Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2125Keywords:
Sandpaper Letter Media;, Pre-Reading Ability, Early childhood;Abstract
Penelitian ini didasarkan pada pengamatan bahwa kemampuan pra-baca anak-anak belum mencapai potensi penuhnya. Hal ini karena beberapa anak masih mengalami kesulitan membedakan antara vokal dan konsonan, yang menunjukkan bahwa mereka masih mengalami kesulitan dengan pengenalan huruf. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media huruf Amplas terhadap kemampuan pra-baca murid di TK Citra Al Madina Padang di kelas 5 dan 6. Secara khusus, pendekatan kuantitatif digunakan dalam desain penelitian kuasi-eksperimental. Seluruh siswa yang terdaftar di TK Citra Al Madina Padang menjadi populasi penelitian. Lima belas siswa dari kelas B2 dan B3 menjadi sampel penelitian. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas B2 dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas B3 sebagai kelompok kontrol selama tahap pengambilan sampel. Pengujian, pendokumentasian, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Pengujian homogenitas, kenormalan, dan hipotesis merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor prates kelas eksperimen adalah 23,33, sedangkan rata-rata skor pascatesnya adalah 44,27. Sedangkan , rata-rata skor prates kelas kontrol adalah 20 sedangkan rata-rata skor pascatesnya sebesar 40,47. Selain itu, untuk mengetahui taraf signifikansi (P dua sisi) digunakan uji-t yang nilainya kurang dari kriteria 0,05 yaitu 0,039. Kemudian, uji-t menghasilkan hasil signifikansi statistik (P dua sisi) sebesar 0,039, yang nilainya kurang dari batas ambang 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan huruf amplas berpengaruh terhadap kemampuan prabaca anak usia lima sampai enam tahun di TK Citra Al Madina Padang
References
Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.
Amelia, Z., & Rahmadani, A. (2023). Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) untuk Meningkatkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5143–5154. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4066
Anggraini, V., Yulsyofriend, & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Britton, L. (2017). Montessori Play and Learn. Bentang Pustaka.
Erwan, M. S., Damayanti, E., & Zahara, I. (2023). Mengerti Anak Usia Dini Landasan Psikologi PAUD. Feniks Muda Sejahtera.
Guntur, M., Rahayu, E. P., Ilise, R. N., Setyawati, N. S., Santi, N., Sangia, R. A., Isroani, F., Isniwati, & Fono, Y. M. (2023). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (A. Sriyanto, F. Isroani, & R. A. Sangia (eds.)). Selat Media Patners.
Gutek, G. L. (2015). Metode Montessori. Pustaka Pelajar.
Habibi, M. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD).
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar:Perspektif , Asesmen, Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Sekolah. Ghalia Indonesia.
Kustiyowati. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Flash Card Terhadap Pengenalan Pra Membaca Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Nurya Bil Ilma Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.302
Nur’aeni, N., Faudi, D. N., & Rizal, S. S. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Alat Peraga Sandpaper Letters Berbasis Montessori. BESTARI: Jurnal Studi Pendidikan Islam, XVI(22), 115–138.
Rahayu, L. D., & Ismet, S. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Boy-boyan Terhadap Perkembangan Motorik Anak di Taman Kanak-kanak Ramah. In Jurnal Family Education (Vol. 1). https://doi.org/10.24036/jfe.v1i3.13
Rahmadani, F., Suryana, D., & Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Di Tk Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1), 56. https://doi.org/10.24036/104545
Rahman, Z. (2016). Pengantar Statistika. Indonesia Prime.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metedologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA.
Sukaesi, Y., & Halimah, L. (2018). Metode Bermain Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra Membaca Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10548
Wahyudi, I., Meidina, T., & Bastiana. (2023). Pengaruh media sandpaper letters terhadap pembelajaran mengenal huruf anak autis slb negeri 1 gowa. 1–12.
Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. ALPRIN.
Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran (S. F. S. Sirate (ed.)). Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mira Asrianti, Syahrul Ismet
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.