TANTANGAN PEMBARUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Madekhan Madekhan

Sari


Kolonialisme telah mengakibatkan kerumitan tersendiri dalam proses pembaruan pendidikan di Indonesia. Keanekaragaman Nusantara, dari sisi sosial, politik dan budaya juga tidak kalah penting menjadi faktor-faktor  yang mempersulit kinerja para pendidik, pemerintah, sekaligus para perencana pendidikan dalam mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia. Meski sistem pendidikan secara umum sudah maju dalam serangkaian penyesuaian dan pembaruan, namun sampai saat ini tantangan pembaruan pendidikan setidaknya berada pada 3 aspek besar. Pertama, aspek geografi dimana beragamnya kondisi geografis, dan jarak yang memisahkan antar pulau di Indonesia. Kedua, keragaman sosial dimana meski terjadi penurunan drastis buta huruf dan tingkat putus sekolah selama 50 tahun terakhir, namun masih terdapat disparitas kualitas pendidikan antara wilayah perkotaan, pedesaan dan daerah terpencil. Ketiga, kultur pengajaran yang lebih berorientasi pada asumsi target pengetahuan yang seharusnya dikuasai peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Umar, Learning Through Teacher Professional Training: English Teacher Certification Program in Indonesia (Ph.D. Thesis. Columbus: The Ohio State University: Graduate Program in Education Teaching and Learning), 2015

Bjork, Christopher dan Raihani. Moving Toward Stability, Development of the Indonesian Education System dalam Robert W. Hefner, Handbook Of Contemporary Indonesia, Routledge, New York, 2018

Bjork, Christopher, Local Responses to Decentralization Policy in Indonesia, Comparative Education Review 47(2), 2003: 184–216

Crouch, Harold. The Army and Politics in Indonesia, Ithaca: Cornell University Press. 1978

Djojonegoro, Wardiman. Lima Puluh Tahun Pembangunan Pendidikan Indonesia, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1997

Koentjaraningrat, Introduction to the Peoples and Cultures of Indonesia and Malaysia (San Francisco: Cummings Publishing Company), 1975

McLaughlin, Milbrey, Learning From Experience: Lessons From Policy Implementation, Education Evaluation and Policy Analysis 2, 1987: 171–8.

Mujiburrahman. Feeling Threatened: Muslim-Christian Relations in Indonesia’s New Order Amsterdam: Amsterdam University Press/ISIM), 2006

Parker, Lynn and Raihani.. Democratizing Indonesia Through Education? Community Participation in Islamic School, Educational Management Administration & Leadership 39(6), 2011: 712–32

Peacock, James L, Indonesia: An Anthropological Perspective, Pacific Palisades, CA: Goodyear Publishing), 1973

Raihani. Creating Multicultural Citizens: A Portrayal of Contemporary Indonesian Education, New York, Routledge, 2014

Ricklefs, Merle C. A History of Modern Indonesia Since 1300, Stanford, CA: Stanford University Press, 1981

Riza, Hammam, Indigenous Languages of Indonesia: Creating Language Resources for Language Preservation, dalam Proceedings of the IJCNLP-08 Workshop on NLP for Less Privileged Languages (Hyderabad, India), 2008: pp. 113–16

Steenbrink, Karel, Pesantren, Madrasah, Sekolah, Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial, 1994




DOI: https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.702

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

 

 

Indexing at :