UPAYA PENANAMAN AKHLAQ MELALUI METODE CERITA ISLAMI PADA SANTRI TPQ SHIROTUN NUR DUSUN MOJOROTO DESA BALONGPANGGANG KECAMATAN BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK TAHUN PELAJARAN 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.30736/adk.v15i2.674Keywords:
Upaya Penanaman Akhlaq santr, , Metode Cerita IslamiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Upaya penanaman akhlaq melalui metode cerita islami pada santri TPQ shirotun Nur. Fokus Penelitian ini adalah 1) bagaimana Akhlaq santri pada santri TPQ shirotun nur dusun Mojoroto desa balongpanggang kecamatan balongpanggang kabupaten gresik tahun pelajaran 2020-2021?. 2) bagaimana Upaya penanaman Akhlaq melalui metode cerita islami pada santri TPQ shirotun nur dusun Mojoroto desa balongpanggang kecamatan balongpanggang kabupaten gresik tahun pelajaran 2020-2021? Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana akhlaq santri pada santri TPQ Shirotun Nur Dusun Mojoroto Desa Balongpanggang kabupaten gresik tahun 2020-2021 2) Untuk mengetahui bagaimana Upaya penanaman akhlaq melaui metode cerita islami di TPQ Shirotun Nur Dusun Mojoroto Desa Balongpanggang Kabupaten Gesik tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama terdapat tiga gambaran akhlaq santri 1) akhlaq santri perlu utnuk dibina dan perlu untuk menanamkan akhlaq yang baik 2) akhlaq santri yang masih pembenahan 3) pemilihan metode yang tepat. Dan yang kedua mendapatkan gambaran tentang Upaya penanaman Akhlaq melalui metode cerita islami pada santri TPQ shirotun nur dusun Mojoroto 1) pemilihan cerita yang digunakan, 2) pembelajaran dengan daya dukung cerita menggunakan alat peraga 3) memberi kesimpulan cerita dan mempraktekkan isi kandungan pesan cerita tersebut 4) guru membiasakan pembiasaan apa yang telah menjadi pesan tersebut.Downloads
References
Nur Ainiyah, “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islamâ€, Jurnal AlUlum
(Jurnal Studi-Studi Islam), Vol. 13, No. 01, 2013.
Hafiz Mubarak, “Upaya Guru Al-Qur’an dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca AlQur’an di SDIT Ukhuwah Banjarmasinâ€, Jurnal Studia Insania, Vol. 1, No. 1,
3
Miftah Mucharomah, “Kisah sebagai Metode Pendidikan Akhlaq dalam Perspektif AlQur`an†Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No.1 , 2013.
Pustaka Phoenik, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta Barat 2012
Imam Abdul Mukmin Sa’adudin, Meneladani Akhlaq Nabi Membangun Kepribadian
Muslim, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Deden Makbuloh, Pendidikan Agama Islam: Arah Baru Perkembangan Ilmu dan
Kepribadian di Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2012.
Rizal Syamsul Akhlaq Islami Perspektif Ulama Salaf Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan
Islam Vol.07, No. 1, 2013
Rizal Syamsul Akhlaq Islami Perspektif Ulama Salaf Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan
Islam Vol.07, No. 1, 2013
Toto Suryana, dkk, Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, Bandung: Tiga
Mutiara, 1997
Abdul Gani Isa, Akhlaq Menurut Perspektif Islam
Miftah Mucharomah, “Kisah sebagai Metode Pendidikan Akhlaq dalam Perspektif AlQur`an†Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No.1, 2013.
Muhammad Fadlillah, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Yogyakarta: Ar-Ruuz Media,
Abdul Aziz Abdul Majid, Mendidik Dengan Cerita, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013
Miftah Mucharomah, “Kisah sebagai Metode Pendidikan Akhlaq dalam Perspektif AlQur`an†Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No.1, 2013.
Miftah Mucharomah, “Kisah sebagai Metode Pendidikan Akhlaq dalam Perspektif AlQur`an†Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No.1, 2013
Moeslichatoen, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Martinis Yamin, Panduan Paud, Bandung: Gaung Persada Press Group, 2014.
Tadkirotun Musfiroh, Cerita Untuk Perkembangan Anak, Yogyakarta: Navila, 2010
Moeslichatoen, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004
Burhan Bungin, Metode Penelitian Sosial, Surabaya: Airlangga Universiti Perss, 2001
Lexy J. Meleong, Metode Penelitian Kualitatif
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabet, 2015.
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2015.
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2015.
Pustaka Phoenik, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta Barat 2012.
Eka suryati, Skripsi, Implementasi Metode Bercerita Dalam Penanaman Nilai-Nilai
Pendidikan Agama Islam Di SDN 01 Tunas Jaya Tulang Bawang Barat, Metro
Institut Agama Islam Negeri (Iain), 2017.
Julia Indah Pratiwi, Skripsi, Penggunaan Metode Kisah Dan Penanaman Nilai Keteladanan
Dalam Meningkatkan Minat Belajar, Ponorogo Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo, 2018.
Juliana, Skripsi, Kontribusi Kisah-Kisah Islami Terhadap Perilaku Anak Di Dusun I Desa
Karang Anyar Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang (Studi Kasus Di
Keluarga Ibu Yoan), Medan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.
Esa Primawidia, Skripsi, Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai
Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tk Dwi Pertiwi Sukarame Bandar
Lampung, Lampung, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, 2017
Isnaeni Widianarti, Skripsi, Penggunaan Cerita Sebagai Media Pendidikan Akhlaq Bagi
Anak Usia Sekolah Dasar Di Rumah Kreatif Wadas Kelir (Rkwk) Purwokerto
Kabupaten Banyumas Purwokerto, Institut Agama Islam Negeri, 2018
Indrawan WS, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jombang: Lintas Media, 2000