Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Manipulatif Pada Anak Kelompok B PAUD Intan Insani Kota Bengkulu

Authors

  • Dwi Lyna Sari Universitas Bengkulu
  • Lina Eka Retnaningsih STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1473

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Bermain Manipulatif, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan bermain manipulatif dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B PAUD Intan Insani Kota Bengkulu. Subjek penelitian berjumlah 14 orang anak. Metode penelitian adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian tindakan Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari delapan tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak B PAUD Intan Insani Kota Bengkulu, mengalami peningkatan setelah mereka mengikuti bermain manipulatif. Skor kemampuan kognitif anak tercatat 35,21 pada tahap pra siklus, meningkat menjadi 45,71 pada akhir siklus ke-1, dan terus meningkat menjadi 57,5 pada akhir siklus ke-2. Hasil penelitian memberikan indikasi bahwa bermain manipulatif dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini.

References

Anthony, T. (2013). Play and Movement in Early Childhood: Setting the Early O&M Stage for Succes. AER International O&M Converence.

Ardanari, P., Mintarto, E., Tuasikal, A. R. S., & Suroto, S. (2020). Aktivitas Bermain Meningkatkan Keterampilan Manipulatif : Review Jurnal. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 79. https://doi.org/10.17977/um040v4i1p73-78

Astuti, M. (2017). Penggunaan Metode Bermain Alat Manipulatif Dalam Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan Pada Siswa Kelompok B TK Ar Ridlo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education, 4.

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak: Jilid I (6th ed.). Erlangga.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemmis, Stephen. Taggart, R. M. A. N. R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

Khadijah dan Nurul Amelia. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Praktek. Kencana Prenadamedia Group.

Mill, G. E. (2003). Action Research a Guide For The Teacher Research Second (2nd ed.). Merrill Prentice Hall.

Said, A. dan B. (2015). Strategi Mengajar Multiple Intelegences. Prenadamedia Group.

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development (13th ed.). Erlangga.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. PT Index.

Suryandari, A. K. (2021). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Guepedia.

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Sari, D. L., & Retnaningsih, L. E. (2023). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Manipulatif Pada Anak Kelompok B PAUD Intan Insani Kota Bengkulu. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 54–61. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1473

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>