Pengaruh Sosial Emosional Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di TK Islam Cahaya Muslim School

Authors

  • Vera Risman universitas panca sakti bekasi
  • Lelly Lenny universitas panca sakti bekasi
  • Supriyadi Supriyadi universitas panca sakti bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1615

Keywords:

Pengaruh Sosial Emosional, Kemandirian Anak, Anak Usia Dini,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh sosial emosional (X) terhadap kemandirian anak usia dini di TK Islam Cahaya Muslim School (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 24 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana. hasil penelitian mengungkapkan: (1) Persamaan Linear Regresi Y = 7,736 + 0,651 X (2) Pengaruh sosial emosional terhadap kemandirian anak usia dii di TK Islam Cahaya Muslim School. (3) Uji signifikansi didapat persamaan garis regresi F hit lebih kecil dari 0,05 dengan demikian, regresi Y atau X adalah signifikan atau Sosial emosional berpengaruh terhadap kemandirian anak usia dini. (4) Koefisien korelasi (rxy) = 0,382 dan Fhit (Fchange) = 13,593, dengan p- value lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y adalah berarti atau signifikan. Koefisien determinasi 0,382, yang mengandung makna bahwa 38,2 % variasi variabel kemandirian anak usia dini dapat dipengaruhi oleh sosial emosional.

References

Age, Jurnal Golden, and Universitas Hamzanwadi. 2020. “Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini.†Jurnal Golden Age 4(01):181–90. doi: 10.29408/jga.v4i01.2233.

Basuki, D. D., S. Subandriyo, and ... 2022. “Penguatan Kemandirian Hidup Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Ekstrakurikuler.†Tashfiyatuna … 01(01):45–55.

Dian, Wijanti. 2017. “Metode Penelitian Metode Penelitian.†Metode Penelitian Kualitatif 7(17):43.

Hong, Jon Chao, Yue Liu, Yinsheng Liu, and Li Zhao. 2021. “High School Students’ Online Learning Ineffectiveness in Experimental Courses During the COVID-19 Pandemic.†Frontiers in Psychology 12(August):1–9. doi: 10.3389/fpsyg.2021.738695.

Jannah, L. M., and C. Apriyanshah. 2021. “Pengaruh Sosial Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Masa Pandemi Covid 19.†Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):6246–52.

Jiao, Wen Yan, Lin Na Wang, Juan Liu, Shuan Feng Fang, Fu Yong Jiao, Massimo Pettoello-Mantovani, and Eli Somekh. 2020. “Behavioral and Emotional Disorders in Children during the COVID-19 Epidemic.†Journal of Pediatrics 221:264-266.e1. doi: 10.1016/j.jpeds.2020.03.013.

Kemendikbud. 2020. PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI Direktorat.

Liu, Yuan, Zhi Ning, Yu Chen, Ming Guo, Yingle Liu, Nirmal Kumar Gali, Li Sun, Yusen Duan, Jing Cai, Dane Westerdahl, Xinjin Liu, Ke Xu, Kin fai Ho, Haidong Kan, Qingyan Fu, and Ke Lan. 2020. “Aerodynamic Analysis of SARS-CoV-2 in Two Wuhan Hospitals.†Nature 582(7813):557–60. doi: 10.1038/s41586-020-2271-3.

Reichenbach, Andreas, Andreas Bringmann, Elsevier Enhanced Reader, Constantin J. Pournaras, Elisabeth Rungger-Brändle, Charles E. Riva, Sveinn H. Hardarson, Einar Stefansson, Washington Navy Yard, Eric A. Newman, and David Holmes. 2019. “No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle.†Progress in Retinal and Eye Research 561(3):S2–3.

Rohmah, Tuti. 2013. “Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Kelompok-a Di Ra Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya.†PAUD Teratai 2(1).

Sa’diyah, Rika. 2017. “Pentingnya Melatih Kemandirian Anak.†Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 16(1):31–46. doi: 10.15408/kordinat.v16i1.6453.

Semarang, Di Kota, Nadia Ayu Mustikasari, and Dewi Rostyaningsih. n.d. EVALUASI KEBIJAKAN PERLINDUNGAN ANAK DARI TINDAK KEKERASAN.

TI UII. 2013. “Modul II ANOVA.†Modul II ANOVA 49.

Utami, Tri Wulan Putri, Muhammad Nasirun, and Mona Ardina. 2019. “Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B Di PAUD Segugus Lavender.†Jurnal Ilmiah Potensia 4(2):151–60. doi: 10.33369/jip.4.2.151-160.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-09-07

How to Cite

Risman, V., Lenny, L., & Supriyadi, S. (2023). Pengaruh Sosial Emosional Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di TK Islam Cahaya Muslim School. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 1–7. https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1615