Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini melalui Kegiatan Sehari-hari

Authors

  • Dwi Ismawati Pendidikan Nonformal, Universitas Bengkulu
  • Yenda Puspita Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tuanku Tambusai
  • Lenni Mantili Hutahuruk Pendidikan Nonformal, Universitas Bengkulu
  • Lazfihma Lazfihma Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu
  • Meli Afrodita Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu
  • Dwi Lyna Sari Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2246

Keywords:

Strategi Guru, Literasi Anak, Anak Usia Dini

Abstract

litian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengembangkan kemampuan literasi anak usia dini melalui kegiatan sehari-hari. Literasi pada anak usia dini merupakan fondasi penting yang mendukung kemampuan berbahasa, berpikir kritis, dan keterampilan sosial. Strategi berbasis kegiatan sehari-hari, seperti membaca cerita, bernyanyi, permainan berbasis bahasa, serta penggunaan media digital secara bijak, terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan keterampilan literasi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi pada guru-guru TK Se Kecamatan Tuah Medani Pekanbaru sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam kegiatan literasi sehari-hari lebih antusias dan aktif, serta mengalami perkembangan signifikan dalam kosakata dan pemahaman bahasa. Dukungan orang tua juga memegang peran penting dalam memperkuat pengalaman literasi anak di rumah. Kesimpulannya, sinergi antara guru dan orang tua dalam menciptakan pengalaman literasi yang menyenangkan dan bermakna menjadi kunci untuk membangun kemampuan literasi yang kuat pada anak usia dini, sehingga mempersiapkan mereka untuk jenjang pendidikan berikutnya

References

Al Firah, & Ananda Hadi Elyas. (2024). Strategi Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca pada anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 111–117. https://doi.org/10.70340/japamas.v3i1.128

Amalia, D. (2023). Optimalisasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Gawai. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i1.743

Amri, N. A., Amri, N., Hajerah, & Usman. (2023). Pengembangan Media Busy Book Pada Aspek Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 406–411. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.838

Cahya, A. N., Hartono, S., Reni, R., Hasanah, N., Ajie, M. F., Dian, M., Rahman, F., Wati, E., Hidayat, A., Hidayah, N., Viana, O., Liya, R., & Rahmat, S. (2022). Penguatan Literasi Anak Di Desa Kuala Sempang Kabupaten Bintan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.421

Farhurohman, O. (2017). Pendidikan anak usia dini. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, 2(1), 27–36.

Firdausi, N. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Nuntoon Berbasis Artificial Intellengence untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Anak Anisa. Jurnal Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Kemampuan, M., Literasi, P., Usia, A., Basri, S., Alimuddin, N., & Nur, S. M. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dalam. Journal Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 2(1), 3–9. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v2i1.256

Mahardika, E. K., Nurmanita, T. S., & Anam, K. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Pengembangan Game Edukatif Usia Dini melalui. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 80–93. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.287

Mahdi, I., & Ridha, M. R. (2024). Implementasi Metode Talaqqi) Dalam Menghafal Qur’an Anak Usia Dini (Study Kasus Tahfizh Anak Usia Dini Al Kautsar Grabag). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 51–60.

Makay, D., June, K., Sulimaly, D., Salmon, N., Nahakleky, R., Leinussa, M., Teurupun, S., Kwuwulay, A., Relmasira, M., Rumtutuly, F., Lestari, L., & Sugiarto, S. (2023). Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak-Anak Desa Klis. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 315–321. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.120

Nur Maulida, D., Labiba Kusna, S., & Puspitasari, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Koper Literasi untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 568–579. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.330

Nur, T., & Ferdian, U. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02

Nurhayati, N., Windarsih, C. A., & Andrisyah, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bahasa Reseptif Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia Dini. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(4), 361–368.

Nyamik, N. R. S., & Wahyuningtyas, D. T. (2022). Inovasi E-Modul Berbasis Literasi Sains Dan Numerasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(2), 109–119. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i2.19020

Okmayura, F., Herlandy, P. B., Vitriani, V., Novalia, M., & Raja, W. N. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Mengenal Huruf Dan Literasi Berbasis Animasi Bagi Guru Tk Aisyiyah Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(2), 372–378. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i2.6099

Rahman, U. (2019). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Siti, C. (2024). Upaya Meningkatkan literasi Anak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Bercerita. Jurnal Al-Amar, 5(1), 7–12.

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609

Sukaris, Rahim, A. R., Ernawati, Ardiansyah, T. Y., & Pradini, N. P. L. (2023). Implementasi Program Kerja Calistung (Membaca, Menulis, berhitung) untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak desa kedungrukem. Journal of Community Service, 5(2), 137–142.

Susanto. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. (Bumi Aksara (ed.)).

Venty, V., Rakhmawati, E., Suyati, T., & Retnaningdyastuti, M. T. S. R. (2024). Program Kemitraan Masyarakat Sosialisasi Peran Orang Tua dalam Membangun Budaya Literasi Anak di Kelurahan Plalangan, Semarang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(4), 871–880.

Wahid, R., Purhasanah, S., & Asrina, N. J. (2023). Penggunaan Media Berbasis Teknologi Dalam Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini. Jurnal El-Audi, 4(2), 50–55. https://doi.org/10.56223/elaudi.v4i2.98

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-15

How to Cite

Ismawati, D., Puspita, Y., Hutahuruk, L. M., Lazfihma, L., Afrodita, M., & Sari, D. L. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini melalui Kegiatan Sehari-hari. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 179–186. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2246