efektivitas permainan bola kata terhadap pengembangan kosakata anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 lunang

Authors

  • yunia rafita UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • syahrul ismet universitas negeri padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.823

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengembangan kosakata anak melalui permainan bola kata di Taman Kanak-kanak Negeri pembina 01 lunang. Penelitian ini berawal dari asumsi bahwa permainan bola kata dapat membantu mengembangkan kosakata anak. Anak belum mampu menyebutkan huruf-huruf dan belum sepenuhnya mengenal lambang-lambang huruf abjad. Anak kurang mampu merangkai huruf menjadi kata. Anak belum mampu menyebutkan huruf yang berawalan dari suku kata yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa uji semi empiris. Semesta penelitian ini adalah kelas B1 dan B2 di TK umum Pembina 01 Lunang, dan teknik pengambilan sampelnya relatif teladan yaitu anak kelas B1 sd 10 dan anak kelas B2 sd 10. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan tes sebagai alat yang terdiri dari hingga 4 penjelasan, dan alat pengumpulan data menggunakan laporan. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan uji beda (t-test) dari SD 16.32 sampai dengan 17.26. Saat menghitung standar deviasi permainan kata, hasilnya adalah 2007, dimana jika menghitung besarnya efek menggunakan rumus Cohen, hasilnya adalah 1,9 dengan klasifikasi yang lebih tinggi.. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan bola kata berpengaruh tinggi terhadap pengembangan kosakata anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 Lunang pada tahun ajaran 2021/2022.

Author Biography

yunia rafita, UNIVERSITAS NEGERI PADANG

jurusan pendidikan guru pendidikan anak usia dini, fakultas ilmu pendidikan, universitas negeri padang

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhillah. (2017). Bermain &Permainan Anak Usia Dini. Kakarta: Kencana.

Guirguis, R. (2018). Should We Let Them Play? Three Key Benefits Of Play To Improve Early Childhood Programs. International Journal Of Education And Practice, 6(1), 43–49. Doi: 10.18488/Journal.61.2018.61.43.49

Haryono, S. E., Anggraini, H., & Muntomimah, S. (2020). Penerapan Kegiatan Outbound Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak TK B Di TK ABBA 8 Kepanjen. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 5(1), 44–47.

Hashillah, Y. (2019). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Di Kelompok B TK Khazanah Kid’s School Kota Sepang Raya Bandar Lampung. Univesitas Islam Negeri Sunan Apel Surabaya.

Hasniar, H. (2020). Pemerolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia Prasekolah Di Kecamatan Barru: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Ilmu Budaya, 8(2), 357–366. Doi: 10.34050/Jib.V8i2.11473

Markus, N., Kusmiyati, K., & Sucipto, S. (2018). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Fonema, 4(2), 102–115. Doi: 10.25139/Fonema.V4i2.762

Oktaviyanti, R. (2016). Journal Of Primary Education. Implementasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa Sd, 5(2), 77–84.

Rahmatunnisa, S. &, & Halimah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Bermain Pasir. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 67–82.

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nuraini. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-07-20

How to Cite

rafita, yunia, & ismet, syahrul. (2022). efektivitas permainan bola kata terhadap pengembangan kosakata anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 lunang. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 137–149. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.823

Issue

Section

Articles