lenni Mantili Hutahuruk, Lazfihma Lazfihma, Meli Afrodita, Dwi Lyna Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.