Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Aktivitas Akademik di Pesantren Daruttaqwa Kabupaten Gresik

Lusia Mumtahana, Siti Suwaibatul Aslamiyah

Sari


Pendidikan sebagai upaya pembentukan karakter adalah bagian integral dari orientasi pendidikan Islam. Tujuannya adalah membentuk kepribadian seseorang agar berperilaku jujur, baik dan bertanggung jawab, menghormati dan menghargai orang lain, adil, tidak diskriminatif, egaliter, pekerja keras dan karakter- karakter unggul lainnya. pesantren memiliki keunggulan, terutama dalam penanaman nilai-nilai luhur kepada santri. Dinamika pendidikan pesantren lebih mengedepankan pendidikan karakter (character education) atau pendidikan moral (moral education), sehingga mampu melahirkan lulusan yang memiliki idealisme, kemampuan intelektual dan perilaku mulia. Di pesantren, santri dididik untuk memahami, menghayati, mengamalkan ajaran Islam dengan penekanan pentingnya moral dalam bermasyarakat. Hal ini dapat dilihat bagaimana santunnya santri dalam menghormati guru. Model pendidikan karekter yang dilaksanakan di pesantren dewasa ini mulai diperhatikan oleh pemerintah. Sebagian pihak menilai bahwa strategi pendidikan pesantren telah berhasil menanamkan pendidikan moralitas santrinya, walaupun proses pendidikan di pesantren tidak memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap, tetapi menghasilkan lulusan yang memiliki karakter yang lulur. Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah mengetahui pembelajaran pondok pesantren Daruttaqwa Suci Manyar Gresik dalam membentuk karakter santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif research, dalam penelitian ini peneliti fokus terhadap kegiatan dan kurikulum yang digunakan dalam pesantren yang berkaitan dengan pembentukan karakter santri. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembentukan karekter di pondok pesantren Daruttaqwa Suci ada 4 pembelajaran, pertama kegiatan mengaji kitab kuning, kedua madrasah diniyah ketiga pendidikan formal dan keempat peraturan pondok pesantren

Kata Kunci


Pembelajaran Pondok Pesantren, Pendidikan karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. “Prosedur penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

---------Arsip Madrasah Diniyah Daruttaqwa 2020

Dhofir, Zamakhsyari ‘Tradisi Pesantren ’LP3ES 2015

Hafidhoh, Noor. “Pendidikan Islam Di Pesantren Antara Tradisi Dan Tuntutan Perubahan.” Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman 6, no. 1 (2016)

Hasan, Nur. “Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Pondok Pesantren Raoudhotut Tholibin Rembang Jawa Tengah.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial 3, no. 2 (2016)

Kahar, Syadidul, Muhammad Irsan Barus, and Candra Wijaya. “Peran Pesantren Dalam Membentuk Karakter Santri.” Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) 4, no. 2 (2019)

Ma’arif, Muhammad Anas, and Nur Silva Nabila. “The Contribution Of kiai. Munawwar Adnan Kholil Gresik On Islamic Education.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 31, no. 2 (2020)

Ma`arif, Muhammad Anas, and Muhammad Husnur Rofiq. “Dzikir Dan Fikir Sebagai Konsep Pendidikan Karakter: Telaah Pemikiran Kh. Munawwar Kholil Al-Jawi.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2019)

Madjid, Nurcholis. “Bilik-Bilik Pesantren.” Dian Rakyat (1997): 10. http://nurcholishmadjid.net/bilik-bilik-pesantren/.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendekatan, 2009.




DOI: https://doi.org/10.30736/adk.v15i1.519

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 Terindeks pada :