Membangun Karakter Anak Usia Dini di TKIT Nurun Ain Sampit

Authors

  • Vera Risman universitas panca sakti bekasi
  • Erlina Purnama Sari Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Lilis Dewi S Sianturi Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Yuyun Trikaeksi Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Septiyani Endang Yunitasari Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1361

Keywords:

Membangun karakter, Penguatan, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Membangun karakter anak usia dini di TKIT Nurun AIN Sampit,  karena masih ada beberapa  siswa yang belum bisa mengambil peralatan main tanpa dibantu, melakukan tugas dengan gembira, menyelesaikan tugas yang diberikan dan merapikan mainan setelah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun karakter tanggung jawab dan kedisiplinan anak melalui teknik pemberian penguatan baik secara verbal maupun  nonverbal dengan cara pemberian pujian atau hadiah kepada anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan dengan dua siklus, Subjek penelitian adalah 15 anak  di kelompok A, yaitu 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan yang sangat baik, setelah adanya penguatan, pujian dan pemberian hadiah dari guru. Nilai rata-rata dari siklus I sampai siklus II menunjukkan bahwa 93,3% anak kelompok A berkembang dengan baik pada keempat aspek yang diamati

References

Abubakar, S. R. (2018). Mencegah Lebih Efektif Dari Pada Menangani (Kasus Bullying Pada Anak Usia Dini). Jurnal Smart Paud, 1(1), 1. https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3514

Amini, M., & Mariyati, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2101–2113. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1128

Bachri, S., & Suharnan, S. (2014). Kecerdasan Emosi, Persepsi terhadap Pendidikan Karakter Cinta Damai dan Penyesuaian Diri Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 52–64. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.369

Fatimah, A., Rosidah, L., Kusumawardani, R., Maryani, K., Rosmilawati, I., & Kurniawati, Y. (2019). Prosiding Seminar Digital. 31–40.

Hayati, D. (2019). Proses Penerapan Etika Bertoilet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 326. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.334

Hedo, D. J. P. K., & Sudhana, H. (2014). Perbedaan agresivitas pada anak usia dini yang dibacakan dongeng dengan yang tidak dibacakan dongeng sebelum tidur oleh ibu. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 213–226. https://doi.org/10.24843/jpu.2014.v01.i02.p01

Istiana, I. (2018). Perbedaan Perilaku Prososial Remaja Ditinjau Dari Jenis Kelamin Di Kelurahan Tanjung Rejo Medan Sunggal. Jurnal Diversita, 4(1), 58. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1592

Kemampuan, A., Reflektif, B., Dari, D., Jenis, P., & Peserta, K. (2018). Lampung 1440 H / 2018 M. 1–171.

Marlina Fornita; Ismiati, Ismiati, D. S. (2021). Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2021: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 15-16 JANUARI 2021, 266–273. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5622/4872

Maslan, M. (2019). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kelas Terhadap Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1226. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7884

Megawati, E., & Herdiyanto, Y. K. (2016). Hubungan antara Perilaku Prososial dengan Psychological Well-Being pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 132–141. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i01.p13

Nugroho, I., Paramita, N., Mengistie, B. T., & Krupskyi, O. P. (2021). Higher education leadership and uncertainty during the COVID-19 pandemic. Journal of Socioeconomics and Development, 4(1), 1. https://doi.org/10.31328/jsed.v4i1.2274

Rohayati, E. (2018). Metode Pengembangan Keterampilan Bercerita Yang Berkarakter Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10320

Syamsuarni, & Eliza, D. (2020). The Development of Kato Nan Ampek Picture Storybook Models Through Literacy of Minangkabau Culture to Develop the Character During Early Childhood. 449(Icece 2019), 31–35. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.007

Verawaty, & Izzati. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278–1287. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/594

Widyastuti, A. (2018). Bahasa Positif Guru Dalam Bimbingan dan Konseling Membentuk Karakter Positif Anak Usia Dini. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 107. https://doi.org/10.26638/jfk.525.2099

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-22

How to Cite

Risman, V., Sari, E. P., Sianturi, L. D. S., Trikaeksi, Y., & Yunitasari, S. E. (2023). Membangun Karakter Anak Usia Dini di TKIT Nurun Ain Sampit. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 127–138. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1361

Issue

Section

Articles