INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA DAN SAINS SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MA SAINS ROUDLOTUL QUR’AN LAMONGAN

Authors

  • Rokim Rokim Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Lamongan
  • Roudlotul Hikmah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.667

Keywords:

Madrasah, Integrasi, Sains, Agama

Abstract

Tantangan epistimologis bagi perkembangan pendidikan Islam kontemporer dalam konteks madrasah adalah dalam rangka menjawab tuntutan transformasi kelembagaan di tengah ketatnya persaingan antar lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi MA Ilmu Roudlotul Qur’an dalam membangun citra institusinya dengan menggunakan paradigma integrasi keilmuan yang diterapkan pada nama madrasah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan: 1) menetapkan paradigma pendidikan agama dan keilmuan sebagai dasar untuk menciptakan perbedaan di madrasah melalui rumusan visi, misi, dan desain kurikulum dengan menggunakan strategi/silabus bedah KD materi PAI terhadap materi IPA terkait. 2) optimalisasi layanan dalam upaya membangun brand image madrasah menggunakan 7 elemen bauran layanan pendidikan, yaitu menjamin kualitas madrasah, menetapkan model biaya pendidikan bottom-up dengan dana donatur orang tua dan beasiswa, ketepatan memilih strategi lokasi dengan area parkir yang memadai, promosi lahiriah dan spiritual, kesadaran warga madrasah, penggunaan sidik jari absensi dan layanan full wi-fi, pengelolaan aplikasi POAC.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Amin. “Agama, Ilmu dan Budaya: Kontribusi Paradigma Integrasi Interkoneksi Ilmu dalam Menghadapi Isu-Isu Islamic Studies Kontemporer,†in Praksis Paradigma Integrasi-Interkoneksi dan Transformasi Islamic Studies di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014

Abdullah, Amin. Multidisiplin, Interdisiplin, dan Transdisiplin Metode Studi Agama dan Studi Islam di Era Kontemporer, Yogyakarta: IB Pustaka, 2020

al-Qur’an, 3: 190-191.

Aminuddin, Luthfi Hadi. “Integrasi Ilmu dan Agama: Studi Atas Paradigma Integratif-Interkonektif UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,†Jurnal Penelitian Keagamaan dan Sosial Budaya KODIFIKASIA 4, No. 1, 2010

Arifin, Zainal. “Pengembangan Keilmuan Integratif di Universitas Islam Negeri,†Jurnal INSANIA 19, No. 2, Juli-Desember 2014

Asmani, Jamal Ma’mur. Manajemen Efektif Marketing Sekolah, Yogyakarta: Diva Press, 2015

Diu, Abdullah. “Pemikiran M. Amin Abdullah Tentang Pendidikan Islam dalam Pendekatan Integrasi-Interkoneksi,†Jurnal Ilmiah AL-JAUHARI 3, No. 1, Juni 2018

Fadjar, H. A. Malik. Visi Pembaruan Pendidikan Islam, Jakarta: LP3NI, 1998

Firmansyah, Anang. Pemasaran Produk dan Merek Planning dan Strategy, Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media, 2019

Huda,Muhammad Nurul. “Manajemen Pemasaran Sekolah,†Jurnal Manajemen Pendidikan Islam TA'DIBI 8, No. 1, September 2019-Februari 2020

Hurriyati, Ratih. “Menciptakan Superior Customer Value Perguruan Tinggi Negeri Melalui Peningkatan Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan,†in Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009

Irianto, Yoyon Bahtiar dan Eka Prihatin. “Pemasaran Pendidikan,†in Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008

Jabali, Fuad dan Jamhari. IAIN dan Modernisasi Islam di Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002

Labaso, Syahrial, “Paradigma Integrasi-Interkoneksi di Tengah Kompleksitas Problem Kemanusiaan,†Jurnal AL-A'RAF 17, No. 2, Juli-Desember 2018

Mahyudin, Erta. Manajemen Pemberdayaan Sekolah Mengembangkan Sekolah Unggulan dengan Kemandirian, Malang: Madani Kelompok Intrans Publishing, 2017

Maksudin, “Transformasi Pendidikan Agama dan Sains Dikotomik ke Pendidikan Non Dikotomik,†Jurnal Pendidikan Islam 4, No. 2, Desember 2015

Mochtar, Affandi. Membedah Diskursus Pendidikan Islam, Jakarta: Kalimah, 2001

Muhaimin, Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, Jakarta: Kencana, 2009

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: PSAPM, 2004

Mundiri, Akmal. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membangun Brand Image,†Jurnal Pendidikan PEDAGOGIK 3, No. 2, Januari-Juni 2016

Munir, M. “Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik,†Jurnal Manajemen Pendidikan Islam INTIZAM 1, No. 2, April 2018

Muzzaki dan Kholilah, Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya: Kopertais IV Press, 2014

Rosadisastra, Andi. Metode Tafsir Ayat-Ayat Sains dan Sosial, Jakarta: Amzah, 2007

Suprayogo, Imam. Pendidikan Berparadigma al-Qur'an Pergulatan Membangun Tradisi dan Aksi Pendidikan Islam,Malang: UIN Press Malang, 2004

Supriyadi, dkk, “Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian,†Jurnal Bisnis dan Manajemen 3, No. 1, Januari 2016

Unal, Ali. Islam Addresses Contemporarry Issues, Turkey: Kaynak Izmir A.S, 1998

PlumX Metrics

Published

2021-12-28

How to Cite

Rokim, R., & Hikmah, R. (2021). INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA DAN SAINS SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MA SAINS ROUDLOTUL QUR’AN LAMONGAN. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 64–79. https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.667