BACKGROUND PENDIDIK PAUD YANG BERJIWA AHLUSSUNNAH WALJAMA'AH DI KB TBS KUDUS

Authors

  • Anita Afrianingsih Unversitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Sholikhah Sholikhah Unversitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Lailatuz Zahroh Unversitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Istafidatul Mustakhiroh Unversitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.493

Keywords:

Educators, Aswaja, Teacher competencies,

Abstract

The study aims to determine the description of the performance of the teaching of a teacher's birth control. Education in the Institute introduced and instilled the values of the total understanding of the worshippers to the students. So that they have value, character, and knowledge that is beneficial to religion, nation and country.  The collection method data that is used is a library is a method of data collection sourced from the literature, the result of the educators ' observation of planting Jan characters through habituation such as daily prayer activities, Hadist, dzitching, memorization Surah the short, Shalawat Nariyah and the introduction of prayers.

References

Anggito, albi., dan johan setiawan. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. Jawa barat: cv jejak.

Anisah, siti. 2011. Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Vol 5, no 1. Jurnal pendidikan universitas garut fakultas pendidikan islam dan keguruan universitas garut issn: 1907-932x.

Budiyanto, mangun dan imam machali. 2014. Pembentukan karakter mandiri melalui pendidikan agriculture di pondok pesantren islamic studies center aswaja lintang songo piyungan bantul yogyakarta. Vol. 2. 2014.

Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal pendidikan anak, 6(2), 203–213.

Christianti, m. (2012). Profesionalisme pendidik anak usia dini. Jurnal pendidikan anak usia dini, vol. 2 hal. 112.

Fahmi, muhammad. 2010. Pendidikan aswaja nu dalam konteks pluralisme. Kontekstualita, vol. 25, no. 2, 2010. Fakultas tarbiyah dan keguruan uin sunan ampel surabaya. Doi: https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.1.161-179

Fatmawati, k. M. (2015). Nahdlatul ulama dan nilai ajaran ahlussunnah wal jama’ah (aswaja) sebagai pembentuk pilihan pendidikan masyarakat (studi fenomenologi pada masyarakat dusun arjosari, desa andonosari, kecamatan tutur, kabupaten pasuruan). Jurnal mahasiswa sosiologi, 2(2).

Hefniy. 2017. Membangun pendidikan berbasis islam nusantara (pendidikan berbasis karakter atau akhlakul karimah ?). Jurnalnu. Volume. 01 nomor. 01 januari - juni 2017.

Moleong, lexy j. 2007. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: pt remaja rosdakarya offset.

Munawaroh, azizah. 2019. Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal penelitian pendidikan islam. Vol. 7, no. 2, 2019

Nikmah, f. (2018). Implementasi konsep at tawasuth ahlus- sunnah wal jama’ah dalam membangun karakter anak di tingkat sekolah dasar (studi analisis khittah nahdlatul ulama). Tarbawi : jurnal pendidikan islam.

Sapendi, s. (2015). Internalisasi nilai-nilai moral agama pada anak usia dini. At-turats, 9(2), 17. Https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i2.313.

Sudaryanti. 2012. Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Vol 1, no 1 (2012). Jurnal pendidikan anak. Universitas negeri yogjakarta.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: alfabeta

Yusuf, a. Muri. 2017. Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: pt fajar interpratama mandiri.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-04-19

How to Cite

Afrianingsih, A., Sholikhah, S., Zahroh, L., & Mustakhiroh, I. (2021). BACKGROUND PENDIDIK PAUD YANG BERJIWA AHLUSSUNNAH WALJAMA’AH DI KB TBS KUDUS. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 36–48. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.493

Issue

Section

Articles