UPAYA PENANAMAN AKHLAQ MELALUI METODE CERITA ISLAMI PADA SANTRI TPQ SHIROTUN NUR DUSUN MOJOROTO DESA BALONGPANGGANG KECAMATAN BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Evi zulianah, Siti Suwaibatul Aslamiyyah, Minnatul Maula

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Upaya penanaman akhlaq melalui metode cerita islami pada santri TPQ shirotun Nur. Fokus Penelitian ini adalah 1) bagaimana Akhlaq santri pada santri TPQ shirotun nur dusun Mojoroto desa balongpanggang kecamatan balongpanggang kabupaten gresik tahun pelajaran 2020-2021?. 2) bagaimana Upaya penanaman Akhlaq melalui metode cerita islami pada santri TPQ shirotun nur dusun Mojoroto desa balongpanggang kecamatan balongpanggang kabupaten gresik tahun pelajaran 2020-2021? Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana akhlaq santri pada santri TPQ Shirotun Nur Dusun Mojoroto Desa Balongpanggang kabupaten gresik tahun 2020-2021 2) Untuk mengetahui bagaimana Upaya penanaman akhlaq melaui metode cerita islami di TPQ Shirotun Nur Dusun Mojoroto Desa Balongpanggang Kabupaten Gesik tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama terdapat tiga gambaran akhlaq santri 1) akhlaq santri perlu utnuk dibina dan perlu untuk menanamkan akhlaq yang baik 2) akhlaq santri yang masih pembenahan 3) pemilihan metode yang tepat. Dan yang kedua mendapatkan gambaran tentang Upaya penanaman Akhlaq melalui metode cerita islami pada santri TPQ shirotun nur dusun Mojoroto 1) pemilihan cerita yang digunakan, 2) pembelajaran dengan daya dukung cerita menggunakan alat peraga 3) memberi kesimpulan cerita dan mempraktekkan isi kandungan pesan cerita tersebut 4) guru membiasakan pembiasaan apa yang telah menjadi pesan tersebut.

Kata Kunci


Upaya Penanaman Akhlaq santr;, Metode Cerita Islami

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nur Ainiyah, “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”, Jurnal AlUlum

(Jurnal Studi-Studi Islam), Vol. 13, No. 01, 2013.

Hafiz Mubarak, “Upaya Guru Al-Qur’an dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca AlQur’an di SDIT Ukhuwah Banjarmasin”, Jurnal Studia Insania, Vol. 1, No. 1,

3

Miftah Mucharomah, “Kisah sebagai Metode Pendidikan Akhlaq dalam Perspektif AlQur`an” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No.1 , 2013.

Pustaka Phoenik, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta Barat 2012

Imam Abdul Mukmin Sa’adudin, Meneladani Akhlaq Nabi Membangun Kepribadian

Muslim, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Deden Makbuloh, Pendidikan Agama Islam: Arah Baru Perkembangan Ilmu dan

Kepribadian di Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2012.

Rizal Syamsul Akhlaq Islami Perspektif Ulama Salaf Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan

Islam Vol.07, No. 1, 2013

Rizal Syamsul Akhlaq Islami Perspektif Ulama Salaf Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan

Islam Vol.07, No. 1, 2013

Toto Suryana, dkk, Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, Bandung: Tiga

Mutiara, 1997

Abdul Gani Isa, Akhlaq Menurut Perspektif Islam

Miftah Mucharomah, “Kisah sebagai Metode Pendidikan Akhlaq dalam Perspektif AlQur`an” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No.1, 2013.

Muhammad Fadlillah, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Yogyakarta: Ar-Ruuz Media,

Abdul Aziz Abdul Majid, Mendidik Dengan Cerita, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013

Miftah Mucharomah, “Kisah sebagai Metode Pendidikan Akhlaq dalam Perspektif AlQur`an” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No.1, 2013.

Miftah Mucharomah, “Kisah sebagai Metode Pendidikan Akhlaq dalam Perspektif AlQur`an” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No.1, 2013

Moeslichatoen, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Martinis Yamin, Panduan Paud, Bandung: Gaung Persada Press Group, 2014.

Tadkirotun Musfiroh, Cerita Untuk Perkembangan Anak, Yogyakarta: Navila, 2010

Moeslichatoen, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004

Burhan Bungin, Metode Penelitian Sosial, Surabaya: Airlangga Universiti Perss, 2001

Lexy J. Meleong, Metode Penelitian Kualitatif

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabet, 2015.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2015.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2015.

Pustaka Phoenik, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta Barat 2012.

Eka suryati, Skripsi, Implementasi Metode Bercerita Dalam Penanaman Nilai-Nilai

Pendidikan Agama Islam Di SDN 01 Tunas Jaya Tulang Bawang Barat, Metro

Institut Agama Islam Negeri (Iain), 2017.

Julia Indah Pratiwi, Skripsi, Penggunaan Metode Kisah Dan Penanaman Nilai Keteladanan

Dalam Meningkatkan Minat Belajar, Ponorogo Institut Agama Islam Negeri

Ponorogo, 2018.

Juliana, Skripsi, Kontribusi Kisah-Kisah Islami Terhadap Perilaku Anak Di Dusun I Desa

Karang Anyar Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang (Studi Kasus Di

Keluarga Ibu Yoan), Medan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.

Esa Primawidia, Skripsi, Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai

Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tk Dwi Pertiwi Sukarame Bandar

Lampung, Lampung, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, 2017

Isnaeni Widianarti, Skripsi, Penggunaan Cerita Sebagai Media Pendidikan Akhlaq Bagi

Anak Usia Sekolah Dasar Di Rumah Kreatif Wadas Kelir (Rkwk) Purwokerto

Kabupaten Banyumas Purwokerto, Institut Agama Islam Negeri, 2018

Indrawan WS, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jombang: Lintas Media, 2000




DOI: https://doi.org/10.30736/adk.v15i2.674

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 Terindeks pada :