PELAKSANAAN TOILET TRAINING DI TEMPAT PENITIPAN ANAK PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Authors

  • Gina Permata Sari Universitas Negeri Padang
  • Syahrul Ismet Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1155

Keywords:

Implementation, Toilet training, Early childhood,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengajaran tentang toilet training kepada anak usia dini. Toilet training tidak hanya bagaimana mengontrol buang air besar dan buang air kecil tetapi juga bagaimana melepas dan memakai pakaian kembali, bagaimana membersihkan tubuh area tempat buang air, serta bagaimana menyiram toilet dan mencuci tangan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan toilet training di Tempat Penitipan Anak Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.Jenis penelitianyaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru di Tempat Penitipan Anak Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian ini yaitu toilet training dilaksanakan guru sesuai dengan kebutuhan anak dan kondisi setiap kelas karena setiap anak memilki kebutuhan dan tingkat perkembangan yang berbeda. Guru merancang program yang dapat menstimulasi anak dalam toilet training, diantaranya membuat RPPM yang didalamnya terdapat toilet training, membuat SOP toilet training dan membuat program khusus untuk anak yang baru belajar melepas diaper dengan dibawa ke toilet setiap dua jam. Dampak toilet training pada anak yaitu anak menjadi mandiri ke toilet, mengetahui tentang kebersihan dirinya, mampu mengontrol keinginannya untuk buang air di waktu dan tempat yang tepat, aspek kognitif dan motorik menjadi berkembang, dan anak tidak lagi memakai diaper ke sekolah. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa toilet training penting untuk diajarkan kepada anak usia dini karena akan berdampak pada tumbuh kembang anak.

References

Apriani, L. S., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2018). Pengaruh Teknik Chaining Terhadap Kemampuan Toilet Training Anak Kelompok Bermain Gugus II Kecamatan Buleleng. E-Journal Pendidikan Anak Usia DIni, 6(2), 136–147.

Barone, J. (2015). It’s Not Your Fault!: Strategies For Solving Toilet Training And Bedwetting Problems. Rutgers University Press.

Febria, S., Maryani, K., & Fadhlullah. (2021). Pengaruh Toilet Training Terhadap Pembentukan Sikap Mandiri Anak Usia 2-3 Tahun. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 8(2), 71–79.

Hayati, D. (2020). Proses Penerapan Etika Bertoilet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 316–325. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.334

Hayati, D. J., & Suparno. (2020). Efektivitas Buku Cerita Bergambar pada Keberhasilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1041–1050. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.498

Husna, M. (2019). Penerapan Toilet Training Pada Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Di TK Islam AL Ghoniya Malang). Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ismet, S. (2018). Sex Education for Early Childhood. Advances in Social Science, Educational and Humanities Research (ASSEHR), 169, 63–66. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.15

Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training Dalam Melatih Kemandirian Anak. Journal Of Early Childhood Education And Development (JECED), 1(2), 142–154.

Mendur, J. P., Rottie, J., & Bataha, Y. (2018). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Pra Sekolah Di TK GMIM Sion Sentrum Sendangan Kawangkoan Satu. E-Journal Keperawatan, 6(1), 1–7.

Natasia, E. P., Aini, W., & Ismaniar. (2018). Gambaran Pelaksanaan Toilet Training oleh Guru di PAUD Duta School Gunung Pangilun Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2), 224–231. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.10256

Putri, P. R., & Martani, W. (2020). Program “Aku Bisa ke Toilet Sendiri†Untuk Meningkatkan Keterampilan Toileting Anak Usia Dini. Gadjah Mada Journal Of Proffesional Psychology, 6(1), 47–59. https://doi.org/10.22146/gamajpp.54711

Ratne, Purwaningsih, H., & Apriatmoko, R. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler. Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 2(1), 35–41.

Sarah, I., & Nirmala, I. (2020). Konsep Thaharah Dalam Penerapan Toilet Training Pada Anak 3-4 Tahun Di Tk Negeri Pembina Karawang. Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 4(2), 646–662.

Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 164–174. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385

Zahroh, S., & Suyadi. (2019). Membangun Kemandirian Anak Usia 2-4 Tahun Melalui Toilet Training (Studi Kasus Di KB Griya Nanda Yogyakarta ). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(02), 1–12.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-12-26

Issue

Section

Articles