PENGARUH SARAPAN PAGI TERHADAP KOSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA ROUDHOTUT THOLIBIN MOROBAKUNG GRESIK

Mohammad Luthfillah, Sherif Juniar Aryanto

Abstract


Masa anak usia dini merupakan masa keemasan karena pertumbuhan dan perkembangan pada masa ini berlangsung sangat pendek dan peka terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarapan pagi terhadap kosentrasi belajar anak usia dini di RA roudhotut tholibin morobakung Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sarapan pagi terhadap kosentrasi belajar anak usia dini di di RA Roudhotut Tholibin Morobakung Gresik koefisien korelasi memperoleh nilai  R sebesar 0.743 dengan dengan signifikansi 0.000 < 0.05. dari penelitian tersebut diketahui bahwa Ho di tolak dan Ha di terima dengan keterangan bahwasannya ada pengaruh yang signifikan sarapan pagi terhadap kosentrasi belajar pada anak usia dini di RA RA Roudhotut Tholibin Morobakung Gresik.

Keywords


Sarapan Pagi; Anak Usia Dini; Belajar;

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. (2003). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 1. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Devi, Nirmala. (2010).Nutrition and Food.Jakarta : Kompas Media Nusantara

Febry, A.B, & Zulfito, M. (2009). Menu Sehat & Permainan Kreatif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gagas Media.

Istianah, Euis. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpiir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEas) pada Siswa SMA. Infinity: Jurnal Iimiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2 (1): 43-54.

John W. Santrock. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. (2013), Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: ALFABETA

Suralaga. (2018). Interaksi & Konsentrasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Suwardhani. (2013). Konsentrasi belajar dan penyesuaian diri pada siswa kelas VII di SMPN 1 garut tahun ajaran 2012/2013. Fakultas ilmu pendidikan. Universitas negeri Yogyakarta.

Nugroho, S. W & Heru. (2009). Petunjuk Praktis Denver Developmental Screening Test. Jakarta: EGC

Violeta Chandra Karissa, (2017) Hubungan antara srapan dengan daya tangkap anak usia 4-5 tahun di kecamatan kawunganten Kabupaten Cilacap. UMY yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by