Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Al Hidayah Parupuk Tabing
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1522Keywords:
Speech Delay, Early childhood, Kindergarten,Abstract
Keterlambatan berbicara pada anak merupakan masalah serius dan harus ditangani karena keterlambatan bicara menyebabkan gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keterlambatan berbicara serta faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan berbicara pada anak dan perlakuan yang diberikan oleh orang tua, lingkungan dan guru dalam menanggapi permasalahan ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan adalah guru dan orangtua. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik uji keabsahan data yaitu uji credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bentuk keterlambatan pengucapan yang dialami anak kesulitan menyebutkan bunyi konsonan laringal, konsonan alveolar, konsonan palatal, konsonan bilabial. Dapat disimpulkan bahwa keterlambatan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak AL Hidayah Parupuk Tabing mengalami kesulitan pengucapan artikulasi, kesulitan mengucapkan huruf konsonan.
References
Amalia, D., Hidayatullah, R., Anwar, M., & Irhamudin, I. (2019). Interferensi Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Arab di Pondok Roudlatul Qur’an Metro Lampung. Attractive: Innovative Education Journal, 1(1), 80–110.
Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter berbasis Cerita Tradisional Minangkabau atau Anak Usia Dini (3b ed., Vol. 3).
Fitriani, K. A. A. D. (2016). Model pengembangan kecakapan berbahasa anak yang terlambat berbicara (speech delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36–45.
Kadir, A., Rido, K., & Endri, Y. (2012). DasarDasar Pendidikan. Kencana.
Khotijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Elementary, Vol. 2).
Komalasari, W. (2019). Hubungan Pekerjaan dan Pendidikan dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Toddler di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2018. Menara Ilmu, 13(4).
Maharany, A. (2016). Gejala Fonologis Bahasa Indonesia pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Permata Hati Kota Kendari. Jurnal Bastra, 1(2), 1–21.
Muslimat, A. F., Hadrawi, M., & Lukman, L. (2020). Faktor Dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun:Kajian Psikolinguistik. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 1–10. https://journal.stai-alfurqan.ac.id/alqiyam/index.php/alqiyam/
Ni Ketut, S., & Dewa, A. R. (2011). Hubungan Status Gizi Waktu Lahir dengan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah di Desa Peguyangan, Kota Denpasar. Jurnal Imu Gizi, 2(2).
Nilawati, E., & Suryana, D. (2012). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. Jurnal.
Nurhafizah. (2012). Kemampuan Berkomunikasi Sebagai Salah Satu Pilar Profesionalisme Guru Dalam Membimbing Anak Usia Dini. Proseding Temu Ilmiah FIP JIP , 457–468.
Nurhafizah. (2019). Education, E. C. Training Effective Communication in Early Childhood Teachers.
Palupi, Y. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia. PERKEMBANGAN, 14(1), 25–33.
Safitri, Y. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan bahasa balita di UPTD kesehatan Baserah tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148–155.
Sari, F., Windy R, & Ikeu, N. (2008). Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap status gizi balita di kecamatan ciawi kabupaten tasikmalaya. Majalah Keperawatan Unpad.
Suhono, S., & Sari, Y. A. (2017). Babbling Stage Construction Of Children’s Language Acquisition On Rural Area Lampung. Jurnal SmartU, 3(2).
Zusfinhana, I. H. (2018). Penerapan Terapi Wicara Konsosnan B/P/M/W untuk Anak Lambat Bicara Usia 4 tahun. Helper, 35(1), 19–30.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.