PELATIHAN PERMAINAN TRADISIONAL MELAYU PADA GURU RA SE-KOTA TANJUNGPINANG SEBAGAI MEDIA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Authors

  • Nadya Nela Rosa STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Lina Eka Retnaningsih STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1151

Keywords:

Permainan Tradisional Melayu, Guru RA, Pendidikan Karakter,

Abstract

Perubahan kegiatan pembelajaran dari belajar dari rumah ke pembelajaran tatap muka di sekolah membawa perubahan cukup besar. Hal itu dirasakan oleh para guru di RA se-Kota Tanjungpinang. Sejak anak-anak mulai masuk ke sekolah, sikap anak menjadi ketergantungan dengan bantuan dan menjadi kurang disiplin. Perubahan perilaku disiplin dan pasifnya anak di dalam kelas membuat guru kesulitan saat melaksanakan proses pembelajaran di sekolah. Guru kebingungan memilih cara/kegiatan untuk meningkatkan disiplin dan membuat anak lebih aktif. Setelah dilaksanakan pelatihan diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan skill guru PAUD dalam menerapkan pelatihan permainan tradisional melayu, sehingga bisa menjawab solusi permasalahan yang dialami guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah. Metode yang dipakai yaitu Asset Based Community-Driven Development (ABCD), merupakan metode yang berupaya memberdayakan masyarakat dengan mengenali aset-aset yang dimilikinya baik yang bersifat materi maupun imateri. Setelah dilaksanakan pelatihan, bermain permainan tradisional melayu di sekolah, evaluasi pelaksanaan dan monitoring penerapan Permainan tradisional melayu di beberapa lembaga PAUD, bisa dilihat bahwa pengetahuan dan kemampuan guru terhadap penerapan permainan tradisional melayu meningkat. Anak-anak semakin bersemangat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, kebersamaan dalam melakukan permainan membiasakan anak belajar mengenai aturan yang dibuat dan disepakati bersama dengan bermain memanfaatkan lingkungan sekitar, hal itu memudahkan guru menanamkan pendidikan karakter bagi anak.

References

Chandraningsih, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Disiplin Melalui Permainan

Tradisional Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PG PAUD

Untirta 2019, 175–182.

Fadlillah, M dan Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini.

Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Hapidin, H., & Yenina, Y. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional

Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini,

(2), 201–212.

Kurniawan, A. W. (2019). Olahraga dan Permainan Tradisional. Malang: Wineka

Media.

Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia.

Yogyakarta: Diva Press.

Musfiroh, T & Tatmingsih, S. (2015). Bermain dan Permainan Anak. Tangerang

Selatan: Universitas Terbuka.

Nuraeni. (2016). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedogy, 3, 65–

Rahmah, S., & Zirmansyah, Z. (2021). Meningkatkan Disiplin Anak Kelompok B

Melalui Permainan Tradisional Umpet Batu. Jurnal Anak Usia Dini Holistik

Integratif (AUDHI), 1(2), 116. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.574

Retnaningsih, L.E & Rosa, N. N. (2022). Trik Jitu Menanamkan Pendidikan

Karakter Pada Anak Usia Dini. Lamongan: Nawa Litera Publishing.

Santrock, J. (2010). Child Development (Thirteeth Edition). New Yor: McGraw Hill

Siam, N. U., & Sanopaka, E. (2015). Permainan Rakyat Kepulauan Riau. Retrieved

from http://disbud.kepriprov.go.id/permainan-rakyat-kepulauan-riau/

Srikandi, S., Suardana, I. M., & Sulthoni, S. (2020). Membentuk Karakter Anak Usia

Dini melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan

Pengembangan.

Sujiono, Y. N. (2010). Konsep Dasar Paud. Jakarta: PT Indeks

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-09-26

How to Cite

Rosa, N. N., & Retnaningsih, L. E. (2022). PELATIHAN PERMAINAN TRADISIONAL MELAYU PADA GURU RA SE-KOTA TANJUNGPINANG SEBAGAI MEDIA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 266–284. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1151

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)