Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Mira Asrianti Universitas Negeri Padang
  • Syahrul Ismet Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2125

Keywords:

Sandpaper Letter Media;, Pre-Reading Ability, Early childhood;

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pengamatan bahwa kemampuan pra-baca anak-anak belum mencapai potensi penuhnya. Hal ini karena beberapa anak masih mengalami kesulitan membedakan antara vokal dan konsonan, yang menunjukkan bahwa mereka masih mengalami kesulitan dengan pengenalan huruf. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media huruf Amplas terhadap kemampuan pra-baca murid di TK Citra Al Madina Padang di kelas 5 dan 6. Secara khusus, pendekatan kuantitatif digunakan dalam desain penelitian kuasi-eksperimental. Seluruh siswa yang terdaftar di TK Citra Al Madina Padang menjadi populasi penelitian. Lima belas siswa dari kelas B2 dan B3 menjadi sampel penelitian. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas B2 dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas B3 sebagai kelompok kontrol selama tahap pengambilan sampel. Pengujian, pendokumentasian, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Pengujian homogenitas, kenormalan, dan hipotesis merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor prates kelas eksperimen adalah 23,33, sedangkan rata-rata skor pascatesnya adalah 44,27. Sedangkan , rata-rata skor prates kelas kontrol adalah 20 sedangkan rata-rata skor pascatesnya  sebesar 40,47. Selain itu, untuk mengetahui taraf signifikansi (P dua sisi) digunakan uji-t yang nilainya kurang dari kriteria 0,05 yaitu 0,039. Kemudian, uji-t menghasilkan hasil signifikansi statistik (P dua sisi) sebesar 0,039, yang nilainya kurang dari batas ambang 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan huruf amplas berpengaruh terhadap kemampuan prabaca anak usia lima sampai enam tahun di TK Citra Al Madina Padang

References

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.

Amelia, Z., & Rahmadani, A. (2023). Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) untuk Meningkatkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5143–5154. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4066

Anggraini, V., Yulsyofriend, & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Britton, L. (2017). Montessori Play and Learn. Bentang Pustaka.

Erwan, M. S., Damayanti, E., & Zahara, I. (2023). Mengerti Anak Usia Dini Landasan Psikologi PAUD. Feniks Muda Sejahtera.

Guntur, M., Rahayu, E. P., Ilise, R. N., Setyawati, N. S., Santi, N., Sangia, R. A., Isroani, F., Isniwati, & Fono, Y. M. (2023). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (A. Sriyanto, F. Isroani, & R. A. Sangia (eds.)). Selat Media Patners.

Gutek, G. L. (2015). Metode Montessori. Pustaka Pelajar.

Habibi, M. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD).

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar:Perspektif , Asesmen, Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Sekolah. Ghalia Indonesia.

Kustiyowati. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Flash Card Terhadap Pengenalan Pra Membaca Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Nurya Bil Ilma Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.302

Nur’aeni, N., Faudi, D. N., & Rizal, S. S. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Alat Peraga Sandpaper Letters Berbasis Montessori. BESTARI: Jurnal Studi Pendidikan Islam, XVI(22), 115–138.

Rahayu, L. D., & Ismet, S. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Boy-boyan Terhadap Perkembangan Motorik Anak di Taman Kanak-kanak Ramah. In Jurnal Family Education (Vol. 1). https://doi.org/10.24036/jfe.v1i3.13

Rahmadani, F., Suryana, D., & Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Di Tk Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1), 56. https://doi.org/10.24036/104545

Rahman, Z. (2016). Pengantar Statistika. Indonesia Prime.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metedologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA.

Sukaesi, Y., & Halimah, L. (2018). Metode Bermain Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra Membaca Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10548

Wahyudi, I., Meidina, T., & Bastiana. (2023). Pengaruh media sandpaper letters terhadap pembelajaran mengenal huruf anak autis slb negeri 1 gowa. 1–12.

Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. ALPRIN.

Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran (S. F. S. Sirate (ed.)). Kencana.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-08-27

How to Cite

Asrianti, M., & Ismet, S. (2024). Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 8(1), 111–119. https://doi.org/10.30736/jce.v8i1.2125