IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH IBTIDAIYAH FARADISAL JANNAH BAURENO

Authors

  • Fathurrahman Fathurrahman Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Lamongan
  • Nurul Azizah Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/ktb.v6i1.802

Keywords:

development, implementation, Islamic education curriculum

Abstract

Abstract: Education and curriculum are one thing that is closely related. This is because the curriculum determines the direction, content, and process of running educational activities, which ultimately determines the quality of graduates and educational institutions. This study aimed to determine the implementation of Islamic religious education curriculum development at MI Faradisal Jannah using a qualitative descriptive approach. The data collection process was conducted using observation, documentation, and interview techniques. The results showed that the implementation of Islamic religious education curriculum development carried out at MI Faradisal Jannah Baureno was carried out by compiling curriculum documents following Ministry of Religion policies, formulating teaching materials based on the Integrated Islamic School Network (JSIT) and using two approaches, namely, classroom development and outside of the classroom.

 

Abstrak: Pendidikan dan kurikulum merupakan suatu hal yang tidak dapat di pisahkan. Hal ini dikarenakan kurikulum berfungsi sebagai penentu arah, isi serta proses berjalannya kegiatan pendidikan, yang pada akhirnya menentukan kualitas lulusan dan lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MI Faradisal Jannah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, serta interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam yang dilakukan di MI Faradisal Jannah Baureno dilaksanakan dengan menyusun dokumen kurikulum sesuai dengan kebijakan Kemenag, merumuskan bahan ajar berbasis jaringan sekolah Islam terpadu (JSIT) serta dengan menggunakan dua pendekatan yaitu, pengembangan di dalam kelas dan di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achruh, Andi, ‘Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum’, VIII.1 (2019), 1–9

Ansori, Ida, ‘Pengembangan Kurikulum: Faktor Determinan Dan Prinsipnya’, Prosiding Nasional: Peluang Dan Tantangan Studi Islam Interdisipliner Dalam Bingkai Moderasi, 3 (2020), 161–70 <https://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/48/38>

Bahri, Syamsul, ‘Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya’, Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11.1 (2017), 15 <https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61>

Dedi Lazuardi, ‘Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan’, Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7.1 (2017), 99–112

Hazin, Mufarrihul, and Nur Wedia Devi Rahmawati, ‘Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Histori Dan Regulasi Di Indonesia)’, Journal EVALUASI, 5.2 (2021), 293 <https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.745>

Hidayat, Ahmad Wahyu, ‘Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SDN Demagan Yogyakarta’, Tarbiyatuna, 9.2 (2018), 82–98 <https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwidpoTC8ajnAhUS7nMBHapcDYgQFjAEegQIBxAB&url=http://journal.ummgl.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/download/2268/1300&usg=AOvVaw3QD6_I2c95XrjmO3li>

Maas, Piki Hilman, ‘Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Al-Azhar 36 Bandung’, 04.01 (2019), 24–34

Mansur, Rosichin, ‘Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural (Suatu Prinsip-Prinsip Pengembangan)’, Jurnal Kependidikan Dan Keislaman FAI Unisma, 10.2 (2016), 1–8 <http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/165/165>

Mundiri, Akmal, and Reni Uswatun Hasanah, ‘Inovasi Pengembangan Kurikulum Pai Di Smp Nurul Jadid’, Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4.1 (2018), 40–68 <https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1721>

Nurdiana, Hanik, Bambang Harmanto, and Sudarmadi, ‘Pengembangan Kurikulum Pai Dan Implementasinya Di Sdit Qurrata A ’ Yun Ponorogo’, 1.2 (2022), 155–80

Qolbi, Satria Karimul, and Tasman Hamami, ‘Implementasi Asas-Asas Pengembangan Kurikulum Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1.3 (2021), 294–302 <https://edukatif.org/index.php/edukatif/index>

Subhi, Asep, ‘Konsep Dasar, Komponen Dan Filosofi Kurikulum PAI’, Jurnal Qathruna, 3.1 (2016), 117–34

Sugiana, Aset, ‘Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16.1 (2019), 17–34 <https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-02>

Wibisono, Yogi, ‘Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Ismuba Di Smp Muhmammadiyah Pakem Sleman Yogyakarata’, At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3.2 (2020), 167 <https://doi.org/10.24127/att.v3i2.1124>

Widayanti, Fera Eka, ‘Implementasi Kurikulum Ismuba Di Mi Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10.1 (2019), 69–82 <https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3572>

PlumX Metrics

Published

2022-03-16

How to Cite

Fathurrahman, F., & Azizah, N. (2022). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH IBTIDAIYAH FARADISAL JANNAH BAURENO. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 120–132. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i1.802