Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Bagi Satuan PAUD di Provinsi Kepulauan Riau

Authors

  • Lina Eka Retnaningsih Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Nadya Nela Rosa STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1470

Keywords:

Pendidikan Kebencanaan, PAUD, Provinsi Kepulauan Riau,

Abstract

Pendidikan kebencanaan menjadi salah satu tema dan indikator dalam pembelajaran di satuan PAUD. Pendidikan kebencanaan berkaitan dengan pengenalan berbagai macam bencana serta cara mengantisipasi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pendidikan kebencanaan bagi satuan PAUD di Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi literatur. Kepulauan Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau kecil dan sebagian besar berpenghuni. Kondisi geografis menyebabkan provinsi ini sering mendapatkan bencana seperti banjir dan angin ribut. Penerapan pendidikan kebencanaan bagi satuan PAUD di Provinsi Kepulauan Riau dianggap penting sebagai upaya untuk memberikan dasar pengetahuan sejak dini berkaitan dengan siaga bencana. Hal ini sebagai upaya agar anak bisa tanggap secara cepat dan tepat apabila menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Pendidikan kebencanaan bisa dilakukan melalui praktek sains, metode bercerita, metode bermain peran, metode bernyanyi, dan metode simulasi. Penggunaan perpaduan beberapa metode tersebut dapat memberikan edukasi terhadap pendidikan kebencanaan bagi satuan PAUD. Pendidikan Kebencanaan bisa diterapkan di Provinsi Kepulauan Riau oleh Dinas Pendidikan berkolaborasi dengan BNPB atau bisa langsung berkolaborasi dengan BPBD yang ada di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota untuk memberikan praktek langsung pada anak usia dini tentang bagaimana menghadapi bencana yang sering terjadi.

References

Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

BNPB. (2007). Undang-Undang No 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. BNPB.

Hasbi, Muh; Nurfadilah; Murtiningsih; Muis, Azizah; Wahyuningsih, Sri; Wahyuni, M. (2020). Modul 3 Metode, Media dan Sumber Belajar Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasbi, M., Yuliantina, I., Nurfadilah, & Nugraha, A. (2019). Pedoman Pendidikan Kebencanaan Di Satuan PAUD. 1–148.

Lestari, G. D., Yulianingsih, W., Widodo, Yusuf, A., & Widyaswari, M. (2021). Pendampingan Penyusunan Dokumen KTSP Pendidikan Kebencanaan dalam. November. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2588

Marwah, S. (2017). Pengembangan Kecerdasan Naturalistik Anak Melalui Pembelajaran Sentra Bahan Alam di Taman Kanak-kanak (TK) Al-Muthma’innah Jambi. Al -Ashlah, 1(2), 28.

Nurfadilah, N., & Darsono, D. R. (2021). Pendidikan Kebencanaan Pada Lembaga PAUD Rawan Banjir di Jakarta Pusat. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 6(1), 66. https://doi.org/10.36722/sh.v6i1.637

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (2014).

Rahma, A., & Rizkiyani, F. (2019). Peningkatan Pemahaman Guru PAUD Tentang Kebencanaan melalui Pembelajaran Sains. Publikasi Pendidikan, 9(3), 254. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10023

https://bpbd.kepriprov.go.id/

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-04-03

How to Cite

Retnaningsih, L. E., & Rosa, N. N. (2023). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Bagi Satuan PAUD di Provinsi Kepulauan Riau. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 28–34. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1470

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)