Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Al Hidayah Parupuk Tabing

Authors

  • Alqori Nahdatul Aulia Andesta UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Nurhafizah Nurhafizah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1522

Keywords:

Speech Delay, Early childhood, Kindergarten,

Abstract

Keterlambatan berbicara pada anak merupakan masalah serius dan harus ditangani karena keterlambatan bicara menyebabkan gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keterlambatan berbicara serta faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan berbicara pada anak dan perlakuan yang diberikan oleh orang tua, lingkungan dan guru dalam menanggapi permasalahan ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan adalah guru dan orangtua. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik uji keabsahan data yaitu uji credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bentuk keterlambatan pengucapan yang dialami anak kesulitan menyebutkan bunyi konsonan laringal, konsonan alveolar, konsonan palatal, konsonan bilabial. Dapat disimpulkan bahwa keterlambatan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak AL Hidayah Parupuk Tabing mengalami kesulitan pengucapan artikulasi, kesulitan mengucapkan huruf konsonan.

References

Amalia, D., Hidayatullah, R., Anwar, M., & Irhamudin, I. (2019). Interferensi Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Arab di Pondok Roudlatul Qur’an Metro Lampung. Attractive: Innovative Education Journal, 1(1), 80–110.

Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter berbasis Cerita Tradisional Minangkabau atau Anak Usia Dini (3b ed., Vol. 3).

Fitriani, K. A. A. D. (2016). Model pengembangan kecakapan berbahasa anak yang terlambat berbicara (speech delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36–45.

Kadir, A., Rido, K., & Endri, Y. (2012). DasarDasar Pendidikan. Kencana.

Khotijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Elementary, Vol. 2).

Komalasari, W. (2019). Hubungan Pekerjaan dan Pendidikan dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Toddler di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2018. Menara Ilmu, 13(4).

Maharany, A. (2016). Gejala Fonologis Bahasa Indonesia pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Permata Hati Kota Kendari. Jurnal Bastra, 1(2), 1–21.

Muslimat, A. F., Hadrawi, M., & Lukman, L. (2020). Faktor Dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun:Kajian Psikolinguistik. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 1–10. https://journal.stai-alfurqan.ac.id/alqiyam/index.php/alqiyam/

Ni Ketut, S., & Dewa, A. R. (2011). Hubungan Status Gizi Waktu Lahir dengan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah di Desa Peguyangan, Kota Denpasar. Jurnal Imu Gizi, 2(2).

Nilawati, E., & Suryana, D. (2012). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. Jurnal.

Nurhafizah. (2012). Kemampuan Berkomunikasi Sebagai Salah Satu Pilar Profesionalisme Guru Dalam Membimbing Anak Usia Dini. Proseding Temu Ilmiah FIP JIP , 457–468.

Nurhafizah. (2019). Education, E. C. Training Effective Communication in Early Childhood Teachers.

Palupi, Y. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia. PERKEMBANGAN, 14(1), 25–33.

Safitri, Y. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan bahasa balita di UPTD kesehatan Baserah tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148–155.

Sari, F., Windy R, & Ikeu, N. (2008). Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap status gizi balita di kecamatan ciawi kabupaten tasikmalaya. Majalah Keperawatan Unpad.

Suhono, S., & Sari, Y. A. (2017). Babbling Stage Construction Of Children’s Language Acquisition On Rural Area Lampung. Jurnal SmartU, 3(2).

Zusfinhana, I. H. (2018). Penerapan Terapi Wicara Konsosnan B/P/M/W untuk Anak Lambat Bicara Usia 4 tahun. Helper, 35(1), 19–30.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-07-06

How to Cite

Andesta, A. N. A., & Nurhafizah, N. (2023). Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Al Hidayah Parupuk Tabing. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 165–176. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1522

Issue

Section

Articles