MEDIA BIMBINGAN KARIR CERITA BERGAMBAR UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN KARIR ANAK USIA DINI

Dinar Mahdalena Leksana

Abstract


Peneltian ini termasuk dalam  jenis  penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media bimbingan karir buku cerita bergambar, dalam menumbuhkan kesadaran karir pada anak usia dini, penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kesadaran karir anak usia dini di PAUD Bunga Harapan I Lamongan yang bisa dikatakan masih kurang, dan keterbatasan media bimbingan yang ada di PAUD tersebut. Sehingga peneliti menaruh harapan besar bahwa buku cerita bergambar ini akan dapat menumbuhkan kesadaran karir mereka. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen kemudian dianalisis dengan taraf signifikasi 5% dengan uji wilcoxon yang dibantu dengan program software spss 21, Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS for windows release 21, dengan tingkat signifikansinya terbesar 0,05 (5%). Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis tersebut adalah diperoleh significant (sig) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian ada pengaruh hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa media bimbingan karir cerita bergambar berpengaruh terhadap kesadaran karir anak di PAUD Bunga Harapan 1 Lamongan

Keywords


Media Bimbingan; Kesadaran Karir; Anak Usia Dini;

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

El Fiah, R. (2014). Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Implikasi Bimbingannya. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.1450

Gysbers, N.C., & Henderson, P. (2000). Developing & Managing Your School Guidance Program. Alexandria: American Counseling Association.

Gysbers, Norman C. (2005). Comprehensive School Guidance Programs in the United States: A Career Profile. International Journal For Educational and Vocational Guidance, 5, 203-2015, DOI 10.1007/s10775-005-8800-7

Hodges, Shannon, Kimber Shelton, Morgan Brooks, Michelle Lyn. (2016). The College and University Counseling Manual: https://books.google.co.id/books?id. Diakses pada 24 Februari 2019.

Obi, dkk. (2010). Children Literature. Nigeria: National Open University of Nigeria.

Sheldon, C., & Morgan, C. D. (1984). The child development specialist: A prevention program. The Personnel and Guidance Journal, 62, 470-474, https://doi.org/10.1111/j.2164-4918.1984.tb00258.x

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutherland, Robert D. (1985). Hidden Persuaders: Political Ideologies in Literature for Children. Jurnal Children’s Literature in Education, 16(3)

Winch, G., Johnston, R. R., March, P., Ljungdahl, L., & Holliday, M. (2006). Literacy, Reading and Writing and Children Literature. Oxford: Oxford University Press.

Winkel.W.S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v3i2.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by